21+ Contoh Surat Pribadi dengan Penulisan yang Benar Beserta Penjelasannya

Contoh Surat Pribadi – Pada zaman dahulu, untuk memberikan suatu kabar kepada keluarga, sahabat, kekasih, dan lain sebagainya hampir semua orang selalu melakukan kegiatan surat menyurat. Namun di era yang serba canggih ini sudah sedikit sekali, bahkan hampir tidak ada orang yang melakukan kegiatan surat menyurat seperti dulu.

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk sekarang ini kebanyakan semua orang sudah menggunakan smartphone sebagai sarana untuk memberikan suatu informasi kepada orang lain. Akan tetapi disisi lain ternyata masih ada sebagian orang yang tetap menggunakan surat, contohnya surat resmi, surat kuasa, surat pengunduran diri, surat dinas dan lain sebagainya.

Namun di zaman yang serba canggih ini tidak menutup kemungkinan bagi kalian untuk tidak menggunakan surat. Perlu kalian ketahui bahwa dengan mengirimkan surat kepada keluarga, sahabat, kekasih, dan orang-orang terdekat kita merupakan salah satu bentuk empati kita kepada orang yang kita sayangi.

Selain itu orang yang menerima surat dari kita akan lebih merasa dihargai. Apalagi jika orang tersebut merupakan orang yang mungkin paling kita sayangi, pastinya akan lebih senang dengan mendapatkan surat dari kalian.

Kemudian jika kita ingin memberikan suatu kabar atau informasi kepada orang yang di daerahnya belum ada koneksi internet, makan dengan adanya surat ini akan membantu sekali dalam menyampaikan suatu informasi atau kabar.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai surat menyurat, terutama untuk surat pribadi. Bagi kalian yang masih penasaran tentang surat pribadi, langsung saja simak penjelasan contoh surat pribadi beserta keterangannya dengan lengkap.

Pengertian Surat Pribadi

contoh surat pribadi beserta cara membuatnya

Mungkin diantara kalian masih ada yang bingung tentang apa itu surat pribadi, atau bahkan ada yang sudah sudah tahu surat pribadi namun belum tahu contohnya yang benar itu seperti apa. Agar lebih paham, berikut penjelasan surat pribadi.

Perlu kalian ketahui bahwa surat pribadi merupakan sebuah surat yang sengaja dibuat oleh seseorang dengan tujuan memberikan suatu informasi dirinya kepada orang lain.  Adapun untuk penulisannya itu sendiri jumlah katanya tidak dibatasi. Namun biasanya pada jenis surat yang satu ini harus terdapat beberapa hal, contohnya tanggal, alamat tujuan, kata sapaan, pembukaan, isi , penutup serta yang terakhir adalah nama pengirim surat dan tanda tangan.

Meskipun tidak memiliki aturan yang khusus seperti contoh surat pada umumnya, akan tetapi dalam penulisannya haru tetap menggunakan bahasa yang sopan, mudah dipahami dan juga komunikatif. Selain itu surat pribadi juga termasuk dalam jenis surat yang bersifat privasi atau hanya diketahui oleh dua orang saja.

Tak hanya digunakan untuk sekedar memberikan sebuah kabar saja, namun banyak juga orang yang membuat surat pribadi yang berisi tentang isi perasaannya dalam suatu keadaan dengan tujuan agar orang yang menerima orang tersebut juga ikut merasakannya.

Namun seperti yang telah kita ketahui bahwa di zaman sekarang ini kebanyakan orang lebih memilih untuk tidak menggunakan surat pribadi lagi sebagai sarana untuk memberikan kabar kepada orang lain, melainkan dengan smartphone. Hal ini dikarenakan sebuah surat memiliki banyak sekali kelemahan yang salah satunya yaitu sebuah informasi yang kita berikan kepada orang lain akan lama diterima oleh orang yang kita tuju.

Salah satu hal yang menyebabkannya adalah masalah jarak. Dengan demikian orang akan lebih memilih menggunakan Telephone, SMS, Email, Whatsapp, BBM, Facebook dan sarana yang lainnya.

Walaupun tidak sama persis dengan surat pribadi pada umumnya, akan tetapi setidaknya beberapa aplikasi diatas sangat membantu banyak orang untuk menyampaikan suatu informasi dengan cepat. Selain diketik ada juga contoh surat pribadi

Baca juga : 100+ Macam contoh iklan yang unik dan keren

Ciri Ciri Surat Pribadi

Perlu kalian ketahui bahwa terdapat banyak sekali ciri-ciri dari surat pribadi pada umumnya, akan tetapi diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Selalu mengandung kata sapaan yang sifatnya privasi. biasanya kalimat yang mengandung hal tersebut berada di bagian atas surat.
  • Kalimat atau kata yang dipakai yaitu tidak terlalu resmi atau bahasa sehari-hari yang sering digunakan. Dengan catatan harus tetap sopan, santun dan juga mudah untuk dipahami orang lain.
  • Menggunakan beragam bahasa dalam penyampaiannya, tergantung orang yang menerima surat tersebut.
  • Tetap menggunakan kata sapaan, sama halnya kita sedang bertemu langsung kepada orang lain.
  • Bagi penulis surat hendaknya menggunakan kata ganti orang kedua. Sementara untuk penerima surat lebih baiknya menggunakan kata ganti orang kedua juga.
  • Untuk penulisan salam pembuka, isi sampai penutup lebih baiknya menggunakan bahasa yang non formal atau tidak terlalu resmi.
  • Format penulisan surat pribadi bersifat bebas, tergantung oleh penulisnya.
  • Pada bagian surat tidak terdapat kop dan nomor surat seperti pada contoh surat resmi umumnya.
  • Isi dalam surat tersebut ditulis untuk keperluan komunikasi dengan orang terdekat kita yang sedang tidak berada dalam satu tempat.

Tujuan Surat Pribadi

Untuk fungsi dari surat pribadi itu sendiri sebenarnya banyak sekali, tergantung oleh penulis surat. Dari sekian banyak fungsi dan tujuan dari surat pribadi salah satunya adalah untuk memberikan sebuah kabar atau informasi si penulis kepada teman, sahabat, atau orang dekat dengannya yang sedang berada di suatu tempat dan surah lama tidak bertemu.

Tujuan yang lainnya membuat surat pribadi yaitu untuk mengekspresikan suatu perasaan si penulis dalam kondisi tertentu kepada orang lain. Namun pada umumnya orang yang membuat surat dengan tujuan yang seperti ini biasa dilakukan oleh kalangan perempuan. Kalian bisa lihat sendiri bagaimana seorang perempuan jika sudah bertemu.

Meskipun setiap hari mereka bertemu, pasti ada saja yang dibicarakan, apalagi yang sudah lama tidak bertemu, pasti ada beribu-ribu kata yang akan dituliskan. hehe…

Bagian bagian Surat Pribadi

pengertian dan contoh surat pribadi

Meskipun surat pribadi bukan termasuk dalam jenis surat resmi, akan tetapi dalam penulisannya haruslah tetap memperhatikan beberapa bagian tertentu. Nah, pada bab kali ini akan kami jelaskan mengenai beberapa bagian penting yang ada di dalam surat pribadi. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Sama seperti beberapa contoh surat ada umumnya, pada jenis surat yang satu ini penting juga bagi kalian untuk tetap mencantumkan tempat dan tanggal pembuatan surat yang kalian buat. Pada bagian ini merupakan salah satu hal yang tidak boleh sampai terlupakan dalam membuat surat pribadi.

Pada umumnya penulisan tempat dan tanggal tersebut ditulis pada bagian paling atas dan di sebelah kanan atau kiri pada surat. Dalam penulisan tempat dan bulan pun harus diawali dengan huruf kapital.

Adapun untuk pemisah antara tempa dan tanggal berupa tanda koma dan diakhiri dengan tanda titik. Selain itu jika kalian menulis surat pribadi dengan cara diketik, maka penulisan pada bagian ini harus dicetak tebal.

Contoh penulisan :

  • Bandung, 4 Mei 2017 Atau
  • Bandung, 4-5-2017 Bisa juga
  • Bandung, 4/5/2017

Dari contoh diatas bisa juga kalian variasikan sendiri sesuai dengan keinginan anda.

2. Alamat Penerima

Setelah penulisan tempat dan tanggal pembuatan surat selesai, bagian selanjutnya adalah alamat penerima surat. Biasanya pada bagian tersebut juga disertakan nama penerima surat. Dalam penulisannya, pada bagian ini diawali dengan menuliskan nama penerima terlebih dahulu.

Selain itu dalam penulisannya juga perlu untuk kalian tambahkan beberapa nama sapaan, contohnya seperti sahabatku, teman lama ku atau yang lainnya. Kemudian untuk penulisan nama kota didalam surat pribadi, kita juga bisa menggunakan julukan kota yang akan kita tulis. Sebagai contohnya misalkan Malang kota pelajar, Yogyakarta kota pelajar, Bogor kota hujan atau bisa juga yang lainnya.

Contoh penulisan alamat dalam surat pribadi :

Kepada Sahabatku Aulia Rizqi

Di Yogyakarta

atau bisa juga :

Untuk Teman Lama ku Anissa Ichaa

Di Jakarta

Selain beberapa contoh penulisan alamat surat pribadi diatas, bisa juga kalian variasikan sesuai dengan keinginan kalian, dengan catatan harus sopan dan mudah dipahami.

3. Kata Sapaan

Bagian surat pribadi setelah alamat penerima surat yaitu kalimat sapaan. Dalam penulisan dibagian ini harus bersifat non formal atau dengan bahasa yang digunakan sehari-hari agar terlihat lebih akrab. Namun meskipun menggunakan kalimat yang sering digunakan, tetapi dalam penulisannya tidak boleh terdapat unsur kalimat yang nantinya akan menyinggung penerima surat.

Nah, berikut ini beberapa contoh penulisan kata sapaan dalam surat pribadi yang barangkali bisa kalian jadikan referensi dalam menulis surat pribadi, berikut contohnya :

  • Hai Sahabatku,
  • Salam Manis,
  • Salam Kangen,
  • Assalamu’alaikum,
  • Temanku Yang Imut,
  • Hai Manis,
  • Hai Cantik,
  • Kakakku Yang Ganteng
  • dan lain sebagainya.

Baca juga : 21+ Contoh kata pengantar dengan penulisan yang benar

4. Paragraf Pembuka

Sama seperti beberapa contoh surat pada umumnya, didalam surat pribadi juga terdapat paragraf pembuka. Akan tetapi paragraf pembuka dalam surat pribadi ini berbeda dengan contoh surat resmi pada umumnya.

Pada umumnya paragraf pembuka didalam surat pribadi ini berisi tentang ekspresi luapan rasa rindu, menanyakan kabar atau yang sebagainya. Adapun untuk penulisan pada bagian ini kalian tidak perlu menggunakan kalimat yang terlalu formal, melainkan dengan bahasa yang sering digunakan sehari-hari.

Selain itu pada bagian ini juga bisa kalian isi dengan beberapa kalimat basa-basi yang bertujuan agar merasa akrab kembali setelah dari sekian lama tidak ada kabar bahkan tidak bertemu.

5. Bagian Isi

Bagian selanjutnya yaitu isi surat. Pada bagian ini merupakan hal yang paling inti seseorang untuk membuat surat pribadi. Biasanya dalam isi surat ini berisi tentang maksud dan tujuan penulis membuat surat untuk calon penerima. Sebagai contohnya pada bagian ini bisa kalian isi dengan mengutarakan semua uneg-uneg dan suatu hal yang sedang kalian alami pada saat itu, contohnya meluapkan rasa kangen, sekedar pemberitahuan kabar atau yang lainnya.

Namun kalian juga bisa mengisi bagian ini dengan menceritakan masalah kalian ulai dari yang terpenting sampai yang tidak perlu untuk disampaikan sekalipun. Dalam penulisannya, pada bagian isi surat ini kalian tidak perlu menggunakan kalimat yang formal. Dengan catatan tulisan yang kalian tulis didalam surat tersebut dapat dipahami oleh penerima surat.

6. Paragraf Penutup

Pada bagian ini merupakan bagan akhir dalam suatu surat. Didalam paragraf penutup pada surat pribadi ini biasanya berisi tentang permohonan maaf kepada penerima surat. Selain itu bisa kalian tambahkan beberapa kalimat ucapan terimakasih dan sebuah harapan.

Untuk penulisannya, pada bagian ini sebaiknya tidak ditulis secara panjang lebar, hal ini karena akan bisa merusak kerapian surat. Kalian hanya cukup membuat paragraf penutup dengan 2-3 kalimat saja.

7. Nama Pengirim dan Tanda Tangan

Bagian ini merupakan bagian surat yang paling akhir. Biasanya bagian nama pengirim dan tanda tangan berada di posisi paling bawah di pojok kanan surat. Namun bisa juga kalian tulis pada bagian kiri bawah surat.

Untuk penulisan nama dan tanda tangan bisa kalian tulis dengan singkat saja. Banyak sekali orang yang lupa mencantumkan tanda tangan pada bagian ini. Meskipun surat ini tidak bersifat resmi, namun untuk tanda tangan juga perlu sekali untuk tetap dicantumkan.

Contoh Surat Pribadi

Bagi kalian yang masih bingung tentang penjelasan surat pribadi diatas, pada bab ini kami paparkan beberapa contoh surat pribadi dengan penulisan yang benar. Langsung saja berikut contoh surat pribadi yang barangkali bisa kalian jadikan referensi dalam membuat surat.

Baca juga : 10+ Penulisan contoh surat perjanjian jual beli yang benar

Contoh Surat Pribadi untuk Keluarga

Untuk Keluargaku Tercinta
di tempat

Assalamualaikum wr. wb
Hai Ayah, ibu dan kakak-kakakku yang cantik, bagaimana kabar kalian semua. Ari harap semua dalam keadaan yang sehat ya. Ayah, apa ibu masih suka batuk-batuk? Jika masih, jangan terlalu lelah lagi ya ibu.

Sebenarnya tujuan Ari mengirim surat ini karena ada kabar gembira, jadi rasanya tidak lengkap jika tidak Ari sampaikan kepada Ayah, ibu dan kakak-kakakku yang cantik dirumah. Alhamdulillah skripsi Ari sudah kelar, jadi bulan depan InsyaAllah sudah bisa sidang, dan beberapa bulan kedepan sudah bisa wisuda. Ari sudah sangat merindukan kalian semua, terutama sama Ibu 🙁 Doakan supaya semuanya lancar ya biar kita bisa segera berkumpul lagi sama-sama.

Sekian dulu ya surat dari Ari.

Anakmu

Ari

Contoh Surat Pribadi Pendek untuk Sahabat

penulisan contoh surat pribadi

Semarang, 15 Juni 1990

Untuk sahabtku tersayang
di Bandar Lampung

Assalamuaialkum . .

Hay Santi, Alhamduliliah aku baik-baik saja di sini. Dan aku bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kau benar sudah lama kita tidak bertemu lagi. Pasti dong aku bertambah tinggi, hehe. Aku sudah tidak sabar untuk bertemu denganmu. Aku sangat yakin kalau kamu semakin cantik sekarang. Mengenai kehidupanku di sini, aku sangat betah tinggal di sini. Namun tau tidak? pada awalnya aku sulit beradapatasi dengan dinginnya cuaca Semarang, tak heran mereka menyebutnya sebagai kota hujan karena hampir setiap hari hujan turun di Semarang.

Aku juga merindukanmu. Aku kangen suasana di kampung dan semua teman-teman di sana. Bahkan semalam aku bermimipi kita sedang main bersama kembali hhee. Oh iya, aku punya kabar bagus buatmu. Kalau aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasiswa di jurusan pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia melalui jalur prestasi. Aku berkompetisi dengan hampir 500 pendaftar dan aku bersyukur bisa menjadi peserta yang diterima. Oleh karena itu, kamu harus termotivasi juga untuk masuk di Universitas yang kau bilang terbaik ini.

Belajar yang giat dan jangan lupa berdoa kepada tuhan agar kau diberikan kemudahan. Aku juga akan mendoakanmu disini. Aku tunggu kamu di Universitas Indonesia ya? Semangat.

Saya kira cukup sampai di sini suratku untuk mu. Mamah, papah dan Adek Ani menitip salam kepadamu. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT.

Wassalamuaalikum . .

Sahabatmu,

ttd
Anissa

contoh surat pribadi untuk sahabat kecil

Contoh Surat Pribadi kepada Saudara

Jakarta, 4 Agustus 2013
Untuk sepupuku tersayang
Di Medan
Assalamualaikum…
Hay Ratna, syukur Alhamdulillah kabar aku disini baik-baik saja. Dan Alhamdulillah kabar kamu disana juga baik-baik saja kan. Kamu benar, sudah lama kita tidak bertemu, pasti dong aku bertambah cantik dan pintar, hihi. Rasanya sudah tidak sabar ingin bertemu denganmu. Kamu pasti sudah sangat cantik juga sekarang, aku yakin itu. Mengenai kehidupanku disini, aku sangat betah dan menyenangkan. Tapi, pada awalnya aku sangat sangat sulit beradaptasi dengan cuaca Jakarta, pantas saja mereka menyebutnya dengan kota hujan karena hampir setiap hari hujan membasahi kota Jakarta.
Aku juga sangat merindukanmu. Aku kangen dengan suasana di kampung dan semua keluarga di sana, bahkan aku semalam bermimpi kita sedang liburan bersama ke Bandung, shopping bersama, ah sangat menyenangkan, tapi itu cuma mimpi.
Oh iya, aku punya cerita bagus buatmu. Kalo aku sudah diterima oleh Universitas Indonesia sebagai mahasiswa di jurusan pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris melalui jalur prestasi, aku berkompetisi dengan hampir 600 pendaftar dan aku sangat bersyukur menjadi salah satu peserta yang diterima. Jadi kamu harus termotivasi juga untuk melanjutkan study di Universitas King Abdul Azis yang kamu bilang ternama itu.
Yang penting, kamu harus belajar yang rajin dan jangan lupa berdoa selepas shalat lima waktu, berdoa kepada Allah supaya diberi kemudahan dalam menggapai impianmu ke tanah Cairo. Aku disini juga akan mendoakanmu. Semangat ya.
Aku kira cukup sampai di sini dulu ya, semoga kita selalu dalam lindungan-Nya Amiin.
Wassalamualaikum…
Sepupumu
Shinta Rahmawati

Jogja, 23 September 2010
Untuk Mas Doni
Di Korea Selatan
Assalamualaikum.
Apa kabarmu disana Mas? Semoga selalu dalam lindungan-Nya, Amiin. Alhamdulillah kami sekeluarga disini baik-baik saja dan tambah sehat semua, cuma ada satu yang kurang, yaitu keberadaanmu disisi kami Mas. Keluarga disini sudah rindu ringan sama kamu Mas, bukan rindu berat yach ahaha.
Tapi kehadiranmu sangat dinanti-nanti disini, karna mama sudah menyiapkan calon istri buat kamu Mas, sudah tidak sabar ingin ngenalin sama kamu Mas. Perempuan ini cantik loh Mas, aku yakin dech pasti Mas mau menerimanya.
Oh iya Mas, aku udah jadian loh sama cowok yang aku ceritain hari itu sama Mas, dia betul-betul baik, perhatian, setia, pokonya the best lah Mas ahaha. Tidak sabar lah menunggu Mas pulang, aku punya banyak cerita untuk Mas. Perlu Mas tau, adikmu makin hari makin cantik loh hahaha. segera kembali ya Mas, pesanan aku tuh jangan sampe lupa hehe.
Sudah dulu ya Mas, kami semua selalu mendoakan yang terbaik buatmu Mas. Aku tidak menunggu surat balasanmu Mas, yang kutunggu adalah kepulanganmu hehe.
Adikmu Paling Gemesin
Dina Ayu

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Sukabumi, 13 April 2019
Buat Kak Putri
Di Jogja
Assalamu alaikum…
Apa kabar, Kak? Semoga sehat selalu. Gak kerasa ya udah hampir 2 tahun kita gak pernah ketemu. Maklum karena Kakak pasti sibuk dengan pekerjaannya dan aku juga lagi sibuk sama kuliahku. Apalagi semester ini aku mulai ngerjain skripsi. Mohon doanya semoga cepat kelar dan bisa wisuda tahun ini.
Oh ya, ayah dan ibu titip salam buat Kak Putri. Mereka udah mulai kangen berat sama cucunya di Malang. Liburan akhir tahun ini rencananya kami mau main ke Malang. Nanti ajak aku ke Bromo ya, Kak. Udah itu aja, sampai jumpa akhir tahun nanti.
Wassalamu alaikum…
Adikmu,
Sintya

Contoh Surat Pribadi Resmi

Jogja, 19 Januari 2012
Teruntuk Hanna Saputri
Di tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo Han, apa kabar? Sudah lama kita tidak bertemu, ya. Semenjak lulus SD, tidak ada kesempatan lagi untuk bertemu. Fi, bagaimana keadaanmu di SMP Negeri 155? Apakah kamu senang bersekolah di sana? Ya, di sana banyak teman kita.

Alhamdullillah, aku di SMP Negeri 115. Aku amat senang! Walaupun hanya tiga orang dari sekolah kita yang berhasil masuk Smabel. Tapi, di sini aku banyak mendapat teman baru yang amat baik dan juga kakak-kakak kelas yang sayang pada adiknya. Apalagi dengan kakak-kakak OSIS dan MPK. Wah, aku kagum sekali dengan Alyssa Haula Syaqilla! Kalau kamu mau mendengar pengalaman ku selama di Smabel, kamu boleh menanyakannya kepadaku. Atau, main saja ke rumahku.
Ngomong-ngomong, aku sangat rindu pada SD kita  dan teman-teman kita waktu SD. Apakah ada acara pertemuan atau reuni angkatan 31? Kalau tidak ada, kita buat acara sendiri saja, yuk. Undang teman-teman kelas 6A. Mumpung bulan Juni nanti banyak waktu liburan. Oh, iya kak Kahlil angkatan 30 yang pintar itu mencalonkan diri sebagai ketua OSIS lho!
Sekian dulu, ya! Sampai jumpa!
Sahabatmu,

Rindiana

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Inggris

Laila
Jln. Melati, 20
Makassar
Hi my companion, how are you there? I trust you are great. I miss you on the grounds that we have not met in quite a while. Do you miss me as well? On the off chance that you are out of town, I trust you can visit Lampung. I’m certain you will love it in light of the fact that it is an excellent city. I will take you to numerous spots like Kiluan inlet and to the most delightful places in Indonesia. I realize that you cherish surfing and I have such a variety of mystery spots for you to surf, so I prescribe you to visit here a few weeks.
Ideally we can meet soon, my closest companion.
Your companion,
Mariska
Terjemahan :
Laila
Jln. Melati, 20
Makassar 2030
Hello temanku, bagaimana kabarmu disana? Saya harap kamu baik-baik saja. Saya merindukanmu karena kita sudah lama tidak bertemu. Apakah kamu merindukanku juga? Jika kamu sedang berlibur, datanglah ke Lampung, saya yakin kamu akan menyukainya karena ini adalah kota yang indah. Saya akan membawamu ke banyak tempat sepert teluk kiluan hingga tempat berselancar yang paling indah di Indonesia. Saya tahu bahwa kamu sangat suka berselancar, sehingga saya merekomendasikanmu untuk berkunjung kesini beberapa minggu.
Semoga kita dapat berjumpa secepatnya, teman baikku.
Temanmu,
Mariska

contoh surat pribadi dan cara penulisannya

Contoh Surat Pribadi tentang Liburan

Bogor, 4 Desember 2013
Teman lamaku Muh Fadil
Di Palembang
Assalamualaikum Dill, apa kabarmu? Semoga kesehatan selalu menyertaimu. Alhamdulillah aku disini baik-baik saja. Aku kangen banget loh sama kamu hehe, kayak cewek-cewek aja kangen-kangenan segala haha. Peduli amat, iya kan? Orang kita juga bisa punya rasa kangen haha.
Eh, Fadilgimana liburan mu kemarin? Kamu tau gak, liburan ku begitu menyenangkan loh. Bayangin aja aku lagi berjalan sendirian di tepi pantai, terus tiba-tiba lewat seorang cewek yang cantik, tuh cewek betul-betul menarik perhatian aku loh haha. Langsung aku samperin loh, awalnya sih tuh cewek cuek banget, juteknya minta ampun. Tapi aku berhasil deketin dia, kamu tau kan aku ini rajanya ngegombal, sampe tukeran pin BBM segala loh. Untung saja gak ada kamu waktu itu, karena kamu lebih ganteng dari aku, otomatis tuh cewek pasti lebih milih kamu dari pada aku hoho.
Nah, itu cerita liburanku. Mana cerita liburanmu? Aku udah gak sabar pengen denger cerita liburan kamu seperti apa. Barang kali tidak menyenangkan haha.
Sekian dulu surat dari aku ya, kalo kamu tidak sibuk tolong sempatkan untuk membalas surat aku ya. Aku tunggu loh, inget tuh.
Sahabat Terbaikmu
Rahma Saputra

Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua

contoh surat pribadi kepada orang tua di kampung

Yogyakarta, 2 Juli 2018

Kepada

Mama dan Papa

Di Jakarta

Assalamualaikum wr. wb.

Mama Papa apa kabar? Semoga Mama, Papa, dan Nenek sehat selalu di sana. Alhamdulillah Nina di sini baik-baik saja.

Ma, Pa, liburan semester ini Nina tidak bisa pulang ke Samarinda. Ninasedang ada Kerja Praktik (KP) selama 1 bulan di sebuah perusahaan. Dan satu hal lagi, jika Mama dan Papa ada rezeki, Nina butuh kiriman uang bulan ini. Semoga Mama dan Papa maklum karena banyak hal yang harus Ninaurus selama Kerja Praktik ini.

Nina janji pada Mama dan Papa akan belajar dengan rajin agar Nina dapat nilai bagus dan bisa lulus tepat waktu. Nina rindu pada semua keluarga di Samarinda. Sekian dulu surat dari Nina, mohon doa restu dari Mama dan Papa semoga diberi kelancaran dalam melaksanakan KP.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Salam rindu dari ananda,

Nina Novita

penulisan contoh surat pribadi yang benar

Contoh Surat Pribadi untuk Teman

Malang, 2 Desember 2020
Untuk sahabatku Amelia Putri tersayang
di Tangerang

Assalamualaikum…
Hay Amel yang manis, Alhamdulillah aku dan keluargaku baik-baik saja di sini. Akupun bersyukur kabarmu juga dalam keadaan baik di sana. Kamu benar sudah lama kita tidak bertemu. Aku bukan saja sudah besar. Kini aku tumbuh menjadi gadis remaja dan semakin cantik tentunya hehe. Sama seperti dirimu, aku sekarang sudah kelas VI. Aku yakin kalau kamu juga semakin manis. Memang benar Mel, sekarang aku jadi artis cilik. Jadi artis itu ada enak dan tidaknya. Sebelumnya aku tidak pernah berpikir menjadi artis. Itu terjadi karena kebetulan. Kini hari-hariku disibukkan dengan jadwal syuting yang padat. Benar-benar sangat melelahkan. Aku hampir tidak memiliki waktu bermain sekarang.

Mel, mungkin kamu tidak tahu, disini aku juga merindukanmu. Aku selalu merindukan masa-masa kebersamaan denganmu seperti dulu. Aku kangen suasana di desa dan teman-teman semua. Trima kasih ya ternyata kado dariku masih kau simpan. Ketika membacanya, aku tertawa geli. Segitunya kau menyayangi si Bernard. Teganya kau samakan diriku dengan si Bernard hihihi.

Mel, kapan ke Jakarta ? Sekali-kali main dong kesini. Aku pasti mengajakmu jalan-jalan keliling Jakarta. Oh ya, aku punya kabar baik untukmu. Liburan semester tahun ini, InsyaAllah aku ke Kediri. Kamu tahu kan, Tante Hana, yang dulu sering mengantarkan aku les. Tante Hana ini akan menikah dengan orang Kediri. Aku bahagia banget. Karena kini aku punya keluarga di Kediri.

Aku rasa cukup sampai disini dulu ya Mel. Jangan khawatir, aku masih Marchellina yang dulu. Sahabat karibmu. Jarak dan waktulah yang memisahkan kita. Belajar yang rajin ya. Aku selalu mendoakanmu disini. Mama dan papa titip salam kepadamu. Jaga diri kamu baik-baik ya. Tunggu kedatanganku ! Sampai jumpa.

Wassalamualaikum…
Sahabatmu,
ttd

Rivan

Contoh Surat Pribadi Singkat

Jogja, 25 Mei 2011

Kepada sahabatku tercinta, Amanda
di Jakarta

Halooo Amanda, Apa kabar? aku harap kamu selalu dalam keadaan sehat di sana. Eh Amanda, aku sangat kangen denganmu. Kalau ada waktu, main dong ke tempatku, sepertinya kamu sibuk sekali sampai-sampai tidak pernah mengunjungi aku lagi. Sebenarnya kali ini aku yang ingin datang ke tempatmu, tapi karena suatu alasan sepertinya aku harus mengurungkan niatku.

Amanda, kamu masih ingatkan dengan Sonya, teman lama kita? Ada kabar baik yang datang darinya bahwa minggu depan dia akan melaksanankan pernikahan. Dia pun mengundang aku dan berharap kamu bisa menghadirinya. Oh iya, satu lagi, terimakasih ya atas hadiah yang kau berikan kepadaku kemarin. Aku sangat menyukainya. Ternyata kamu tidak lupa dengan warna favoritku.

Sudah dulu ya, lain waktu kita sambung kembali.

Sahabatmu,

ttd
Aulia Rizqi

Contoh Surat Pribadi untuk Teman

Padang 1 April 2015
Untuk Sahabatku Ayuk
di Bogor
Assalamualaikum,
Hay Ayuk, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SMP dan sekarang kita sudah mau lulus SMA. Pasti kali ini kau sudah bertambah tinggi atau bahkan sudah lebiih tinggi daripadaku. Eh, bagaimana keadaanmu di Bogor? apakah benar yang sering dikatakan bahwa Bogor adalah kota hujan?
Dina, sebenarnya aku menulis surat ini karena akau sangat kangen kepadamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, ketika saling menghabiskan waktu dan bercanda, Kapan ya masa-masa itu akan terulang kembali? Dina aku juga ingin mengabarkan kepadamu bahwa setelah lulus dari SMA ini aku akan melanjutkan pendidikanku di Universitas Indonesia. Aku telah lama ingin kuliah di salah satu universitas terbaik di negeri ini. Tolong bantu aku doa ya? Lalu bagaimana denganmu ? Mudah-mudahan kita bisa belajar bersama lagi di sana.
Sudah dulu ya, sampaikan salamku kepada ayah, ibu dan Ara di sana. Aku tunggu kabar darimu dan semoga kita bisa segera bertemu.
Wassalamualaikum . .
Sahabatmu
ttd
Ratna Sari

Contoh Surat Pribadi Bahasa Sunda

Bandung, 17 januari 2018
 

Kahatur: riska
Di kedung badak
Kota bogor.

Assalamualaikum ris, kumaha kabar anjeun ayena, damang?? Mugi wae damang salawasna, sareng keluargi oge mugia dina kaayaan sehat walafiat, sarta dilindungan ku allah swt. Amin.

Kumaha ayena ris sakola di bogor teh pikabeutaheun teu? pasti tos seueur rerencangan anu anyar yeh, tapi kahade ulah hilap ari ka abdi mah ris.

Ayena abdi alhamdullilah sakola di SMPN…, nu caket sareng bumi, nu penting mah dimana wae sakolana urang teh kudu rajin diajar, beh teu katinggaleun ku jaman modern sapertos ayena.

Ris, kadang mah abdi teh sok emut euy basa harita urang osok sasarengan di sakola SDN.. Urang harita mah sakelas bari jeung sok ocon bareng di kelas. Emm.. Mani sono, abdi janten hoyong kapendak pisan sareng riska.

Iraha ris, anjeun bade ameng deui ka bandung? Supados urang tiasa papendak paampok jonghok deui sasarengan. Ris, sakitu wae surat ti abdi, ulah hilap lamun aya waktos dibales suratna nya? Wassalamualaikum wr.wb

Salam sono,

Alina

Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Bandung, 17 Maret 2014

Salam hormat,
Assalamualaikum wr. wb.

Halo apa kabar Bapak Budi? Masih ingatkah Bapak dengan saya? Saya yakin Pasti Bapak tidak mungkin lupa dengan Saya. Saya adalah satu-satunya murid Bapak yang sama sekali tidak mengerti pelajaran Matematika. Dulu saya sering meminta waktu tambahan setiap pulang sekolah sama Bapak.

Masih ingatkah dengan janji saya Pak? Saya berjanji kepada Bapak kalau saya pasti akan bisa seperti Bapak. Dan sekarang Saya sudah membuktikannya Pak. Sekarang ini saya sudah menjadi guru matematika di salah satu SMP di kota Yogyakarta. Semua ini berkat bantuan Bapak. Terima kasih Pak untuk semuanya. Saat libur tiba nanti, saya akan kembali ke Medan, saya berharap dapat bertemu dengan Bapak. Apa Bapak masih tinggal di kediaman Bapak yang dulu?

Demikian surat dari saya Pak, saya menunggu balasan dari Pak. Terima kasih Bapak.

Salam dari muridmu,

Muh Fahmi Ramadhan

Nah, itulah tadi beberapa contoh surat pribadi yang mungkin bisa kalian jadikan referensi dalam membuat surat. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu dan bermanfaat. Terima Kasih… 🙂

Leave a Comment

%d bloggers like this: