√ 12 + Contoh Surat Penawaran Kerjasama | Barang | Jasa | Produk yang Baik dan Benar

Contoh Surat Penawaran – Pada bab sebelumnya kita telah membahas tentang berbagai contoh surat pernyataan dan pengunduran diri (resign), nah, untuk kesempatan kali ini kita akan mengulas lebih dalam lagi mengenai berbagai contoh surat penawaran. Bagi kalian yang belum tahu atau kurang paham dengan surat penawaran, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Sebelumnya, jika kalian seorang pengusaha atau bisnisman tentunya tidak asing lagi dengan jenis surat yang satu ini. Selain memiliki pengaruh yang besar, surat ini juga berfungsi untuk memasarkan jenis usaha atau produk kita agar laris dan laku dipasarkan. Untuk sekarang ini, surat penawaran ini banyak sekali digunakan oleh berbagai perusahaan atau perseorangan dalam menawarkan barang atau jasa.

Selain itu, surat ini juga dipakai untuk menawarkan kerjasama kepada orang lain. Dengan demikian surat ini masih sangat diperlukan dalam berbagai hal.

Kemudian untuk didunia bisnis, surat penawaran merupakan salah satu surat yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada orang atau perusahaan lain. Pada umumnya perusahaanlah yang bertindak sebagai distributor atau supplier dari barang tersebut.

Salah satu tujuannya tidak kain adalah agar pada saat menawarkan suatu barang atau jasa tersebut bisa berjalan dengan mudah dan lancar. Selain itu juga agar barang yang ditawarkan tersebut juga menjadi produk pilihan para konsumen untuk membeli dalam jumlah banyak.

Perlu kalian ketahui bahwa sebenarnya membuat surat penawaran untuk barang maupun jasa tergolong sangat mudah. Selama kalian memperhatikan beberapa poin penting dalam membuat surat penawaran dan apa saja yang perlu dicantumkan didalamnya, makan kemungkinan penawaran yang kalian ajukan kepada orang lain tersebut akan diterima.

Namun sebelum membuat surat penawaran, sebaiknya kalian ketahui lebih dalam lagi mengenai surat penawaran itu seperti apa. Nah, bagi kalian yang belum tahu atau kurang paham mengenai surat penawaran, silahkan  simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Surat Penawaran ?

Meskipun sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, namun banyak yang belum tahu secara jelas mengenai surat penawaran. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa surat penawaran memang sering digunakan oleh berbagai perusahaan atau perseorangan untuk menawarkan suatu produk atau jasa kepada para konsumen atau yang lainnya.

Pada umumnya surat penawaran ini dibuat setelah adanya surat permintaan calon konsumen atau distributor. Kemudian dengan adanya surat penawaran tersebut dapat berfungsi sebagai media kerjasama dalam aktivitas ekonomi. Tak hanya digunakan dalam kegiatan ekonomi saja, surat penawaran juga sering digunakan seseorang untuk mengajukan kerjasama kepada orang lain.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membuat Surat Penawaran

Agar surat penawaran yang kita tawarkan kepada orang lain dapat diterima, dalam penulisannya pun harus benar dan baik. Ada beberapa poin penting yang harus dilakukan ketika membuat surat penawaran terutama untuk suatu produk atau jasa. Agar ketika membuat surat penawaran menjadi baik dan benar, maka perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Nama Perusahaan penawar

Nama perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dicantumkan dalam surat penawaran. Dengan adanya nama perusahaan tersebut akan memudahkan para konsumen dalam mengetahui seperti apa jenis perusahaan yang kalian miliki. Namun alangkah baiknya lagi jika kalian cantumkan nomor telepon, dengan tujuan agar jika ada orang yang minat dengan produk anda, mereka bisa langsung menghubungi anda.

2. Jumlah kebutuhan

Dengan mencantumkan stok atau jumlah barang yang sekarang ini anda miliki merupakan suatu hal yang penting juga. Hal ini karena dengan adanya jumlah barang yang tersedia tersebut akan mempermudah para konsumen dalam mengetahui seberapa besar kesanggupan distributor dalam melayani kebutuhan pasar para konsumennya.

3. Merk Produk

Jika kita memiliki suatu produk, tentunya kalian memiliki suatu brand atau nama produk sendiri. Untuk nama produk tersebut tidak boleh sampai terlupakan dalam membuat surat penawaran.

4. Harga Khusus

Harga merupakan salah satu hal yang penting dalam berjual beli. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak orang yang membeli suatu produk karena harganya yang murah. Akan tetapi tidak sedikit juga yang membeli suatu barang karena kualitasnya yang bagus.

Dalam hal pengajuan surat penawaran ini, melampirkan harga termasuk hal yang sangat perlu sekali. Hal ini dikarenakan setiap calon konsumen pastinya menginginkan harga terbaik untuk produk yang akan diajak kerjasama antara konsumen dan distributor.

5. Syarat Pembayaran

Dengan memberikan ketentuan khusus dalam pembayaran juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Hal ini karena tidak semua pembeli ingin membayar lunas diawal. Dengan demikian bisa kalian terapkan beberapa opsi dalam pembayaran tersebut seperti DP, bayar ditempat, atau bisa juga dengan pembayaran kontan.

6. Cara Pengiriman

Didalam surat penawaran juga penting sekali untuk menyampaikan tentang cara pengiriman barang yang kita tawarkan tersebut. Dengan begitu akan lebih meyakinkan kepada konsumen tentang keamanan barang yang ia inginkan sewaktu pengiriman

7. Sifat Penawaran

Berdasarkan sifatnya, setidaknya ada 3 jenis surat penawaran yang perlu kita ketahui, diantaranya adalah:

  • Surat penawaran bersifat terikat, yaitu penawaran antara distributor dengan konsumen jika ada perubahan baik berupa jumlah produk yang dikirimkan.
  • Surat penawaran bersifat tidak terikat atau bebas, merupakan penawaran yang terjadi antara distributor maupun konsumen. Sebagaimana jika ada perubahan jumlah produk maupun maupun perubahan harga pihak distributor tidak harus memberitahukan kepada konsumen.
  • Penawaran berjangka waktu, merupakan penawaran kerjasama yang hanya terjadi dalam jangka waktu tertentu. Hal ini sering digunakan melakukan penawaran suatu produk atau jasa.

8. Mutu Produk

Dengan mencantumkan kualitas atau mutu dari suatu barang yang kita tawarkan juga sangat berpengaruh dalam mengajukan penawaran kepada orang lain. Selain itu dengan adanya mutu suatu produk pada surat penawaran juga akan lebih meyakinkan para konsumen untuk memilih produk kita. Dalam hal ini memberikan suatu jaminan menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menjelaskan bahwasanya mutu kita telah mendapat jaminan dari pihak distributor.

9. Administrasi

Dalam hal administrasi pada surat penawaran juga sangat penting untuk kita cantumkan juga. Salah satu manfaatnya yaitu akan membuat calon konsumen semakin tertarik dengan barang yang kita tawarkan. Diantara administrasi pendukung yang lainnya adalah sebagai berikut:

  • Katalog produk.
  • Daftar rekam jejak (TDR).
  • Surat izin perdagangan (SIUP).
  • Nomor pokok wajib pajak (NPWP)

Cara Penulisan Surat Penawaran yang Benar

Agar surat penawaran yang kita ajukan kepada suatu perusahaan atau orang lain dapat diterima, maka dalam penulisannya pun harus benar dan sesuai dengan aturan dalam pembuatan surat penawaran. Selain itu juga sangat penting sekali memperhatikan struktur-struktur dalam surat penawaran dengan benar. Dengan demikian pihak konsumen tidak akan bingung lagi ketika membaca surat penawaran yang dikirim. Lalu apa saja struktur atau bagian-bagian surat penawaran? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini:

A. Kop Surat

Kop surat biasanya terletak dibagian paling atas pada suatu surat. Pada bagian ini berisi beberapa penjelasan, seperti :

  • Nama Perusahaan
  • Alamat Lengkap Perusahaan
  • Email dan kontak

B. Kepala Surat

Kepala surat biasanya terletak dibawah kop surat. Pada bagian ini yang menjelaskan mengenai :

  • Tanggal pembuatan surat
  • Nomor surat
  • Lampiran
  • Perihal
  • Tujuan surat

C. Pembukaan Surat

Bagian pembukaan pada surat penawaran merupakan suatu paragraf yang berisi sebuah penjelasan singkat baik berupa pemberitahuan atau balasan dan surat permintaan sebelumnya mengenai suatu barang atau jasa.

Pada bagian ini bisa juga kalian isi dengan penjelasan secara singkat mengenai perusahaan atau distributor yang bergerak pada bidang tertentu dan juga dibutuhkan oleh calon konsumen atau pemakai jasa.

D. Isi Surat

Pada bagian isi surat ini adalah suatu paragraf penjelasan secara detail mengenai suatu produk atau jasa yang kalian tawarkan kepada calon konsumen. Namun yang perli anda perhatikan yaitu ketika menjelaskan produk yang kalian miliki harus sesuai dengan kenyataan atau fakta. Apabila kalian menjelaskannya dengan mengarang atau tidak benar, maka konsumen anda tidak akan membeli lagi produk yang anda tawarkan.

Dengan adanya penjelasan secara detail dan sesuai fakta ini akan lebih meyakinkan kepada calon konsumen untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang anda tawarkan. Didalam isi surat penawaran tersebut setidaknya harus berisi beberapa penjelasan produk yang kalian tawarkan, misalnya :

  • Harga produk atau jasa
  • Merk dan warna
  • Jenis barang atau jasa
  • Cara pembayaran
  • Proses pengiriman

Kemudian agar lebih meyakinkan suatu produk kepada calon konsumen, anda perlu menambahkan beberapa penjelasan tertentu yang sesuai dengan permintaan dan kebutuhan calon konsumen. Selain itu anda juga harus menambahkan kelebihan yang dimiliki produk tersebut.

E. Penutup Surat

Pada bagian penutup surat penawaran biasanya berisi tentang beberapa harapan dan himbauan agar damat menjalin kerjasama dengan seseorang atau perusahaan. Selain itu juga bisa kalian cantumkan beberapa administrasi tambahan yang dapat meningkatkan potensi agar terjalinnya suatu kerjasama antara distributor dan konsumen.

Baca juga : Syarat dan cara membuat NPWP

Contoh Surat Penawaran

Setelah mengetahui beberapa penjelasan lengkap mengenai surat penawaran, cara membuat dan juga beberapa poin yang harus diperhatikan dalam membuat surat penawaran, nah, bagi kalian yang masih bingung dengan penjelasan diatas bisa langsung kalian simak contohnya. Berikut contoh penulisan surat penawaran yang baik dan benar.

Contoh Surat Penawaran yang Benar

PT HARAPAN ABADI
Jl. Pangeran Diponegoro No. 23
D.I YOGYAKARTA

====================================================================

10 September 2016

Nomer   : 11/12/XII/2016
Hal         : Penawaran Barang
Lamp     : 1 lembar brosur AP/DG

Kepada
Manager PT Surya Jaya
Jl. Pattimura No. 3
Bandung

Dengan hormat,
Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara sekarang sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan sesuai dengan masa kini.

Dalam kesempatan yang baik ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Kami meyakini jika Anda memakai produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, maka pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.

Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 20 September 2016. Garansi dari produk kami adalah 2 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 40 % dari harga total dan cicilannya dapat diangsur sebanyak 3 kali setelah barang sampai di tempat Anda.

Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memesan produk kami, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerjasama Saudara kami ucapkan terima kasih.

                                                                             Hormat kami,
PT HARAPAN ABADI

 

                                                                          Joko Susilo
Marketing manager

Contoh Surat Penawaran Harga

contoh surat penawaran harga barang dan jasa

Contoh Surat Penawaran Produk Makanan

contoh surat penawaran segala produk makanan

Contoh Surat Penawaran Jasa AC

TEKNIK ENJINER
PERBAIKAN, PEMASANGAN DAN PERAWATAN AC
Jl. Siti Fatimah Sesela Gunung Sari
Sumatera Barat, Hp: 085242487992

=================================================================

NO : 2/2017

HAL : PENAWARAN JASA SERVICE

Kepada Yth,

Bapak Surya Saputra

Manajer Hotel Rosalia Padang

Dengan hormat,

Bersama dengan proposal ini, kami menawarkan kerjasama untuk service dan maintenance AC di tempat yang Bapak/ibu pimpin, baik untuk pemasangan AC baru, yang sudah ada maupun pencucian (steam AC). Pihak kami menyediakan seluruh peralatan dan technical support yang dibutuhkan. Dan kami akan memberitahukan laporan periodic setiap bulan kepada pihak Building Management Anda.

Adapun keuntungan dengan adanya kerja sama service dan tmaintenance ini adalah Gedung perkantoran Anda akan terasa lebih nyaman karna kondisi ruangan yang diatur oleh AC yang terawat secara profesional. Hemat Energi bisa didapat jika pencucian / steam AC dilakukan secara berkala dikarnakan kotoran yang menghambat laju udara akan memperlama proses pendinginan udara diruangan Anda sehingga mesin harus bekerja exstra. Mesin AC awet dan tahan lama pada gedung perkantoran Anda pastinya menjadi salah satu keinginan.

Berikut ini adalah perincian dari biaya pemasangan dan perawatan AC secara berkala:

NOJENIS PEKERJAANPKHARGA
1Cleaning AC SPLIT0,5 – 1Rp. 85.000
2Cleaning AC SPLIT1,5 – 2,5Rp. 100.000
3Tambah preon ACPer PKRp. 125.000
4Isi preon AC dari 0Per PKRp. 165.000
5Biaya perbaikanTergantung kerusakan
6Biaya pasang AC SPLIT0,5 – 1Rp. 175.000
7Biaya pasang AC SPLIT1,5 – 2,5Rp. 225.000

Demikian Proposal Penawaran Perbaikan dan Perawatan AC (Air Conditioner) ini kami buat, atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

TEKNIK ENJINER

Muhammad Adnan

Baca juga : Cara cepat menumbuhkan kumis secara alami

Contoh Surat Penawaran Jasa Konsultan

penulisan contoh surat penawaran jasa

Contoh Surat Penawaran Kerjasama

PT. KARYA ILMIAH

Jln. Anggrek No. 69 MADIUN

No. Telp 0856449836632

[email protected]
================================================================

Madiun, 25 September 2017

Hal      : Penawaran Kerjasama
Lamp. : Katalog

Kepada Yth,
Bpk. Afifuddin
Pimpinan CV. Karya Nusantara
Jln. Bumi Hijau No. 36 Surabaya

Dengan hormat,
Kami dari PT. Karya Ilmiah bermaksud untuk menawarakan kerjasama dengan CV. Karya Nusantara untuk menjadi distributor produk-produk kami yang berupa:

1. Perlengkapan Sound System
2. Interior Dapur

Kami dari perusahaan akan memberikan kompensasi yang bisa dinegosiasikan kepada CV. Karya Nusantara jika bersedia menjadi distributor resmi produk dari perusahaan kami.

Mekanisme mengenai kerjasama dapat kami jelaskan lebih lanjut apabila CV. Karya Nusantara tertarik dengan penawaran kerjasama yang kami sampaikan.

Demikian surat penawaran kerjasama ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terimakasih.

                                                                              Hormat kami,
PT. Karya Ilmiah

 

                                                                            Adnan Syarief, SE
Manager Pemasaran

Baca juga : 15+ Contoh Surat kuasa dengan penulisan yang benar

Contoh Surat Penawaran Kerja

KOP SURAT

===========================================================================

Nomor : angka urut/kode jenis pekerjaan/Kode Nama Perusahaan/Bulan-Tahun                       Denpasar, ………….
Lampiran : –
Perihal : PENAWARAN PEKERJAAN

Kepada Yth,
……………….
Di tempat

Dengan Hormat,
Bersama ini kami mengajukan penawaran Jasa Borongan untuk pekerjaan interior berlantai 3 yang berlokasi di Denpasar dengan rincian penawaran sebagai berikut :

Lantai 1 = 195,75 m2 x Rp. X.xxx.xxx,- = Rp. Xxx.xxx.xxx,-
Lantai 2 = 203.5 m2 x Rp. X.xxx.xxx,- = Rp. Xxx.xxx.xxx,-
Lantai 3 = 203,5 m2 x Rp. X.xxx.xxx,- = Rp. Xxx.xxx.xxx,-
TOTAL 602,75 m2 Rp. X.xxx.xxx.xxx,-
Terbilang : Satu Milyaran Rupiah.

Termin Pembayaran :

idem

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

                                                                         Hormat Kami,
                                                                      Nama konsultan anda

 

                                                                     Si Ani, SSn.
Desainer

Contoh Surat Penawaran Partisipasi

cara menulis contoh surat penawaran partisipasi

Baca juga : Nama-nama arah mata angin dan cara menentukannya

Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik

SURYA PERKASA UTAMA

Jl. HOS. Cokroaminoto No.25 Yogyakarta (0274) 562787

===========================================================================

Yogyakarta, 2 Juni 2015

Nomor             : 15 / BJE / XI / 2015

Lampiran         :  –

Hal                   : Penawaran Barang Elektronik

Yth Bpk. Nanang Suhendra (Merapi Apartment)

Di Yogyakarta

Dengan hormat,

Kami dari CV.  SURYA PERKASA UTAMA, bermaksud untuk  mengajukan penawaran barang kepada Bapak Nanang Suhendra selaku pemilik Merapi Apartment. Beberapa barang elektronik yang kami tawarkan diantaranya sebagai berikut :

Nama BarangMerkHarga (Rp)
PC All in OneLenovoRp. 7.200.000
Speaker 10.000 WattSonyRp. 2.850.000
ACLGRp. 3.500.000
Mesin cuciSHARPRp. 2.890.000
Home TheatreLGRp. 8.500.000

Adapun cara untuk pembayarannya dapat dilakukan sebagai berikut :

  1. Pembayaran juga dapat dicicil dengan ketentuan dengan adanya uang muka DP, pembayaran dapat dilakukan dengan 5 kali cicilan
  2. Pembayaran dapat melalui kartu kredit (Danamon,BNI)
  3. Pembayaran dengan cash (langsung)

Sekian surat penawaran ini kami buat, kami berharap agar Bapak bisa bekerjasama dengan perusahaan kami.

Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terimakasih.

                                                                      Hormat saya,

 

                                                                       Gunawan Pribadi, S.E.

                                                                       Marketing Manager

Contoh Surat Penawaran Dalam Bahasa Inggris

CV. SIDOMAKMUR
Jl. Anggrek No. 14, Semarang
Phone. +62 8524649 77993
===================================================================

Semarang, December 14th, 2017

To
Designation. General Manager Affair
PT. INDOFOOD
Jl. Lettery Price No. 36
Surabaya

Dear Sirs,
Through this letter, let us introduce our company to you. Our company named PT Sido Makmur is engaged in the distributor of office stationery.

According to the information we collect, PT INDOFOOD is a property company that is growing rapidly and will open again some marketing office in Banda Aceh. In this connection, let us offer some of the stationery products that we market. Together with this letter, we attach a list of items and their respective prices.

If your company needs our services, then simply contact us via telephone numbers +62 8524649 77993 and we’ll deliver the goods directly to the site. Further, we will send you an invoice each end of the month for transactions occurring in the corresponding month. We will give special discount if accumulated purchase within one month of more than Rp 30.000.000, – (thirty million rupiah).

We hope that this offer can proceed in a form of cooperation that benefits both parties. If Mr interested, we are ready to make presentations and conduct further discussed.

Thus we submit the offer letter, delivered thank you for your attention.

                                                                                                  Sincerely,
PT Sido Makmur

 

                                                                                               Ariya
Marketing Manager

Contoh Surat Penawaran Negosiasi

SURAT PENAWARAN NEGOSIASI HARGA TANAH

Sukabumi, 20 Maret 2015

Kepada
Dirut/ Pimpinan
PT. Karya Gemilang
Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya rencana pembangunan kantor cabang baru di wilayah Kelurahan Makmur Semua Kota Bandung dan perusahaan Bapak/ Ibu masih mencari lokasi yang tepat untuk kantor tersebut, maka saya ingin menawarkan tanah saya dengan spesifikasi berikut ini :
Nama Pemilik                    : Dedi Setiawan
Lokasi                                : Jl. Raya Sejahtera No. 3 – 9 Rt. 02 Rw.01 Kel. Makmur Semua Bandung 60190
Luas Tanah                        : 3.790 m2
Status Tanah                      : Sertifikat Hak Milik
Harga Negosiasi                : Rp. 2.700.000 /m2

Untuk diketahui, lokasi tanah yang saya miliki berada di lokasi jalan utama dan akses ke publik area, komersial area ataupun jalan tol ke Jakarta cukup dekat. Jika Bapak/ Ibu berminat dengan tanah yang saya miliki, Bapak/ Ibu bisa menghubungi saya : Dedi Setiawan, Jl. Raya Sejahtera No. 2 Bandung (08407608888).

Besar harapan saya dapat menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak/ Ibu. Atas perhatian Bapak/ Ibu, saya ucapkan terimakasih.

 

                                                                                                Pemilik Tanah,

                                                                                                Doni Santoso

Contoh Balasan Surat Penawaran Pembelian Produk

MUSTIKA JAYA MANDIRI
Jl. Cendana No 3, Jakarta Timur

Jakarta, 11 November 2018

No Surat    : VII/15/214
Perihal     : Balasan Penawaran

 

Kepada Yth. Kepala Marketing
MUSTIKA JAYA MANDIRI
di
Jakarta

 

Dengan Hormat,

Kami selaku Kepala Bagian Pengadaan Barang PT. EMPAT RODA, ingin melanjutkan penawaran dari Bapak/Ibu selaku Kepala Marketing PT. MUSTIKA JAYA MANDIRI. Setelah melewati pembicaraan pada rapat internal perusahaan, kami sepakat untuk membeli beberapa peralatan kantor untuk menunjang kinerja karyawan kami demi memajukan perusahaan kami.

Dengan rincian pembelian sebagai berikut :

  • 20 pasang meja dan kursi
  • 10 buah notebook
  • 6 buah AC
  • 10 buat lemari
  • 2 buah mesin fotocopy

Dengan biaya total transaksi senilai Rp 170.000.000,00

Dengan diterbitkan surat ini, kami menunggu tindak lanjut pembelian peralatan kantor ini 10 hari tertanggal 11 November 2018. Kami berharap dapat dengan cepat bekerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu dalam pengadaan peralatan kantor ini. Terima kasih atas penawaran yang sebelumnya ada khususkan untuk kami.

                                                                                         Mengetahui,
Direktur Utama

 

                                                                                      Fullan

Nh\ah, itulah tadi berbagi macam contoh surat penawaran dengan penulisan yang benar. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda dan tentunya dapat bermanfaat untuk orang lain juga. Terima kasih… 🙂

Leave a Comment

%d bloggers like this: