√ Bacaan Doa Sholat Tahajud Beserta Tata Cara dan Keutamaannya

Doa Sholat Tahajud – Hallo sobat sekalian, gimana kabar kalian kali ini ? Semoga tetap sehat selalu dan baik-baik saja. Jika pada kesempatan sebelumnya kita telah mengulas sedikit tentang niat puasa ramadhan dan puasa senin kamis. Nah untuk kesempatan yang baik ini kita akan membahas sedikit mengenai sholat tahajud secara lengkap dan detail.

Tentunya banyak diantara kita yang sudah tahu secara betul tentang apa itu sholat tahajud. Bagi kalian yang masih belum tahu mengenai sholat tahajud, di kesempatan ini akan kita bahas lebih lengkap lagi. Tak usah berlama-lama, mari langsung saja kita bahas bersama-sama tentang sholat tahajud secara lengkap dan detail berikut ini.

Sholat Tahajud

Apa sih itu Sholat Tahajud ? Betul sekali, sholat tahajud merupakan salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam hari. Terdapat banyak sekali keutamaan yang akan didapatkan jika seseorang dapat melaksanakan sholat tahajud ini. Meskipun hukum dan pangkatnya hanya sunnah, akan tetapi untuk bisa mengerjakannya dengan istiqomah tidaklah mudah, karena dibutuhkan proses dan waktu untuk lebih membiasakannya.

Meskipun sulit, banyak para ulama yang menyebutkan bahwa pada pelaksanaannya tersebut memiliki banyak sekali keunggulan dan keutamaan yang lebih.  Seperti yang sudah dijelaskan oleh para Ulama Ahli Fiqih bahwa orang yang melaksanakan sholat tahajud dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT akan memiliki berbagai keistimewaan dan kelebihan yang jarang dijumpai kebanyakan orang.

Didalam bahasa Arab, kata tahajud ditulis dengan huruf “tahajjud”, dari kata dasar “hajada” yang memiliki arti “tidur” atau bisa juga “sholat di malam hari”. Adapun orang yang melaksanakan sholat tahajud sendiri disebut dengan “haajid”. Dengan demikian sholat tahajud dapat diartikan sebagai sholat yang dilakukan ketika malam hari setelah tidur.

Niat Sholat Tahajud dan Artinya

Perlu kalian ketahui juga bahwa didalam pembacaan Niat Sholat Tahajud ini bisa dilakukan dengan diucapkan dengan lisan secara lirih atau hanya dalam hati saja.

Sebagaimana semua ulama telah bersepakat bahwa tempat niat yaitu di dalam hati. Niat dengan hanya mengucapkan di lisan saja belum dianggap cukup. Mengucapkan niat bukanlah suatu syarat. Artinya, tidak harus melafalkan niat. Namun menurut jumhur ulama selain madzhab Maliki, hukumnya sunnah dalam rangka membantu hati menghadirkan niat.

Sedangkan dalam madzhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafalkan niat karena tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Nah, untuk bacaan niat sholat tahajud sendiri bisa kalian perhatikan lafalnya berikut ini :

lafal niat sholat tahajud dan artinya

Artinya : “Aku (berniat) shalat tahajud 2 rakaat karena Allah Ta’ala”.

Tata Cara Sholat Tahajud

tata cara sholat tahajud yang benar

Berikut ini tata cara dan rukun dalam pelaksanaan sholat tahajud. Langsung saja berikut tatacara sholat tahajud :

  1. Mengucapkan niat sholat Tahajud pelan dan menghayati artinya dalam hati
  2. Mengucapkan takbir (Allahhuakbar) sambil mengangkat kedua tangan ke atasseperti takbir sholat biasanya
  3. Membaca doa iftitah. Karena sifatnya sunnah, akan lebih baik apabila dilakukan
  4. Membaca surat Al-fatihah.
  5. Membaca surat pendek Al Quran seperti An-Nas, Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau surat lainnya dalam Al Quran.
  6. Melakukan gerakan ruku’, i’tidal, sujud, hingga salam sambil membaca bacaan untuk gerakan tersebut.
  7. Untuk rakaat selanjutnya, ikuti langkah 2-6
  8. Setelah salam, Anda disunahkan membaca wirid, tasbih, tahmid, takbir, sholawat, istigfar, dan doa sholat tahajud

Baca juga : Bacaan doa sholat dhuha beserta arti dan keutamaannya

Jumlah Rakaat Dalam Sholat tahajud

Setelah mengetahui bacaan niat sholat tahajud dan tata caranya, dibab ini akan dibahas mengenai jumlah rakaat pada sholat tahajud. langsung saja mari kita bahas bersama-sama.

Dalam sholat tahajud, jumlah minimal rakaat dalam sholat tersebut yaitu dua rakaat satu kali salam. Sedangkan untuk batas maksimalnya tidak ditentukan atau sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Kemudian setelah melaksanakan sholat tahajud Rasulullah SAW melakukan sholat witir dengan 1 atau 3 rakaat. Disisi lain Rasulullah juga pernah melaksanakan shalat tahajud yaitu 8 rakaat dan 3 rakaat witir. Namun Beliau juga pernah melaksanakan sholat tahajud sebanyak 8 atau 10 rakaat dengan 1 rakaat witir.

Sholat tahajud dianjurkan untuk dilaksanakan dengan dua rakaat satu salam. Sedangkan, aturan untuk pelaksanaan sholat witirnya disesuaikan dengan jumlah rakaat yang dilaksanakan.

Misalnya, untuk 3 rakaat witir, ada dua opsi pilihan yang bisa dilakukan. Pertama, 3 rakaat sekaligus dengan 1 salam. Kedua, 2 rakaat dahulu lalu salam kemudian 1 rakaat lalu salam.

Doa Sholat Tahajud dan Artinya

bacaan doa sholat tahajud beserta artinya

Apabila belum bisa membaca bahasa Arab, silahkan baca Doa sholat tahajud dalam teks latin di bawah ini

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Arti Doa Sholat Tahajud

Di bawah ini adalah arti doa sholat tahajud dalam bahasa Indonesia

“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Baca juga : Kumpulan kata kata inspirasi hidup dan motivasi [Terbaru]

Waktu Sholat Tahajud

jam sholat tahajud

Mengenai waktu pelaksanaan sholat tahajud ini telah banyak sekali panduan yang bisa kalian praktikkan. Namun secara umum sholat tahajud sendiri dilaksanakan setelah sholat isya’ dan bangun tidur.

Lebih detailnya lagi, sholat tahajud bisa dilaksanakan pada tiga pilihan. Pertama, yaitu pada awal malam atau lebih tepatnya yaitu diantara waktu isya’ dan pukul 10 malam. Pada waktu ini biasanya disebut dengan sepertiga malam yang pertama. Selain itu ada juga para sahabat yang melaksanakan sholat tahajud pada waktu tersebut.

Waktu yang kedua untuk melaksanakan sholat tahajud yaitu antara pukul 10 malam sampai pukul 1 pagi. Pada waktu pelaksanaan ini disebut dengan sepertiga malam yang kedua atau dua pertiga malam.

Kemudian pilihan sholat tahajud yang terakhir yaitu berlangsung antara jam 1 pagi sampai menjelang subuh. Adapun pada waktu tersebut biasanya disebut dengan sepertiga malam yang terakhir.

Perlu kalian ketahui juga bahwa banyak para ulama yang menyebutkan bahwa pada waktu sepertiga malam yang terakhir ini adalah saat yang paling tepat untuk melaksanakan sholat tahajud. Bahkan telah disebutkan juga didalam hadits bahwa bahwa setiap hamba yang berdoa pada waktu tersebut diibaratkan seperti panah yang mengarah tepat pada sasarannya. Artinya yaitu jika kita berdoa pasti akan dikabulkan.

Hal ini sebagaimana sebuah hadist Nabi yang mengungkapkan bahwa sepertiga malam terakhir merupakan waktu dimana rahmat Allah turun langsung ke bumi sehingga doa yang dipanjatkan akan dikabulkan, permintaan akan diberikan, serta permohonan ampun akan diampuni oleh Allah SWT.

Keutamaan Sholat Tahajud

keutamaan sholat tahajud

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sholat tahajud merupakan salah satu ibadah sholat sunnah yang terdapat banyak sekali keutamaan-keutamaan didalamnya. Meskipun memanglah sulit sekali untuk menjalankannya, tetapi Allah akan memberikan pahala yang besar bagi siapa pun yang melaksanakan dengan ikhlas hanya karena Allah semata.

Nah, berikut ini beberapa keutamaan dari sholat tahajud yang bisa kita dapatkan jika kita melaksanakannya dengan ikhlas karena Allah SWT semata.

Doa akan dikabulkan oleh Allah SWT 

Salah satu keutamaan dari sholat tahajud yang satu ini tidak perlu kita ragukan lagi. Sebagaimana yang telah disampaikan didalam hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad.

Bahwasannya didalam hadits tersebut disampaikan bahwa Jabis R.A berkata bahwa beliau pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda : “Sesungguhnya seorang muslim yang memohon kebaikan dunia akhirat kepada Allah di malam hari itu, Allah akan mengijabah (mengabulkan) doanya. Terlebih lagi, hal ini bisa dilakukan setiap malam.”

Sholat sunnah yang paling utama setelah sholat wajib

Sebagaimana yang telah disampaikan dalam HR Muslim bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda mengenai sholat tahajud ini. Sabda Rasulullah SAW yaitu bahwa seutama-utamanya sholat sesudah shalat fardu adalah shalat sunnah di malam hari.

Dijanjikan Surga oleh Allah SWT

Hal ini sebagaimana dalam HR Tirmidzi bahwa Abdullah bin Salam berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Hai sekalian umat manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makanan, serta sholat malamlah ketika manusia sedang tidur agar kamu selamat dan masuk surga.”

Baca juga : 1000+ Kumpulan ucapan idul fitri untuk keluarga, sahabat dan teman paling menyentuh hati

Diangkat derajatnya ke tempat yang terpuji

Mengenai keutamaan yang satu ini sebagaimana telah disebutkan didalam Al Qurdan pada surah Al Isra ayat 79 berikut ini :

manfaat sholat tahajud

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (Q.S Al Isra’ : 79)

Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Mengenai hal ini telah disampaikan dalam hadits Rasulullah SAW, bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam, karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang sholeh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa” (H.R Tirmidzi, Al Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwan Al Ghalil)

Mendapatkan banyak sekali kemuliaan

Dalam hal ini sebagaimana telah disampaikan dalam hadits Rasulullah SAW, bahwasannya beliau pernah bersabda : “Barang siapa yang melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tertib dan rapi, maka Allah SWt akan memberikan 9 macam kemuliaan : 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat nanti.”

Menjauhkan diri dari kelalaian hati

Penjelasan mengenai keutamaan sholat tahajud yang satu ini telah disampaikan oleh Rasulullah dalam sabdanya yaitu : “Barang siapa mengerjakan sholat pada malam hari dengan membaca seratus ayat, maka ia tidak akan dicatat sebagai orang yang lalai. Dan apabila membaca dua ratus ayat, maka sungguh ia akan dicatat sebagai orang yang selalu taat dan ikhlas.” (Al-Hakim dalam kitab Al Mustadrak)

Meringankan lamanya berdiri pada hari kiamat

Keterangan ini sesuai yang pernah diungkapkan oleh Ibnu Abbas RA, bahwa ia pernah berkata : ” Barang siapa yang senang bila lamanya berdiri di hari kiamat diringankan oleh Allah SWT, maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah dimalam hari dengan bersujud dan berdiri mengingat hari akhir.” (Ibnu Jarir Ath-Thabrani, tafsir Ibnu Jarir)

Mencegah perbuatan dosa dan menghapus kejahatan

Sebagaimana sabda dari Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Ummah Al-Bahli yang berbunyi : “Hendaklah kalian mengerjakan qiamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang sholeh sebelum kalian, mendekatkan diri kepada Allah SWt, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyekit dari badan.” (Diriwayatkan At-Tirmidzi, Al-Hakim)

Wajahnya akan selalu berkilau dan bercahaya

“Mengapa orang yang bertahajud di malam hari memiliki muka yang bagus ?”. Hasan Basri menjawab : “Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, kemudian Allah SWT memberikan kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya.” (Al-Maqri Qiaamallail).

Dijamin masuk surga

Mengenai keutamaan sholat tahajud yang satu ini telah disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunyi : “Wahai manusia, sebarkanlah salam, berimakanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat.” (H.R Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi).

Nah, itulah tadi uraian mengenai doa sholat tahajud beserta beberapa penjelasan lainnya mengenai, tata cara sholat tahajud hingga keutamaan sholat tahajud itu sendiri. Semoga yang sedikit ini bisa menambah pengetahuan kita semua dan tentunya bermanfaat. Terima Kasih… 🙂

Leave a Comment

%d bloggers like this: