Keindahan Wisata Air Terjun Pulosari

Wisata air terjun Pulosari

Air terjun Pulosari adalah salah satu tempat wisata yang berada di daerah Pajangan Bantul. Tempat tersebut berada ditengah-tengah kecamatan Pajangan. Untuk sampai ke sana, kita hanya perlu menempuh waktu sekitar 20 menit dari kota Bantul.

Air terjun Pulosari atau sering disebut dengan Pulosari yang terletak di atas pegunungan sebelah barat kabupaten Bantul. Untuk menuju ke wisata Pulosari ini kita hanya bisa menjangkaunya dengan menggunakan kendaraan roda dua saja. Dikarenakan jalan ditengah desa yang masih sempit dan untuk kendaraan roda empat seperti mobil belum bisa melewati jalan tersebut.

Sampai di sana kita hanya dikenakan tarif Rp2000 saja untuk parkir kendaraan. Di sana kita juga bisa menikmati keindahan wisata air terjun Pulosari yang berada ditengah hutan dan masih sangat alami. Selain itu kita juga bisa menikmati segarnya air mata pegunungan secara langsung.

Di sana juga bisa melihat beberapa kegiatan masyarakat seperti berternak ikan, ada juga beberapa pengunjung yang diperbolehkan untuk memancing ikan disana. Selain itu bagi para pengunjung yang ingin menikmati kesegaran air pegunungan juga diperbolehkan mandi disana. Disekitar Pulosari ada juga para warga sekitar yang berjualan berbagai makanan ringan dengan harga yang murah.

Pertama kalinya

Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman atau cerita saya saat pergi ke wisata air terjun Pulosari. Sebenarnya saya baru pertama kali pergi kesana. Namun saat itu banyak sekali beberapa kejadian yang lucu sekaligus ada juga yang memalukan saat disana.

Saat itu pada hari minggu saya bersama kedua teman saya berkumpul bersama. Sejak SD kami selalu bersama-sama dalam bermain dan jika kami main terlalu jauh kami juga selalu pergi bersama. Selain itu setiap minggu kami juga sering berkumpul bersama dengan tanpa tujuan.

Waktu itu salah satu teman saya mengajak untuk refresing. Awalnya kami bingung mau pergi kemana, karena kami belum tau banyak tentang tempat yang bagus untuk dikunjungi. Salah satu teman saya memberi usul untuk pergi ke wisata air terjun Pulosari .

Sebelumnya kami sama sekali belum pernah ke tempat tersebut, akan tetapi kami browsing tentang tempat tersebut. Setelah mengetahui daerah tempatnya, kami pun langsung bergegas menuju tempat wisata tersebut. Lalu kami pun menyiapkan beberapa sepeda motor untuk pergi kesana.

Ketika semua siap kami langsung berangkat secara bersama-sama. Saat perjalanan menuju ke tempat wisata tersebut salah satu sepeda motor teman saya mogok karena kehabisan bensin. Kemudian kami berhenti sejenak di sebuah SPBU terdekat.

Setelah selesai mengisi bahan bakar kemudian kami melanjutkan perjalanan. Ketika kami hampir sampai kami sempat tersesat karena belum tahu jalan menuju tempat wisata tersebut. Akhirnya kami pun bertanya kepada salah satu warga disekitar.

Kemudian setelah itu kami langsung kembali melanjutkan perjalanan menuju ke Pulosari. Saat melanjutkan perjalanan sepeda motor saya pun terpeleset karena jalannya yang licin dan untungnya saja saya tidak sampai terjatuh. Lalu saya bergantian dengan teman saya agar dia yang menyetir sepeda motor sedangkan saya yang berada dibelakang.

Setelah itu kami melanjutkan lagi perjalanan kami, saat itu juga ketika hampir sampai di tempatnya kami tersesat lagi. Lalu kami bertanya kembali pada seseorang bapak-bapak yang sedang membelah kayu di depan rumahnya. Setelah diberi tahu tempatnya, ternyata tempat wisatanya tidak jauh lagi. Akhirnya kami pun menemukan tempat wisata air terjun Pulosari.

Sampai di sana kami langsung menuju tempat air terjun yang berada di tengah hutan tersebut. Tidak sia-sia perjuangan kami untuk sampai ke sana. Ternyata tempat tersebut masih alami sekali dan airnya terlihat jernih sekali.

Saat sampai sampai di sana cukup lumayan banyak pengunjung yang datang di wisata tersebut. Padahal tempat tersebut memang belum lama terkenal karena. Di sana juga ada yang orang yang berenang di air, ada juga yang berfoto-foto di sana.

Kemudian saat itu saya mulai mengitari disekitar air terjun tersebut. Tak lupa juga kami bertiga saling berfoto bersama tepat di sekitar air terjun. Banyak sekali bebatuan besar di sekitar air terjun Pulosari tersebut.

Memalukan sekali

Sewaktu kami mengitari sambil menikmati kami melompat dari batu ke batu, saya pun sempat terpeleset sewaktu melompat. Akhirnya saya pun tercebur ke air dan basah kuyup. Dengan rasa malu saya langsung berdiri dan pergi ke daratan dengan dibantu oleh teman saya.

Untungnya saja saat saya tercebur tidak ada satu pun orang lain yang mengetahuinya. Setelah itu saya pun berusaha untuk mengeringkan baju saya secara perlahan dengan mengibaskan. Lalu akhirnya pakaian saya pun sudah kembali lumayan kering.

Selesai pakaian saya lumayan kering, kami pun lalu melanjutkan mengitari tersebut sambil menikmati keindahan wisata air terjun Pulosari. Saat mengitari tempat tersebut kami sempat melihat beberapa rumah tupai yang berada di pohon besar di sebelah air terjun. kami juga sempat mengusik rumah tupai tersebut, tetapi ternyata tidak ada satu pun tupai yang ada disana.

 

Melihat air terjun dari atas

Setelah itu kami berusaha untuk melihat air terjun dari bagian atas. Kemudian kami berusaha menaiki air terjun tersebut dengan melewati dibagian sebelah kanan yang bisa untuk dilewati untuk sampai di atas air terjun. Di atas air terjun kita juga bisa melihat sumber mata air yang langsung berasal dari pegunungan sekitar sana.

Di atas air terjun juga terdapat beberapa warga sekitar yang sedang memancing disana. Ternyata di sana juga terdapat ikan yang lumayan banyak. Ada juga beberapa warga sekitar yang sama sekali mendapatkan ikan.

Selain itu ada juga warga yang sedang membuat sebuah bendungan. Karena saat itu berada pada musim hujan, jadinya mereka membuat sebuah bendungan untuk digunakan untuk menampung air sebagai persediaan air disana. Pernah juga disekitar pegunungan sana mengalami kekeringan yang hebat, kemudian warga sekitar mempunyai inisiatif untuk membuat sebuah bendungan.

Di sana juga terdapat sebuah warung kecil yang menyediakan berbagai makanan kecil. Sembari kami bertiga istirahat di sana, kami juga membeli makanan di sana. Selain itu kami juga bertanya-tanya dengan warga sekitar mengenai tentang wisata air terjun Pulosari tersebut.

Setelah itu kami langsung melihat pemandangan air terjun Pulosari dari atas. Ternyata sangat menakjubkan sekali melihat air terjun dari atas. Dari atas kami bisa melihat banyak pengunjung yang melakukan berbagai aktivitas di sana. Selain itu kami juga bisa melihat birunya air yang ada disana.

Setelah puas menikmati keindahan di sana kemudian kami bergegas untuk pulang. Karena saat itu para pengunjung sudah semakin banyak dan kami pun memutuskan untuk pulang saja. Dalam perjalanan pulang pun kami sempat tersesat, dan akhirnya pun menemukan kembali jalan yang kita lalui sebelumnya.

1 thought on “Keindahan Wisata Air Terjun Pulosari”

Leave a Comment

%d bloggers like this: