√ 50+ Contoh Surat Lamaran Kerja Dengan Penulisan yang Baik dan Benar [Terbaru]

Contoh Surat Lamaran Kerja – Hallo sob, jumpa lagi di situs bermanfaat balubu. jika di kesempatan sebelumnya kita telah bahas sedikit mengenai surat resmi, surat pribadi dan surat izin, nah kali ini kita akan masih bahas tentang surat yaitu contoh surat lamaran kerja.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa penulisan contoh surat  lamaran kerja yang benar memang sangat harus diperhatikan dengan baik. Disisi lain surat lamaran kerja sendiri sangat dibutuhkan semua orang untuk melamar atau mendaftar sebuah pekerjaan. Apalagi jika dalam penulisan surat lamaran pekerjaan tersebut terdapat beberapa kesalahan, makan akan mempengaruhi keberhasilan kalian dalam diterima atau tidaknya saat mendaftar pekerjaan tersebut. Hal tersebut karena hanya dengan melihat surat lamaran pekerjaan dan cv yang diajukan saja bisa mengetahui keperibadian seseorang. Misalkan jika kita membuat surat lamaran pekerjaan terdapat banyak sekali kesalahan, maka akan dinilai sebagai orang yang kurang serius dalam melamar pekerjaan.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang ingin membuat surat  lamaran pekerjaan, di kesempatan kali ini akan kita bahas sedikit mengenai beberapa contoh surat lamaran pekerjaan dengan penulisan yang benar. Namun sebelum memasuki contoh surat tersebut maka harus kita perhatikan dulu beberapa hal penting dalam surat lamaran pekerjaan. Dengan harapan supaya surat lamaran pekerjaan yang kita buat bisa sempurna dan kita bisa diterima dalam pekerjaan yang kita inginkan tersebut.

Okay, nggak usah berlama-lama, mari langsung saja kita simak kumpulan contoh surat lamaran kerja dengan penulisan yang baik dan benar berikut ini. Check it out !

Baca juga : 50 Contoh surat dinas dengan penulisan yang benar

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Kalian masih bertanya-tanya tentang bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar ? Nah, buat kamu yang masih bingung dengan hal ini, di bab ini akan kami berikan beberapa cara membuat surat lamaran kerja yang benar. Okay, langsung saja mari kita simak cara membuat surat lamaran kerja yang benar berikut ini.

Namun perlu sedikit catatan bahwa dalam membuat surat lamaran kerja kita harus memperhatikan beberapa hal penting berikut ini :

Struktur Surat Lamaran Kerja

Perlu diketahui juga bahwa ketika dalam membuat surat lamaran kerja harus terdapat beberapa struktur dan dengan penulisan yang benar. Nah, langsung saja berikut ini beberapa struktur surat surat lamaran kerja yang harus ditulis dengan benar dan baik.

Tanggal Penulisan

Untuk bagian tanggal penulisan ini yang perlu diperhatikan yaitu pada tanda bacanya. Kebanyakan orang menulis bagian ini yaitu setelah nama kota di ikuti dengan tanda baca titik (.), padahal yang benar yaitu dengan tanda koma(,). Berikut ini bagian tanggal penulisan surat yang benar.

Contoh:

Jakarta, 23 September 2012

Yogyakarta, 15 Oktober 2019

Nama dan Alamat Penerima Surat

Berikut penulisan nama dan alamat penerima surat yang baik dan benar :

Contoh:
Kepada Yth,
Bapak Prof.Ir. Hasan Al-Banna, Lc, MA
Rektor Universitas Lipia Jakarta
Jl. Buncit Raya No.5A, Ragunan, Pasar Minggu
Kota Jakarta Selatan 12540

Salam Pembuka

Dalam penulisan bagian salam pembuka ini ada banyak sekali variasinya. Pada bagian ini paling sering diisi dengan kalimat berikut ini :

Assalamualaikum Wr Wb

Dengan Hormat,

Kalimat Pembukaan

Untuk penulisan kalimat pembuka ini banyak juga variasinya. Salah satunya yaitu bisa kalian perhatikan format penulisan berikut ini :

Contoh:
Melalui surat ini saya, Muhammad Iqbal Nasrullah, ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai staf pengajar (dosen) di Universitas Negeri Yogyakarta untuk mata kuliah Matematika dan Teknik Informatika

Sesuai dengan informasi yang saya baca di ………………pada  tanggal …….. Maka, saya bermaksud untuk mendaftar pada perusahaan Bapak.

Isi Surat

Pada bagian ini berisi tentang maksud dan tujuan dibuatnya surat lamaran tersebut. Nah, berikut salah satu contoh penulisan isi surat lamaran yang benar.

Contoh:
Saya lulus dari program sarjana untuk bidang Syari’ah di Universitas Islam Madinah Al-Munawwarah, Madinah – Arab Saudi pada tahun 2008, dan lulus dari program Magister Universitas Islam Madinah pada tahun 2012 untuk pembidangan ushul fiqh. Kemudian mengambil program S3 bidang ushul fiqh dan selesai pada tahun 2016.

Sebagai bahan pertimbangan, saya mempunyai pengalaman mengajar di beberapa perguruan tinggi islam di jakarta. Berdasarkan pengalaman saya selama ini, saya yakin bila saya dapat memenuhi ekspetasi yang anda harapkan dari saya.

Bersama surat lamaran ini, saya lampirkan curriculum vitae, foto copy ijazah dan transkrip nilai, fotocopy KTP, dan foto terbaru.

Kalimat Penutup 

Berikut contoh kalimat penutup dalam surat yang benar pada umumnya.

Contoh:
Demikianlah surat lamaran ini saya buat. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.

Tanda Tangan dan Nama Lengkap Penulis Surat

Pada bagian ini sangat penting sekali untuk dicantumkan. Hal ini karena jika dalam membuat surat tidak ada nama dan tanda tangan penulis, makan si penerima surat akan merasa bingung dan kemudian mengabaikan surat tersebut. Selain itu ada juga sebagian orang yang menambahkan materai atau stempel, tetapi dua hal tersebut bersifat optional. Nah, berikut ini contoh penulisannya yang benar.

Contoh:
hormat saya,

Muhammad Akbar

 

Berbicara mengenai dunia kerja, saat ini untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus sangat sulit. Selain persaingan yang semakin ketat, perusahan juga menuntut agar kita mempunyai pengalaman kerja dan skill di atas rata-rata. Jadi selain CV yang menarik, hal-hal internal juga sangat dipertimbangkan untuk diperhatikan.

Surat lamaran kerja yang anda buat sangat berpengaruh dengan peluang anda diterima di sebuah perusahaan. Mereka akan menilai surta lamaran yang anda buat, seperti kerapihan tulisan (margin, rata tulisan), format, dan kreatifitas.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Berikut ini adalah kumpulan contoh surat lamaran kerja yang bisa anda jadikan referensi dan contoh untuk melamar pekerjaan yang anda inginkan. Okay langsung saja mari kita simak. Check it out !

Contoh Surat Lamaran pekerjaan

Kepada Yth.
PT. Global Intermedia Indonesia, 
Jl. Kusumanegara no.134 Sleman 55283 D.I Yogyakarta ,Indonesia
Yogyakarta, 21 Juni 2017

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama: Muhammad Abdullah
Tempat, Tanggal Lahir:Medan, 21 Agustus 1989
Alamat:Jambangan RT 05 RW 02 Pandan Wangi, Blimbing, Malang
No. HP:0821 3875 8865

Berkenaan dengan ini, kami mengajukan surat lamaran  kepada Bapak / Ibu Pimpinan agar sekiranya diterima sebagai karyawan perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpin. Untuk dijadikan bahan penilaian, saya juga sertakan lampiran berikut ini :

  1. Foto copy KTP
  2. Foto Copy Ijazah Terakhir
  3. Daftar Riwayat Hidup
  4. Pas Foto 4×6
  5. Fotocopy SKCK
  6. Foto Copy Kartu Keluarga

Demikianlah agar digunakan sebagai bahan pemeriksaan, tinggi harapan saya agar bisa diterima di perusahaan yang Bapak / Ibu Pimpinan. Kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas perhatian dan terkabulnya permohonan saya.

Hormat saya,

 

Muhammad Abdullah

 

contoh surat lamaran kerja yang benar

Contoh Surat Lamaran kerja tulis tangan

contoh surat lamaran kerja dengan tulis tangan

Baca juga : 100 Contoh surat kuasa dengan penulisan yang benar dan baik

contoh surat lamaran kerja di tulis tangan

 

Contoh Surat Lamaran kerja umum

Baca juga : 100 Contoh surat kuasa dengan penulisan yang benar dan baik umum

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Tim Ahli Pemasaran
PT. Sumber Sejahtera – Digital Art
Jl. Mangkubumi – Raya No. 333
Kab. Semarang

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi lowongan pekerjaan dari PT. Sumber Sejahtera – Digital Art yang dimuat di harian Kompas tanggal 15 April 2018. Saya mengajukan diri untuk berkontribusi ke dalam Tim Pemasaran di PT. Sumber Sejahtera – Digital Art.

Data singkat saya, seperti berikut ini.
Nama :……………………
Tempat, tgl. lahir : ………………
Pendidikan Akhir : …………………
Alamat : …………………………………
Telepon (HP) : ………………………
e-mail : ……………………………
Status Perkawinan : (single/nikah)

Saya berada pada keadaan jasmani rohani yang sehat dan baik, dan mampu berbicara dan menulis dengan menggunakan Bahasa Inggris. Saya juga mempunyai Latar belakang pendidikan yang cukup dan memiliki keahlian dalam negosiasi dan marketing yang mumpuni. Saya pula terbiasa bekerja dengan hal yang berhubungan dengan komputer. Terlebih lagi menjalankan aplikasi paket MS Office, seperti Out Look, Acces, Word, Excel, Power Point, serta internet, ataupun surat-menyurat dengan Bahasa Inggris.

Untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.

3. Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
4. Pas foto terbaru.

Saya memohon Bapak/Ibu sekiranya berkenan meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya bisa memberikan penjelasan dengan lebih lengkap mengenai potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

 

Hormat saya,

 

( ______________ )

Contoh Surat Lamaran Kerja Guru

Baca juga : 20+ Contoh surat pengunduran diri (resign) dengan baik dan sopan

Kandangan, 15 Januari 2017

Perihal : Lamaran Pekerjaan
Yth, Bapak/Ibu Kepala Sekolah
Yayasan PAUD Nurul Fikri
di-
Tempat

Dengan hormat,

Berkenaan dengan informasi lowongan pekerjaan yang terdapat di harian Banjarmasin Post tentang lowongan pekerjaan untuk guru PAUD pada Bapak/Ibu, maka untuk itu saya ingin mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menempati posisi tersebut di atas.

Adapun biodata singkat saya adalah sebagai berikut:

Nama : Ahmad Zainal
Tempat/Tanggal Lahir : Sungai Paring, 22 Agustus 1993
Jenis Kelamin : Laki laki
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal IAIN Antasari Banjarmasin
Alamat : Jalan Ahmad Yani Km.4,5 No.8 RT.4 Banjarmasin
Pekerjaan yang dilamar: Guru PAUD

Adapun alasan saya untuk mengajukan lamaran di posisi tersebut ialah minat saya terhadap pendidikan dini pada anak-anak serta sesuai dengan pendidikan yang telah saya tempuh. Untuk mendukung lamaran saya, saya telah melampirkan beberapa dokumen sebagai berikut:

  1. Foto copy sah ijazah terakhir 1 lembar,
  2. Photocopy transkip nilai terakhir 1 lembar,
  3. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 x 4 3 lembar,
  4. Fotocopy Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning) dilegalisir pejabat yang bertugas,
  5. Surat keterangan sehat 1 lembar,
  6. Photocopy identitas diri/KTP 1 lembar,
  7. Daftar riwayat hidup 1 lembar.

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebaik-baiknya. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu dapat menerima saya menjadi guru tetap di Yayasan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian dan kerjasamanya, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Ahmad Zainal

contoh surat lamaran kerja menjadi guru

Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris

Yogyakarta, December 9th 2017

Attention To : Human Resources Department
PT. Arfa Media
Jalan Kebon Agung 123
Yogyakarta

Dear Sir/Madam,
I have read your advertisement at Tribun Jogja and found that your company is looking for employees for Engineer position. And I believe it is fit with my background educational as Computer Engineering.
My name is Muhammad Iqbal, I am twenty three years old. I am a fresh graduated from Computer Engineering Department UTY on November this year. My specialization in Engineering Physics is hardware specialist. I consider myself that I have qualifications as you want. I have good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work with a team or by myself. Beside that I have good command in English both spoken and written.
With my qualifications, I confident that I will be able to contribute effectively to your company. Herewith I enclose my :

  1. Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate
  2. Academic Transcript
  3. Curriculum Vitae
  4. Recent photograph with size of 4×6


I would express my gratitude for your attention and I hope I could be the part of your company.

Sincerely,

Muhammad Iqbal

contoh surat lamaran kerja dengan bahasa inggris

Baca juga : 70 Contoh surat penawaran barang, kerjasama dan jasa yang benar

contoh surat lamaran Kerja Via Email

To : [email protected]

Cc : –
Subject : Surat Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                                : Bagus Resandi
Tempat, Tanggal Lahir       : Semarang, 21 April 1991
Umur                                : 22 tahun
Jenis Kelamin                    : Laki Laki
Status                               : Belum Menikah
Pendidikan Terakhir         : S1 Ekonomi Syari’ah
No. Telepon                      : 081335779778
Alamat Rumah                  : Jl. Adi Sucipto No.7 Semarang

Berdasarkan lamaran ini saya mengajukan permohonan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Teller.

Sebagai bahan pertimbangan saya telah melampirkan beberapa berkas penting sebagai berikut:

1. Daftar Riwayat Hidup
2. Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Scan Ijazah Terakhir
4. Scan Surat Keterangan Dokter
5. Pas Photo format .jpeg (1 file)

Demikian surat lamaran kerja yang saya buat, dengan lamaran ini kami berharap agar dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih

Hormat saya,

Bagus Resandi

contoh surat lamaran kerja melalui email

Contoh Surat Lamaran Kerja di Rumah Sakit

Baca juga : Contoh surat permohonan maaf, kerjasama, bantuan dengan benar

Kepada Yth :
Kepala Rumah Sakit _____________________
Di tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan adanya lowongan pekerjaan di Rumah Sakit _____________________ yang Bapak/Ibu pimpin, saya bermaksud ingin mengajukan lamaran pekerjaan sebagai _____________________, dimana data-data diri saya adalah sebagai berikut ini:

Nama:
Tempat/Tanggal Lahir:
Jenis Kelamin:
Agama:
No. Telp/HP:
Alamat:
Pendidikan:
IPK:
Pekerjaan yang dilamar:

Berkaitan dengan hal tersebut, bersama surat ini saya sertakan kelengkapan berkas sebagai berikut:

1. Daftar Nilai (Sebagai Lampiran Ijazah: _____________)
2. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar.
3. CV (Daftar Riwayat Hidup)

Demikian permohonan ini saya buat, selanjutnya besar harapan saya untuk dapat diangkat menjadi Tenaga _____________________ di rumah sakit _____________________. Bila dibutuhkan informasi lebih lanjut, saya bersedia dipanggil untuk wawancara maupun melakukan tes. Atas perhatian dan kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya sampaikan terima kasih.

Hormat Saya,

__________

contoh surat lamaran kerja jadi dokter di rumah sakit ja

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank

Balikpapan, 23 Mei 2017

Kepada Yth,
HRD BANK RAKYAT INDONESIA
Cabang Balikpapan
Jln. JSejahtera Kav. 23-26
Balikpapan

Dengan hormat,
Sehubungan dengan informasi adanya lowongan kerja di Bank Rakyat Indonesia bagian frontliner, maka dengan ini saya:

Nama : Sulitino wati

Tempat/Tgl. Lahir : Balikpapan 22 Mei 1993

Alamat : Jl, Sudirman km 3 blok a no 1 balikpapan

No. Hp : 0857 4675 8937

Email : [email protected]

Status : Belum Kawin

Pendidikan Terakhir : S1 Akuntansi Unversitas Sejahtera Balikpapan

Bermaksud untuk mengajukan permohonan penempatan pada posisi tersebut. Dan sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

  1. Curriculum Vitae (CV) 1 lembar
  2. Foto copy ijazah S-1 (legalisir) 1 Lembar
  3. Foto copy Transkrip Nilai (legalisir) 1 lembar
  4. Foto copy KTP 1 lembar
  5. Pass photo terbaru 3×4 3 lembar

Demikianlah surat lamaran ini saya buat, sangat besar harapan saya untuk dapat bergabung di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, dan pastinya saya akan melakukan yang terbaik untuk Bank Rakyat Indonesia ini.
Atas perhatian dari Bapak/Ibu saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

 

Pemohon

contoh surat lamaran kerja pegawai bank

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT

Bandung, 21 Maret 2017

Kepada Yth :

HRD PT INDONESIA JAYA

Jl. Ahmad Yani No. 10 Bandung

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi yang telah saya dapatkan dari media cetak, koran terpadu mengenai lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran yang saya buat ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                                    : Mulkan Fauzi

Tempat/Tanggal Lahir                     : Bandung, 15 april 1990

Jenis Kelamin                                     : Laki-laki

Pendidikan                                          : SMK Perhotelan Bina Lestari Bandung

Alamat                                                  : Jl. Dewi Sartika No. 8 RT/RW 09/006

Telepon                                                 : 085252346857

Untuk melengkapi data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, berikut saya lampirkan juga kelengkapan data diri  :

1.Pas Photo.

2.Foto copy KTP

3.Daftar Riwayat Hidup

4.Foto copy Ijazah Terakhir

5.Foto copy Sertifikat Keahlian

6.Foto copy Sertifikat PKL

Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian dan kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya

 

Mulkan Fauzi

contoh surat lamaran kerja di perusahaan

Nah, itulah tadi contoh surat lamaran kerja untuk beberapa bidang pekerjaan dengan penulisan yang baik dan benar. Jika kalian ingin melamar kerja yang berbeda dari bidang pekerjaan diatas, yang kalian lakukan hanya tinggal mengubah beberapa kata saja sesuai dengan apa yang diinginkan.

Mungkin hanya itu dulu yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu temen-temen semuanya dan saya doa kan semoga diterima ditempat kerja yang kalian harapkan. Sekian dan Terimakasih… 🙂

Leave a Comment

%d bloggers like this: