√ 100 +Motif Gambar Henna Simple, Unik dan Paling Cantik Buat Pengantin

Gambar Henna – Hallo kawan jumpa lagi di portal balubu. Di kesempatan kali ini kita akan bahas sesuatu yang berbeda dari biasanya. Pada artikel kali ini kita akan bahas sesuatu hal yang berbau seni yaitu tentang gambar henna. Mungkin banyak orang yang belum tau mengenai apa itu henna. Memang salah satu aliran seni ini belum lama dikenal oleh banyak orang. Tetapi saya yakin temen-temen semua pati sudah tahu apa itu henna.

Perlu diketahui bahwa Henna adalah salah satu nama tumbuhan tertua yang sangat aman untuk digunakan sebagai bahan kosmetik. Selain itu juga jarang sekali orang yang memakai Henna ini terus merasa gatal-gatal pada kulitnya. Kemudian dikutipdari situs kompasiana, Henna sendiri ternyata juga hampir sama dengan Mehndi.

Pada umumnya Henna ini sering digunakan oleh calon pengantin wanita dalam sebuah pernikahan, yaitu untuk menghiasi bagian tangannya dengan berbagai gambar seperti tumbuhan, bunga atau yang lainnya. Mehndi diracik dan diramu dari daun tumbuhan henna (Lawsonia Inermis). Di indonesia tanaman henna sering dikenal dengan pacar kuku.

Baca juga : 5 Cara membuat squishy yang unik dan lucu dengan bahan sederhana

Gambar Henna sendiri ternyata sudah dikenal oleh manusia sejak sekitar 5000 tahun yang lalu dan berasal dari negara India. Kemudian menyebarlah di Indonesia dan biasa disebut Pacar Kuku, Ineng, Gaca, Ngatu, Kayu laka, Paci, Daun Laka, Tilangge Kuku, Bunga Jai, Pacah dll

Orang indonesia biasa memakai henna ketika menjadi pengantin, henna pengantin. Sedangkan di India para wanita menggunakan henna setiap kali ada perayaan besar, semisal pernikahan, hari raya Ied atau yang lainnya.

Okay, nggak usah bertele-tele, kali ini kita akan simak bersama-sama tentang cara membuat Henna di tangan dan beberapa contoh gambar henna yang paling cantin dan indah. Langsung saja mari kita simak di bab berikut ini. Check it out !

Baca juga : 5 Cara membuat telur asin aneka rasa [Video Tutorial]

Cara Membuat Henna

Untuk cara pembuatan henna sendiri disini ada 2 cara diantaranya adalah sebagai berikut :

Cara Membuat Henna Pasta Sendiri

Motif Henna Tangan Sederhana

Pada umumnya meracik henna bubuk menjadi henna pasta itu ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, akan tetapi tidak terlalu mudah juga. Artinya, ketika kita membuat henna pasta, butuh kesabaran dan keuletan untuk bisa mendapatkan racikan yang pas atau sempurna.

Karena untuk meracik henna pasta tidak ada takaran yang pasti. Bekalnya hanya ilmu perkiraan saja. Loh kenapa bisa seperti itu ? Hal ini karena setiap henna bubuk mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. selain itu juga bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Sebagai contohnya musalkan tahun panen, curah hujan, iklim, daerah tumbuh dan masih banyak lagi faktor yang lainnya. Meskipun begitu, cara meraciknya tetap sama, hanya takaran saja yang mungkin sedikit berbeda dan dapat disesuaikan.

Baca juga : Cara membuat oralit dan tips saat mengalami diare

Bahan-Bahan yang di Butuhkan Untuk Membuat Henna Pasta :

1. Henna Bubuk

Henna bubuk harus berada dalam keadaan masih fresh atau segar. Biasanya ditandai dengan warna hijau. Beberapa henna bubuk berwarna hijau kekuningan, dan henna yang masih segar akan beraroma seperti bayam.

Karena ini henna bubuk, pastikan teksturnya halus seperti bedak. Cara mengujinya yaitu cukup dengan menggunakan saringan teh atau lainnya yang memiliki lubang yang sangat kecil.

2. Jeruk Nipis atau Jeruk Lemon

Yang digunakan hanyalah air perasannya saja. Yang terpenting yaitu bulir-bulir atau sari-sarinya tidak terikut. Oleh karena itu, kalian harus menyaringnya dengan teliti. Jika bulir-bulirnya terikut, akan menyebabkan cone kamu tersumbat.

Akan tetapi apabila tidak bisa mendapatkan jeruk lemon atau jeruk nipis, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan air teh atau air kopi.

3. Essential Oil

Essential oil yang biasa digunakan untuk meracik henna pasta adalah Cajuput, Eucalyptus, Lavender, Tea Tree, dan Lemon. Mungkin diantara kalian ada yang bertanya-tanya, kenapa harus menggunakan essential oil ?

Hal ini karena didalam essential oil mengandung terpinol yang dapat membantu henna menghasilkan warna yang gelap, sekaligus dapat membuat adonan henna menjadi lebih lembut.

4. Mangkuk atau Wadah

Gunakanlah mangkuk dengan ukuran yang sedang. Sebenarnya ukuran mangkuknya bisa disesuaikan tergantung kebutuhan. Jika henna yang akan dibuat sedikit, maka sebaiknya gunakanlah mangkuk yang lebih kecil.

5. Sendok

Kamu bisa menggunakan sendok kayu atau sendok stainless steel.

Langkah – Langkah Membuat Henna Pasta :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu ambil henna bubuk secukupnya. Kali ini kita hanya menggunakan 1 sendok makan saja. Masukkan henna kedalam mangkuk dan beri sedikit air jeruk yang sudah diperas. Tapi hanya sedikit saja yah, kemudian aduk sampai adonannya merata. Tambahkan air jeruk lagi jika dirasa air jeruknya kurang. Pokoknya sampai adonannya seperti kentang yang udah ditumbuk atau seperti adonan kue yang masih kental.
Cara Membuat Henna Pasta
  • Berikutnya tutup dengan menggunakan plastik wrap dan diamkan selama kurang lebih 6 jam. Sampai adonan terlihat perubahan warnanya menjadi kecoklatan pada bagian atas adonan. Akan lebih bagus lagi jika adonan diletakkan di tempat yang hangat, contohnya dibawah lampu belajar. Tetapi ingat, suhu yang hangat bukan panas. Karena jika suhu terlalu panas, henna akan rusak.
Cara Meracik Henna Pasta
  • Langkah kedua, setelah di diamkan kurang lebih 6 jam, buka tutup plastiknya dan aduk sampai rata adonannya. Tambahkan essential oil kurang lebih 4 – 5 tetes. Tetapi jangan terlalu banyak yah, karena juka terlalu banyak nanti akan mempengaruhi warna hennanya. Bahkan jika gagal tidak akan mengeluarkan warna sama sekali. Kemudian aduk terus sampai adonan menjadi rata. Tutup kembali dengan plastik wrap dan diamkan lagi kurang lebih 6 – 8 jam. Lama juga yah ? Iya gitulah hehe ?
Cara Membuat Henna Pasta Simple
  • Langkah selanjutnya, buka plastik penutupnya dan aduk sampai rata kembali. Jika terlalu kental, kamu hanya cukup menambahkan sisa air jeruk secukupnya. Menambahkan air jeruk sedikit demi sedikit sampai adonan menyerupai pasta gigi. Tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.
Cara Meracik Henna Pasta Sendiri
  • Langkah terakhiryaitu tinggal masukkan adonan ke dalam carrot bag atau plastik segitiga dan pindahkan ke dalam cone jika kamu ingin menggunakannya, atau bekukan jika kamu ingin menggunakannya nanti.

 

Cara Memakai Henna di Tangan Sendiri

Berikut ini adalah penjelasan atau tutorial memakai henna pasta :

1. Bersihkan Kulit dengan Air Sabun

Cara Memakai Henna Mudah

Jadi sebelum membuat pola pada kulit, memastikan bahwa kulit yang nantinya akan dibuat pola berada dalam keadaan bersih. Hal ini bertujuan supaya memudahkan ketika proses pembuatan polanya dan agar minyak yang lengkat pada kulit dapat hilang. Jika kulit mu cenderung berminyak, maka bisa membersihkannya dengan alkohol dan kapas.

Baca juga : Cara membuat NPWP dengan cepat dan bahan yang diperlukan

2. Tempatkan Ujung Kantong Henna di Atas Kulit

Cara Memakai Henna Gampang

Letakkan ujung kantong henna tepat di atas kulit kamu. Tujuannya yaitu agar henna tidak mudah tercecer atau tumpah. Kemudian, tekanlah dengan sedikit demi sedikit pada bagian atas kantong. Atau berada dibawah karet gelang dengan menggunakan ibu jari kamu.

Kemudian cairan henna akan keluar lewat bagian bawah yang sebelumnya sudah dilubangi Jika cairan henna susah untuk keluar, kamu bisa melebarkan ukuran lubang pada kantong tersebut dengan gunting atau yang lainnya. Akan tetapi, lubang tersebut jangan sampai terlalu besar karena dapat menyulitkan pada saat proses pemberian pola.

3. Buatlah Design atau Motif Henna Sesuka Kalian

Gambar Henna

Kamu bisa membuat rancangan sendiri atau kamu bisa melihat referensi desain atau motif henna di internet. Tapi tenang saja, kita juga menyediakan beberapa referensi motif henna di artikel ini. Kamu cukup scroll kebawah aja deh ?

Henna pada tangan dan kaki akan berwarna lebih gelap dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Hal tersebut dikarenakan pada bagian paling ujung biasanya lebih tebal kulitnya. Sedangkan pada bagian leher dan wajah biasanya tidak dapat terkena cat dengan baik. Karena kulit pada bagian ini bersifat tipis dan berminyak.

4. Diamkan Pola Hingga Kering

Henna Tangan

Henna yang bagus tidak terlihat seperti berminyak dan basah. Akan tetapi tidak boleh juga terlalu kering sehingga dapat retak atau pecah.

Baca juga : 10+ Panduan lengkap cara memilih laptop yang murah dan berkualitas

5. Semprotkan Lapisan Gel

Cara Menggunakan Henna yang Benar

Setelah kering, kemudian semprotkan 1 lapisan gel pada kulit yang sudah diberi pola dengan henna. Gel ini biasanya terdapat dalam botol pompa dan dapat digunakan untuk manata rambut. Kamu juga bisa membeli gel semprot di toko obat terdekat atau di super market pada bagian kesehatan dan kecantikan.

6. Keringkan Cairan Gel yang Telah Disemprotkan

Cara Memakai Henna Sederhana

Jika kamu telah selesai menyemprotkan gel ke seluruh gambar motif henna, kemudian gunakanlah pengering rambut untuk mengeringkan gel yang tadi telah disemprotkan ke kulit.

7. Semprotkan Lagi Lapisan Gel

Cara Menggunakan Henna Praktis

Setelah gel mulai kering, kemudian lapisi pola yang kamu buat dengan kain kasa agar lebih terlindung.

8. Lapisi Pola dengan Kain Kasa

Cara Menggunakan Henna Dengan Cepat

Tutuplah pola dengan kain kasa kurang lebih semalaman atau kurang lebih sekitar selama 12 jam.

9. Buka Lapisan Kain Kasa

Cara Bikin Henna di Tangan

Setelah semalaman atau kurang lebih 12 jam, bukalah lapisan kain kasa. Kemudian berilah lapisan lip balm, minyak kelapa, atau minyak zaitun pada pola yang sudah kamu buat.

10. Tambahkan Minyak

Cara Memakai Henna

Langkah yang terakhir yaitu menghilangkan serpihan henna kering yang berlebih dengan menggunakan sabun. Hal ini bertujuan agar hasilnya terlihat lebih indah dan rapi. Kemudian jangan lupa juga untuk menambahkan minyak. Minyak tersebut berfungsi agar henna lebih tahan lama.

Gimana ? Mudah atau Sulit ? Jadi itulah penjelasan bagaimana cara membuat henna pasta sendiri. Semoga bisa di praktekkan deh dan selamat mencoba. 😉

Jika dari ulasan dara membuat henna diatas ada yang kurang paham, silahkan simak video tutorial berikut ini :

Contoh Gambar Henna

Nah, tibalah kita di bab ini. Jika dibab sebelumnya kita telah pelajari bersama mengenai cara membuat henna, kemudian disini kita akan lihat beberapa gambar henna paling cantik mulai dari yang pemula sampai yang paling Expert. Okay langsung saja kita simak kumpulan gambar henna terbaru berikut ini. Check it out !

Baca juga : 100+ Contoh desain undangan pernikahan paling unik dan lucu

Gambar Henna Tangan Sederhana

Gambar Henna Tangan Sederhana

Gambar Henna Tangan Sederhana

Gambar Henna Tangan Sederhana

Gambar Henna Tangan Sederhana

Gambar Henna Tangan Sederhana

Gambar Henna Tangan Sederhana

Gambar Henna Tangan Sederhana

Gambar Henna Tangan Sederhana

Gambar Henna Tangan Sederhana

Gambar Henna Simple dan Cantik

Gambar Henna Simple dan cantik

Gambar Henna Simple dan cantik

Gambar Henna Simple dan cantik

Gambar Henna Simple dan cantik

Gambar Henna Simple dan cantik

Gambar Henna Simple dan cantik

Gambar Henna Simple dan cantik

Motif Henna Mehndi

Motif Henna Mehndi

Motif Henna Mehndi

Motif Henna Mehndi

Motif Henna Mehndi

Motif Henna Mehndi Motif Mehndi

Motif Mehndi

Motif Mehndi

Motif Mehndi

Motif Mehndi

Gambar Henna Pengantin

 

Gambar Henna Pengantin

Gambar Henna Pengantin

 

Gambar Henna Pengantin

Gambar Henna Pengantin

Gambar Henna Pengantin

Gambar Henna Pengantin

Gambar Henna Pengantin

Gambar Henna Pengantin

Motif Henna Bunga

Motif Henna Bunga

Motif Henna Bunga

Motif Henna Bunga

Motif Henna Bunga

Motif Henna Bunga

Motif Henna Bunga

Motif Henna Bunga

Motif Henna Bunga

Motif Henna Bunga

Nah, itulah tadi sedikit penjelasan mengenai Henna, mulai dari cara pembuatannya hingga anekaragam motif yang bisa digunakan. Gimana, mudah bukan ? Jangan lupa langsung untuk dipraktekkan ya. Dan mungkin hanya itu dulu yang bisa saya bagikan di kesempatan kali ini, dan bisa disambung dilain kesempatan. Semoga yang sedikit ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Kemudian boleh juga loh kumpulan gambar henna diatas kalian jadikan sebagai referensi untuk membuat motifnya. Sekian dan Terimakasih … 😉

Leave a Comment

%d bloggers like this: