Masih Ingat Welin Kusuma ? Inilah Motivasinya Hingga Mendapatkan 29 Gelar

Welin Kusuma – Siapa sih yang tak kenal dengan orang ini? Welin Kusuma adalah salah satu orang yang terkenal dikalangan pendidikan saat ini dengan berbagai prestasinya. Pria berusia 36 tahun tersebut ternyata telah memiliki 29 gelar akademik. Hanya dengan membutuhkan waktu selama 18 tahun saja ia mampu menyelesaikan studinya dengan prestasi yang luar biasa tersebut.

Dengan waktu yang cukup lama tersebut pastinya didorong dengan berbagai motivasi agar tetap semangat dalam belajar. Nah…Apa sih sebenarnya motivasi dari Welin Kusuma sehingga mendapatkan banyak gelar akademik?

Ternyata Hanya ini Motivasi Welin Hingga Meraih 29 Gelar Akademik

prestasi welin kusuma
Prestasi Welin Kusuma

Banyak sekali yang bertanya-tanya tentang motivasi seperti apa yang dapa menjadikan Welin semangat dalam belajar. Setelah diwawancarai oleh beberapa media sosial ternyata ini jawabannya:

“Motivasi saya untuk mendapatkan gelar tersebut karena rasa ingin tahu saya untuk belajar dan mendalami berbagai bidang ilmu” ungkapnya. “Sejak SMA, selain bersekolah, saya juga mengikuti berbagai kursus di luar kegiatan sekolah, antara lain:  belajar mengetik 10 jari, aplikasi dan pemrograman komputer, akuntansi dan bahasa Inggris sampai tingkat lanjut” tambahnya.

Selain itu ternyata ada hal lain yang juga memotivasi Welin Kusuma agar bisa mendapatkan banyak gelar dari berbagai jurusan. Hal tersebut datang dari sosok ayahnya sendiri.

penghargaan welin kusuma
Penghargaan Welin dibidang Akuntansi

“Motivasinya dari ayah saya yang menunjukan berbagai sertifikat kursus yang pernah ia tempuh, seperti: listrik, elektronika, dinamo dan mesin. Berkat kursus yang ditempuhnya tersebut, kini ayah saya sangat ahli dibidang tersebut, sehingga ia mampu memperbaiki semua barang elektronik di rumah saya bahkan sampai ke tetangga di sekitar rumah. Dari hal tersebut, saya bertekad menguasai berbagai bidang ilmu agar bisa menyelesaikan berbagai hal di masa yang akan datang,” kenang Welin.

Dengan tekad yang sudah bulat, Wilen kemudian melanjutkan pendidikannya ke tingkat kuliah. Sementara itu jurusan yang pertama ia ambil adalah Teknik Industri di Universitas Surabaya (Ubaya) pada tahun 1999. Dari situ Welin mulai “membuka cabang” untuk mempelajari bidang yang lainnya, yaitu pada bidang manajemen.

“Waktu kuliah di jurusan Teknik Industri pada tahun 1999, selain bidang teknik, saya juga belajar manajemen. Hal tersebut mendorong saya pada semester 5 tahun 2001 untuk mengambil kuliah jurusan manajemen kelas akhir pekan di kampus lain. Setelah kuliah dijurusan manajemen, saya merasakan lebih memahami bidang manajemen.” jelasnya.

Hebatnya, Welin tidak merasakan kesulitan meskipun menjalani kuliah rangkap walaupun dengan jadwal yang sangat padat. Kemudian pada tahun 2012, Welin pun akhirnya memutuskan untuk mengambil 3 jurusan sekaligus.

“Pada tahun berikutnya (2012) karena sebelumnya tidak mengalami kesulitan ketika kuliah rangkap, saya pun memutuskan untuk mengambil 3 jurusan sekaligus, yaitu administrasi niaga, hukum dan teknik Informatika. Walaupun kuliah rangkap, saya sama sekali menemui banyak kendala, bahkan IPK saya tetap baik, lebih dari 3.00. Sejak itu mulai tahun 2003 sampai 2008, setiap tahun saya mendaftar jurusan baru.” ucap Welin.

Atas pencapaiannya dalam bidang akademik, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada Welin sebagai pemegang rekor peraih gelar multidisiplin terbanyak di Indonesia pada tahun 2012 lalu. Ketika mendapatkan penghargaan rekor MURI tersebut, Welin masih berusia 31 tahun dan sudah mendapatkan 18 gelar akademik. Tak hanya itu, Welin bisa dibilang memecahkan rekornya sendiri saat ini, karena ia telah menambah deretan gelar akademiknya hingga mencapai 29 gelar.

Baca juga : 7 Sifat manusia yang harus dihindari jika ingin sukses dalam bisnis 

sertifikat welin kusuma
Sertifikat Welin Kusuma

Berikut ini adalah daftar semua gelar akademik yang berhasil diraih oleh Welin Kusuma sampai saat ini, yang terdiri dari 11 gelar S1, 3 gelar S2 dan 15 gelar profesi:

Gelar Welin Kusuma di S1:

  1. Sarjana Teknik/S.T.
  2. Sarjana Ekonomi/S.E
  3. Sarjana Sosial/S.Sos
  4.  Sarjana Hukum/S.H
  5. Sarjana Komputer/S.Kom
  6. Sarjana Sastra/S.S
  7. Sarjana Administrasi Publik/S.AP
  8. Sarjana Statistika/S.Stat
  9. Sarjana Akuntansi/S.Akt
  10. Sarjana Ilmu Komunikasi/S.I.Kom
  11. Sarjana Ilmu Pemerintahan/S.IP

Gelar Welin Kusuma di S2:

  1. Magister Teknik/M.T.
  2. Magister Sains Manajemen/M.SM.
  3. Magister Kenotariatan/M.Kn.

Gelar Welin Kusuma di Profesi:

  1. Registered Financial Planner Indonesia
  2. Certified Professional in Brand Development
  3. Certified Professional in Product Management
  4. Certified Financial Planner
  5. Affiliate Wealth Manager
  6. Bersertifikat Konsultan Pajak
  7. Qualified Wealth Planner
  8. Certified Professional Human Resources
  9. Indonesia Certified Professional Marketer
  10.  Associate Estate Planning Practitioner
  11. Certified Behavioral Analyst
  12. Certified Management Accountant
  13. Certified Professional Management Accountant
  14. Certified International Business Analyst
  15. Certified Business Valuer

Leave a Comment

%d bloggers like this: