Pengaruh Letak Geografi Indonesia dan Pengertiannya

Letak Geografis Indonesia – Sebelumnya apakan ada yang sudah pernah mengetahui pengaruh letak geografis indonesia? Jika belum pada kali ini kita akan membahas mengenai tentang letak geografis indonesia secara lengkap. Namun sebelum masuk dalam pembahasan pengaruh letak geografis indonesia, perlu juga kita ketahui tentang beberapa hal sebagai berikut.

Geografis adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang suatu lokasi serta perbedaan atau persamaan kekurangan atas fenomena fisik dan manusia yang ada di permukaan bumi.

Kata geografis berasal dari bahasa Yunani yaitu Geo yang berarti bumi sedangkan Graphein yang bermakna menjelaskan atau tulisan tentang sesuatu. Dari pengertian singkat diatas pastinya kalian sudah memiliki gambaran mengenai letak geografis indonesia. Agar lebih jelas lagi selanjutnya kita akan membahas tentang letak geografis indonesia sebagai berikut.

pengertian pengaruh letak geografis ndonesia

Pengertian Letak Geografis Indonesia

Letak geografis merupakan letak suatu wilayah atau negara yang berdasarkan fakta dan juga keadaan alam di sekitarnya. Selain itu letak suatu wilayah juga ada kaitannya dengan letak astronomi, letak fisiologis, letak geomorfologis dan letak geologis. Jika dilihat saat ini letak geografis negara indonesia berada diantara dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia serta diapit oleh dua samudera yaitu samudera Pasifik dan samudera Hindia.

Akan tetapi dengan letak geografis ini sangat menguntungkan dan berpengaruh bagi Indonesia. Karena negara Indonesia menjadi titik persimpangan jalur perdagangan Internasional antara negara-negara di benua Asia maupun benua Australia dan bahkan juga dari berbagai negara di benua Eropa.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Dengan letak geografis indonesia yang diapit oleh dua benua dan dua samudera, ada berbagai beberapa pengaruh yang terjadi di Indonesia seperti berikut:

Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Iklim

Pengaruh Letak Geografis Indonesia Terhadap Iklim
Angin Muson Barat dan Timur

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa negara Indonesia berada diantara dua samudera yaitu samudera Hindia dan samudera Pasifik. Dengan begitu maka Indonesia dilalui oleh angin muson. Angin ini akan berganti arah setiap 6 bulan sekali, dengan begitu menyebabkan Indonesia memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Akan tetapi setiap pergantian musim di Indonesia terkadang juga tidak sesuai dengan perkiraan.

Dalam pembagiannya angin muson ada dua yaitu angin muson barat dan angin muson timur. Angin muson barat terjadi pada bulan Oktober sampai April dan di Indonesia akan mengalami musim hujan pada rentang waktu tersebut. Sedangkan angin muson timur terjadi pada antara bulan April sampai Oktober, saat itu pula Indonesia mengalami musim kemarau.

Selain itu negara Indonesia juga berada di wilayah dengan iklim tropis dengan ciri-siri sebagai berikut:

  • Memiliki curah hujan yang tinggi
  • Terdapat hutan hujan tropis yang sangat luas
  • Terkena sinar matahari sepanjang tahun
  • Memiliki kelembaban udara yang sangat tinggi

Wilayah Indonesia Sangat Strategis

Telah diketahui bahwa Indonesia terletak antar dua benua dan dua samudera. Dengan letak yang strategis tersebut membuat Indonesia dilalui oleh jalur perdagangan Internasional, baik dari laut maupun darat. Selain itu juga membuat Indonesia memiliki potensi ekonomi yang baik.

Dengan begitu juga dapat dimanfaatkan Indonesia untuk menjadi tempat perdagangan Internasional. Yang mana dalam perdagangan tersebut berasal dari berbagai negara di seluruh penjuru.

Indonesia Menjadi Jalur perdagangan

pengaruh letak geografi indonesia terhadap jalur perdagangan
Jalur Perdagangan di Indonesia

Letak strategis Indonesia pada jalur perdagangan internasional tidak bisa dipandang oleh sebelah mata, karena 50% armada kapal dunia melewati selat Malaka dan sekitar 50,000 kapal adalah pedagang besar yang lewat selat ini setiap tahunnya. Untuk itu pengoptimalan pelabuhan-pelabuhan sangat penting dan nantinya akan menjadi konektivitas antar pulau di Indonesia bahkan dunia sangat dibutuhkan.

Karena letak yang sangat strategis, indonesia mampu menjadi jalur perdagangan Internasional. Dengan begitu dapat juga dimanfaatkan untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di Indonesia. Selain itu juga dapat menambah ekonomi para pendudukan dan juga menambah pendapatan negara.

Memanfaatkan posisi yang strategis Indonesia sebagai jalan diplomasi akan memberi kesempatan Indonesia untuk mempererat jalinan kerja sama dengan negara lain.

Indonesia Menjadi Jalur Transit dan Lintas Internasional

Negara Indonesia telah menjadi jalur transit dan lintas Internasional saat ini. Indonesia selalu disinggahi beberapa pesawat-pesawat asing sebelum melanjutkan perjalanan ke negara atau benua lain. Selain itu banyak juga para wisatawan yang bersinggah di daerah-daerah yang digunakan untuk transit, sehingga faktor pariwisata juga sangat berpengaruh dalam hal ini.

Indonesia Merupakan Negara Maritim Terbesar

pengaruh letak geografi indonesia sebagai negara maritim
Indonesia Sebagai Negara Maritim

Saat ini Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau. Dengan hal itu Indonesia lebih dikenal dengan negara kepulauan dan negara maritim terbesar di dunia. Berdasarkan statistik dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, hasil laut di Indonesia baru memanfaatkan 48% dari potensi sebesar 6,7 juta ton.

Bagaimana jika hasil laut tersebut dimanfaatkan 100%? pastinya sangat melimpah dan sangat luar biasa hasil laut Indonesia jika dikelola dengan baik dan benar.

Indonesia Menjadi Negara Agraris Terbesar

pengaruh letak geografi indonesia sebagai negara agraris
Indonesia Sebagai Negara Agraris Terbesar di Dunia

Indonesia terletak dikawasan yang beriklim tropis dan menjadikan tanah di Indonesia sangat subur. Hal tersebut menjadikan masyarakat di Indonesia kebanyakan bermata pencaharian dibidang pertanian dan perkebunan. Dan banyak juga hasil dari perkebunan dan pertanian mereka yang sampai diekspor ke luar negeri.

Sebagai negara agraris yang besar Indonesia juga memiliki keanekaragaman hayati dan sumber daya alam (SDA) yang sangat melimpah. SDA inilah yang menunjang predikat Indonesia sebagai negara agraris terbesar di dunia, dimana sektor perekonomian terbesar Indonesia terletak pada bidang pertanian

Indonesia Berpotensi Menjadi Negara Pariwisata

pengaruh letak geografi indonesia terhadap potensi wisata
Potensi Wisata di Indonesia

Selain berada di letak yang sangat strategis, Indonesia merupakan negara dengan kepulauan yang terbesar di dunia, yang mana disetiap pulau tersebut pasti memiliki keindahan masing-masing. Dan bahkan masih banyak juga pulau di Indonesia yang masih belum ada penghuninya dan masih alami.

Dengan begitu banyak sekali para wisatawan asing yang datang ke Indonesia untuk mengeksplor keindahan alam yang terdapat di Indonesia. Terlebih lagi Indonesia juga memiliki banyak sekali pantai yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Sebagai contoh daerah yang terkenal dengan destinasi wisata yang bagus adalah Pulau Bali. Banyak sekali wisatawan yang datang ke Bali untuk menikmati keindahan alam dan budaya disana. Dengan begitu dapat meningkatkan pendapatan ekonomi daerah lewat berbagai wisata yang sudah dikembangkan.

Memiliki Keanekaragaman Hayati

Dengan berada di kawasan tropis membuat Indonesia kaya akan hasil hutan. Indonesia juga memiliki beraneka ragam flora dan fauna yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu Indonesia juga mempunyai hutan dengan luas sekitar 120,35 Ha yang merupakan Hutan Tropis. Dengan begitu Indonesia memiliki hutan terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Zaire. Hutan sendiri memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai paru-paru dunia serta menjaga keseimbangan iklim global.

Memiliki Keanekaragaman Suku dan Budaya

pengaruh letak geografi indonesia terhadap suku dan budaya
Indonesia Memiliki Berbagai Suku dan Budaya

Letak geografis indonesia juga berpengaruh terhadap keadaan penduduk seperti terdapat berbagai suku dan budaya yang berkembang di berbagai daerah. Dimana kebudayaan tersebut secara perlahan akan mengalami proses asimilasi dan tentunya akan menjadi negara yang memiliki banyak sekali keanekaragaman suku dan budaya yang lengkap jika dibandingkan dengan negara lain.

Tentunya dengan ini akan menambah rasa ingin tahu para wisatawan dari luar negeri untuk mengenal berbagai suku dan budaya yang ada di Indonesia lebih jauh lagi. Dengan begitu juga ada kaitannya dengan faktor ekonomi dan pariwisata di daerah tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Letak Geografis Indonesia

Dalam letak geografis suatu daerah atau negara tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Agar lebih jelas berikut kelebihan dan kekurangan letak geografis negara Indonesia dari berbagai bidang.

Kelebihan Letak Geografis Indonesia

Banyak sekali kelebihan dengan letak geografis indonesia di berbagai bidang saat ini, sebagai contohnya sebagai berikut:

  • Bidang ekonomi dengan letak geografis indonesia saat ini ada beberapa keuntungan dibidang ekonomi seperti: dapat menambah devisa negara,  dapat mengembangkan pariwisata lebih lanjut agar dapat mendatangkan banyak wisatawan dari luar, dan dapat dijadikan sebagai jalur perdagangan dunia dan lain-lain.
  • Bidang komunikasi dibidang komunikasi, indonesia juga memiliki kelebihan seperti dengan adanya keanekaragaman bahasa daerah yang unik. Ditambah lagi dengan adanya banyak wisatawan yang memakai bahasa inggris juga menambah wawasan masyarakat Indonesia untuk belajar bahasa asing.
  • Sektor transportasi kelebihan letak geografis indonesia disektor transportasi antara lain dapat membuat infrastruktur untuk meningkatkan transportasi tujuan wisata, meningkatkan transportasi laut dan keamanan laut secara maksimal, dapat meningkatkan akomodasi angkatan umum untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
  • Dalam bidang sosial budaya kelebihan dibidang sosial budaya antara lain dengan adanya keanekaragaman kebudayaan dari berbagai daerah, Indonesia merupakan negara dengan akulturasi budaya asing dan lokal yang berkembang dengan baik. Dengan demikian menjadikan negara ini memiliki banyak budaya asing dan lokal.

Kekurangan Letak Geografis Indonesia

Selain kelebihan ada juga berbagai bidang yang ada kekurangan dengan letak geografis indonesia saat ini, diantaranya sebagai berikut:

  • Dalam bidang ekonomi – kekurangan letak geografis terhadap bidang ekonomi diantaranya terjadinya pasar gelap (ilegal) yang tersebar di berbagai wilayah, adanya eksplorasi secara besar-besaran dan akan terjadi persaingan global yang tidak sehat.
  • Dibidang komunikasi – dalam bidang komunikasi ada juga beberapa kekurangan yaitu dengan adanya bahasa asing yang masuk ke Indonesia maka secara perlahan akan menggeser berbagai bahasa daerah yang sudah melekat di masyarakat. Selain itu masyarakat di daerah tersebut juga akan kesulitan menggunakan bahasa yang asing.
  • Dibidang transportasi – dengan letak geografis Indonesia saat ini juga ada kekurangan dibidang transportasi antara lain akan terjadi kepadatan saat berlalu lintas karena bertambahnya jumlah imigran yang masuk. Selain itu juga ada kendaraan luar negeri yang perlahan mulai merajai otomotif negara, sehingga hasil karya dalam negeri kurang diapresiasi bahkan akan kehilangan modal dalam meningkatkan transportasi tradisional.
  • Dalam bidang sosial budaya – kekurangan letak geografis lainnya juga terletak dibidang sosial budaya. Yaitu dengan adanya budaya asing yang masuk ke Indonesia secara perlahan nantinya juga akan menggeser budaya yang sudah ada saat ini dan akan digantikan oleh budaya asing. Selain itu juga akan memberikan dampak negatif lainnya seperti akan terjadi maraknya perilaku-perilaku yang tidak sesuai dengan adat istiadat atau norma-norma yang telah berlaku di Indonesia saat ini apabila hal ini tidak segera dicegah maka budaya lokal akan hilang tanpa disadari.

Leave a Comment

%d bloggers like this: