Pengertian Komponen Komputer Beserta Contoh dan Fungsinya

Saat ini banyak sekali suatu pekerjaan yang dikerjakan dengan komputer. Komputer sendiri terdiri dari beberapa komponen yang memiliki fungsi yang sangat penting. Pada kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang beberapa komponen komputer lebih banyak lagi.

Pengertian Komponen Komputer

Komponen komputer adalah salah satu kumpulan dari beberapa komponen-komponen yang memiliki fungsi saling berhubungan untuk menjalankan sebuah komputer. Jika salah satu dari komponen tersebut tidak ada, maka suatu komputer tidak akan berjalan. Komponen komputer sendiri terdiri dari beberapa komponen yaitu: komponen hardware, komponen software dan komponen brainware.

Berikut adalah penjelasan dari beberapa komponen komputer beserta contoh dan fungsinya.

Komponen Hardware (perangkat keras)

Komponen hardware atau sering disebut dengan perangkat keras komputer adalah suatu komponen yang dapat dilihat oleh mata secara langsung dalam bentuk nyata dan dapat diraba. Perangkat keras ini juga salah satu alat yang terdiri dari beberapa komponen yang ada membentuk sebuah komputer. Apabila salah satu dari perangkat keras ini tidak berfungsi dalam penggunaannya maka dalam mengoperasikan komputer akan terganggu bahkan tidak akan berjalan.

Berdasarkan fungsinya komponen perangkat keras (hardware) dibagi menjadi beberapa ketegori, diantaranya adalah:

  1. Input device (unit masukan).
  2. Output device (unit keluaran).
  3. Process device (unit pemrosesan)
  4. Storage device (unit penyimpanan).
  5. Periferal (unit tambahan).

Untuk memperjelas dan membedakan mana yang termasuk dalam beberapa ketegori diatas berikut penjelasannya beserta beberapa fungsi dari perangkat tersebut.

Input Device (unit masukan)

Perangkat ini berfungsi sebagai media untuk memasukan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah agar menghasilkan suatu informasi yang dibutuhkan. Fungsi lain dari input device (unit masukan) selain untuk memasukan sebuah data juga dapat digunakan untuk memasukan perintah. Berdasarkan fungsinya, input device dibagi menjadi dua yaitu:

  • peralatan input secara langsung, yaitu alat input yang jika dimasukan secara langsung akan diproses oleh alat pemroses tanpa memerlukan media lain. Contohnya: keybord, mouse, light pen, digitizer graphics tablet, scanner, dll.
  • perangkat input secara tidak langsung, yaitu alat input yang menggunakan media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya: punched card, disket, harddisk, dll.

Agar lebih spesifik lagi berikut adalah beberapa perangkat yang termasuk dalam input device (unit masukan) diantaranya adalah:

a. Keyboard

Perangkat ini menjadi salah satu alat yang sangat penting dalam komputer. Komponen ini berfungsi sebagai media pengguna komputer untuk memasukan beberapa data seperti huruf dan angka. Selain untuk memasukan sebuah data, alat ini juga berfungsi untuk melakukan beberapa perintah seperti menyimpan dan juga membuka sebuah file. Keyboard ini pertama kali diciptakan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dengan jenis QWERTY.

komponen komputer hardware
Sumber: gaming.logitech.com

b. Mouse

Mouse adalah salah satu perangkat keras yang termasuk peralatan input secara langsung sama seperti dengan keyboard. Salah satu fungsi dari mouse adalah untuk memindahkan kursor atau pointer terdapat di monitor dengan cepat. Seiring dengan berkembangnya zaman, sekarang ini sudah banyak mouse yang menggunakan teknologi wireless sama halnya dengan keyboard.

Selain itu mouse mulai digunakan secara maksimal sejak adanya sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface).  Dimana dalam pengoperasiannya akan berhubungan langsung dengan pointer atau kursor yang terdapat dalam layar monitor.

komponen komputer hardware
Sumber: gaming.logitech.com

c. Microphone dan Headphone

Perangkat yang satu ini diantaranya berfungsi untuk merekam atau memasukan suara agar dapat disimpan dimemori komputer. Selain itu alat ini juga termasuk dalam perangkat output komputer yaitu dengan microphone kita dapat mendengarkan suara. Suara yang kita masukan lewat perangkat ini nantinya akan disimpan dimemori komputer.

komponen komputer hardware
Sumber: gaming.logitech.com

d. Touchpad

Touchpad ini memiliki fungsi yang sama dengan mouse, perangkat ini paling sering ditemukan di laptop atau notebook. Penggunaan touchpad ini hanya menggunakan jari tangan yang diarahkan di area touchpad untuk memindahkan kursor atau pointer. Selain touchpad ada juga model unit masukan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

komponen komputer hardware
Sumber: news.softpedia.com

e. Joy stick dan games paddle

Bagi kalian yang sering memainkan permainan di komputer pasti tidak asing lagi dengan alat yang satu ini. Joy stick yang paling sering dijumpai biasanya berbentuk seperti tongkat namun ada juga yang seperti stick untuk game playstation. Sedangkan games paddel biasanya berbentuk kotak atau persegi yang terdapat beberapa tombol. Akan tetapi fungsi keduanya sebenarnya sama.

komponen komputer hardware
Sumber: gaming.logitech.com

f. Light pen

Light pen adalah salah satu pointer elektronik yang biasanya digunakan untuk memodifikasi atau mendesain gambar dengan monitor secara langsung. Alat ini mengirim sensor cahaya ke komputer yang kemudian akan direkam dan ditampilkan dilayar.

komponen komputer hardware
Sumber: primandaagungm.blogspot.co.id

Output Device (unit keluaran)

Komponen ini merupakan suatu perangkat keras komputer yang mempunyai fungsi menampilkan suatu hasil dari pengolahan data. Berikut adalah beberapa perangkat yang termasuk dalam output device (unit keluaran) diantaranya:

a. Monitor

Monitor adalah sesuatu perangkat yang digunakan untuk mengetahui aktivitas yang kita lakukan didalam komputer dan juga dapat menampilkan berbagai informasi yang telah diolah. Perangkat ini menjadi salah satu perangkat yang paling penting dalam komputer karena tanpa monitor, kita tidak akan bisa melihat aktivitas kita didalam komputer.

komponen komputer hardware
Sumber: ebay.com

b. Printer

Salah satu fungsi dari printer adalah untuk mencetak beberapa dokumen atau data dari komputer. Walaupun perangkat ini menjadi tambahan dalam komponen komputer, akan tetapi printer telah memberikan manfaat yang sangat besar. Printer sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya:

  • Printer inject
  • Printer leserjet
  • Printer dotmatrik

 

komponen komputer hardware
Sumber: bhphotovideo.com

c. Speaker

Sudah banyak diketahui beberapa fungsi dari speaker pada umumnya, yaitu perangkat keras yang untuk mengeluarkan suara.

komponen komputer hardware
Sumber: gaming.logitech.com

Process Device (unit pemrosesan)

Komponen ini biasanya kita temukan disalah satu perangkat komputer yaitu pada CPU. CPU ini berisi beberapa komponen pemrosesan pada komputer yang menjadi otak dari komputer. Berikut beberapa perangkat yang termasuk unit pemrosesan adalah:

a. Power supplay

Power supplay ini berfungsi sebagai pengatur arus listrik yang masuk dalam ke CPU. Selain itu power supplay juga memiliki fungsi mengubah aliran listrik bolak-balik menjadi searah yang dibutuhkan oleh komponen PC.

komponen komputer hardware
Sumber: bestbuy.com

b. RAM

Random Access Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat yang cukup kecil tetapi sangat besar kegunaannya. Salah satu fungsinya adalah sebagai penyimpanan data sementara. Selain itu RAM juga menyediakan data-data penting yang dibutuhkan processor dengan cepat untuk diolah menjadi sebuah informasi.

komponen komputer hardware
Sumber: androidpit.com

c. Processor

Processor atau sering disebut dengan otak komputer ini menjadi salah satu perangkat yang terpenting dalam komputer. Perangkat ini sangat rawan sekali mengalami kerusakan, karena terdapat sebuah kaki-kaki kecil yang banyak. Jika salah satu saja patah maka processor tersebut tidak akan bisa digunakan.

komponen komputer hardware
Sumber: comsol.com

d. Motherboard

Perangkat ini sebagai tempat dari beberapa unit pemrosesan yang lainnya. Selain itu perangkat keras ini berupa papan yang berfungsi menghubungkan beberapa komponen penting lainnya. Motherboard ini berisi processor, RAM dan perangkat keras penting lainnya.

komponen komputer hardware
Sumber: trustedreviews.com

Baca juga: praktik kerja industri 

Storage Device (unit penyimpanan)

Komponen ini berfungsi sebagai perangkat keras untuk menyimpan sebuah data sekunder. Perangkat yang termasuk dalam komponen ini diantaranya adalah Harddisk (HDD). Harddisk ini memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda tergantung pada pengguna menginginkan ukuran yang berapa, dan untuk ukuran yang paling kecil adalah 500 GB.

Dalam perkembangannya, harddisk yang diciptakan semakin kecil tetapi untuk meminimalisir tempat. Akan tetapi dengan semakin kecilnya ukuran justru memiliki daya tampung data semakin besar.

komponen komputer hardware
Sumber: qoura.com

Periferal (unit tambahan).

Dikomponen ini hanya beberapa perangkat tambahan dalam komputer yang apabila tidak ada juga tidak terlalu berpengaruh dengan lainnya. Berikut ini beberapa perangkat yang termasuk dalam unit tambahan diantaranya:

a. Modem

Modem adalah salah satu perangkat yang ukurannya lumayan kecil yang berfungsi untuk menghubungkan suatu komputer atau PC dengan internet. Selain itu ada juga model modem yang bisa digunakan untuk menyimpan beberapa data dengan kapasitas kecil menggunakan memori kecil yang dimasukan ke modem.

komponen komputer hardware
Sumber: seputarit.com

b. Flashdisk

Salah satu kegunaan flashdisk adalah untuk memudahkan kita memindahkan suatu data dari komputer satu ke komputer yang lainnya. Kapasitas penyimpanan dalam flashdisk ini tidak sebesar dengan harddisk meskipun fungsinya sebenarnya sama.

komponen komputer hardware
Sumber: tekno.liputan6.com

Komponen Software (perangkat lunak)

Perangkat lunak (software) dapat diartikan sebagai beberapa program yang dibutuhkan oleh user untuk mendapatkan sebuah informasi atau beberapa aplikasi yang dibutuhkan. Lalu komponen software apa sajakah yang termasuk perangkat lunak dalam komputer? Pada intinya di komputer terdapat beberapa perangkat software yang dibutuhkan yaitu:

1. Sistem operasi (operatng system)

Sistem operasi adalah salah satu software yang sangat penting dalam komputer dan yang akan dibaca pertama kali saat menghidupkan komputer. Sistem operasi ini menjadi pengendali utama yang akan mengendalikan pelaksanaan program komputer. Ada 2 macam jenis sistem operasi dalam komputer yaitu: sistem operasi berbasis CLI (Command Line Inteface) dan GUI (Graphic User Interface).

Seiring perkembangan zaman, OS berbasis CLI tersisih dengan sistem berbasis GUI yang hanya tinggal memilih program dan perintah yang kita inginkan dengan mengeklik mouse saja. Banyak sekali contoh sistem operasi berbasis GUI, diantaranya adalah: Windows XP, Windows 7, Ubuntu berbasis GUI, dan lain-lain.

2. Bahasa komputer (computer language)

Didalam komputer terdapat 2 jenis bahasa komputer yaitu:

  • Low Level Language, karena menggunakan bahasa tingkat rendah jadinya bahasa ini hanya dimengerti oleh pembuatnya saja. Contohnya adalah assembly language.
  • High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi karena mudah dipahami dan dimengerti. Contohnya: Basic, Pascal, Fortran.

3.  Program aplikasi

Software ini sebenarnya opsional dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna komputer. Ada beberapa aplikasi yang sering orang gunakan diantaranya:

  • Microsoft, aplikasi ini menyediakan berbagai kegunaan bagi user, seperti untuk mengolah angka dan huruf.
  • Multimedia, software ini biasanya berhubungan dengan pekerjaan desain grafis, seperti: Adobe Premire, Corel draw, 3d max.
  • Anti virus, program ini berfungsi untuk membasmi berbagai virus yang terdapat di komputer kita. Contoh aplikasi anti virus yang terkenal diantaranya: Arvira, Avas, Smadav dan lain-lain.
  • Aplikasi browser, aplikasi ini sering digunakan oleh pengguna komputer untuk mencari sebuah informasi yang berasal dari internet.
komponen komputer beserta gambarnya
Sumber: enewsletter.ntu.edu.sg

Komponen Brainware (pengguna)

Komponen brainware adalah mereka para pengguna komputer atau sering disebut user. Pengguna komputer pada umumnya dibagi menjadi beberapa diantaranya:

  • Operator, tugas dari operator adalah bertanggung jawab dengan pengolahan data pada komputer. Saat mengolah data, operator harus melakukan sesuai aturan dalam penggunaan aplikasi yang telah ditetapkan oleh seorang programmer.
  • Programmer, adalah orang yang bertugas membuat berbagai aplikasi komputer yang akan digunakan oleh banyak orang.
  • Graphic Desainer, adalah orang yang menekuni di dunia desain grafis dan biasanya juga dalam animasi.
  • Administrator, adalah mereka orang yang terjun dalam bidang pengolahan sistem komputer yang dirancang oleh System Analist.

1 thought on “Pengertian Komponen Komputer Beserta Contoh dan Fungsinya”

Leave a Comment

%d bloggers like this: