100+ Contoh Iklan Layanan Masyarakat, Produk, Jasa yang Menarik [Lengkap]

Contoh Iklan – Hallo sobat, Selamat datang kembali di portal informasi berkualitas BalubuJika pada bab sebelumnya kita telah mempelajari tentang cara membuat telur asin dan menentukan arah mata angin, pada artikel kali ini akan kita bahas lebih dalam tentang iklan. Jika diantara kalian ada yang masih belum paham tentang iklan secara mendalam mengenai iklan, mulai dari pengertian iklan itu sendiri, jenisnya, fungsinya hingga bagaimana cara beriklan yang benar.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa beriklan merupakan salah satu cara  seseorang untuk mengenalkan atau memasarkan suatu produk bahkan jasa kepada orang lain, dengan tujuan agar orang yang kita tawari bisa mau menggunakan produk atau jasa yang kita miliki. Adapun cara untuk iklan itu sendiri bisa kita pasang pada beberapa tempat strategi (jika dengan menggunakan banner) hingga di sosial media, dengan catatan tempat tersebut memiliki lalu lintas masa yang banyak.

Namun sebelum kalian beriklan, kalian harus pahami beberapa hal tentang beriklan agar banyak orang yang tertarik dengan produk/jasa yang kalian tawarkan melalui iklan tersebut. Sebagai contohnya yaitu bagaimana cara penempatan iklan yang bagus, bahasa pengiklanan yang benar hingga yang lainnya.

Nah, bagi kalian yang ingin memasarkan atau mengiklankan suatu jasa atau produk, pada artikel inilah akan kita bahas lebih jauh tentang iklan. Untuk mempersingkat waktu langsung saja mari kita semak lebih dalam tentang iklan, mulai dari pengertian, fungsi, jenis iklan hingga contoh iklan yang benar itu seperti apa.

Baca juga : 15+ Contoh kata pengantar yang baik dan benar

Pengertian Iklan

fungsi dan contoh iklan

Bagi kalian yang belum tahu tentang ikan, pastinya bertanya-tanya tentang iklan sendiri itu seperti apa. Perlu kalian ketahui bahwa ternyata kata “Iklan” berasal dari bahasa Yunani yang mengandung arti mengajak atau menggiring seseorang pada suatu gagasan. Disamping itu ada juga yang mengartikan bahwa iklan adalah suatu informasi yang mana isinya bertujuan untuk membujuk atau mengajak seseorang agar menggunakan suatu barang atau jasa.

Selain itu secara umum kata iklan merupakan sebuah bentuk kegiatan yang bertujuan untuk menawarkan suatu jasa atau produk yang dilakukan tidak secara individu dan dibayarkan oleh sponsor yang bersangkutan.

Dari beberapa uraian diatas dapat kita simpulkan bahwa iklan adalah sebuah sarana yang digunakan seseorang untuk menawarkan suatu barang atau jasa kepada orang lain, dengan tujuan agar orang tersebut bersedia untuk menggunakan barang atau jasa tersebut.

Fungsi Iklan

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa iklan merupakan sebuah pesan yang menawarkan suatu produk atau jasa kepada orang lain. Selain itu iklan memanglah berbeda dengan pengumuman biasa, melainkan lebih mengarah untuk mengajak seseorang agar membeli suatu barang. Oleh karena itu ada beberapa fungsi dari iklan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebagai persuasi (mengarahkan atau membujuk pelanggan untuk membeli suatu barang atau untuk daftar reseller)
  • Sebagai informasi (menyampaikan informasi produk, spesifikasi, ciri-ciri, harga dan lain sebagainya. Seperti : grosir baju murah, dll)
  • Sebagai reminder (mengingatkan pelanggan agar tetap setia memakai produk tersebut)

Struktur Iklan

Sebenarnya didalam suatu iklan hanya memiliki struktur yang sederhana yaitu terdiri dari title (judul), product name (nama produk) dan knowlwdge (penjelasan mengenai produk yang kita tawarkan). Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

  1. Judul Iklan. Judul terletak di bagian paling atas dari iklan. Namun tidak semua iklan yang mencantumkan judul. Karena ada sebagian yang mencantumkan nama produk di bagian paling atas.
  2. Nama Produk. Nama produk bisa diletakkan di bagian paling atas atau di bawah judul.
  3. Penjelasan Tentang Produk. Ini berisi tentang gambaran produk yang diiklankan, misalnya spesifikasi produk, harganya, cara membeli produknya dan informasi penting seperti alamat dan nomor telepon.

Baca juga : 100+ Macam contoh surat penawaran yang menarik

Ciri-ciri  dan Syarat Iklan yang Bagus

Sebelum kalian mengiklankan suatu barang atau jasa, kalian harus tahu terlebih dahulu tentang ciri ciri iklan yang baik itu seperti apa. Nah, berikut ini beberapa ciri-ciri yang iklan yang baik, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Iklan yang digunakan harus bersifat informatif dan Komunikatif.
  • Selalu ditulis dengan menggunakan bahasa yang baku, mudah dipahami dan juga mudah untuk diingat oleh orang lain.
  • Iklan yang digunakan harus unik dan berbeda dengan yang lainnya.
  • Isi dari iklan tersebut berisi tentang ajakan atau rayuan kepada para pembaca agar menggunakan barang atau jasa yang kita tawarkan.
  • Selalu menggunakan bahasa yang santun agar bisa menarik perhatian orang lain.
  • Gunakan kata-kata yang meyakinkan bahwa barang atau jasa anda memang berkualitas.
  • Isi dari kata-kata yang ditulis tersebut tentang informasi atau diskripsi suatu produk/jasa secara fakta.
  • Adapun untuk penggunaan kata itu sendiri harus disesuaikan dengan target pasar anda.
  • Penulisan kata-kata dalam iklan harus tertata dengan rapi dan juga harus memiliki satu makna, tidak boleh memiliki makna ganda.
  • Iklan yang ditulis tidak merendahkan atau menghina produk lain, diperkenankan menunjukkan kelebihan produk/jasa yang ditawarkan.
  • Iklan ditulis sesuai produk/jasa yang ditawarkan, tidak dibenarkan berbohong untuk menarik perhatian pembaca.

Jenis jenis Iklan

Perlu kalian ketahui bahwa terdapat banyak sekali jenis iklan yang sering kita ketahui. Namun dari sekian banyak nya iklan tersebut pada intinya hanya dibedakan menurut tujuan dan penulisannya. Agar lebih jelas tentang jenis iklan ini, berikut beberapa jenis iklan yang paling sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca juga : 50+ Contoh surat perjanjian jual beli dengan penulisan yang benar

Jenis Iklan berdasarkan Tujuannya

  • Iklan komersial
  • Iklan no komersial

Jenis Iklan Berdasarkan Mediannya

  • Iklan radio
  • Iklan televisi
  • iklan film
  • Iklan media digital interaktif (Internet)
  • iklan luar ruangan

Cara Memasang Iklan

Ketika kita mengiklankan suatu barang atau jasa tentunya bertujuan agar orang lain bisa menggunakan barang atau jasa yang kita tawarkan tersebut. Namun perlu kalian ketahui bahwa dalam beriklan pastinya menggunakan beberapa cara khusus agar iklan yang kita buat tidak sia-sia. Untuk itu berikut ini beberapa cara memasang iklan yang benar agar barang atau jasa kita tetap laku. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini :

  • Dipasang di tempat yang ramai, banyak dilewati orang
  • Dalam pemasangan iklan usahakan pasang dengan sebaik mungkin, dengan serapi mungkin. Untuk meyakinkan orang-orang bahwa kita bekerja secara profesional.
  • Pasang iklan anda di tempat yang mudah dilihat oleh mata manusia

Contoh Iklan yang Bagus

Setelah mengetahui penjelasan secara keseluruhan tentang iklan, pada bab kalian ini kami uraikan beberapa contoh iklan yang menarik dan benar. Agar lebih jelas lagi langsung saja simak contoh iklan berikut ini.

Contoh Iklan Produk

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali jenis iklan produk yang sering kita temukan sehari-hari. Nah, berikut ini beberapa contoh iklan produk yang sering kita temui, diantaranya sebagai berikut :

Contoh Iklan Produk Makanan

Dalam pembuatan iklan niaga makanan, hal yang paling ditekankan biasanya adalah gambaran cita rasa dari makanan tersebut. Berupa bahan- bahan pembuatan dan juga gambar menarik dari produk. Kadang, ada juga pencantuman harga produk dan nomor pemesanan untuk membuat orang lebih terpikat.

Contoh Slogan Iklan Makanan;

  • Jagonya Ayam (KFC)
  • I’m Lovin It (McDonald’s)
  •  Taste Is King (Burger King)
  • America Runs on Dunkin (Dunkin Donuts)
  • Coba Dulu Kapan Saja Bisa (Garuda Food Nasi Instan).

Contoh Teks Iklan Makanan:

  • Ini baru burger yang beda, renyahnya dahsyat, dengan patty daging ayam utuh, dipadu mayonaise, zuper saus, keju cheedar, fresh lettuce KFC ZUPER KRUCNH nikmati tiap gigitan. sensasional, baru, KFC ZUPER KRUCNH. mulai 20.000an (Iklan produk KFC)

Contoh Iklan Produk Minuman

contoh iklan yang benar

Iklan produk minuman tentu saja identik dengan rasa haus dan dahaga. Dalam gambar iklan diatas. Ada iklan sprite yang seolah- olah ketika kamu meminumnya kamu seperti terjun kedalam air ditengah panas yang mendera. Slogan terbaru yang digunakan sprite adalah nyatanya nyegerin atau nyatanya menyegarkan.

Contoh Slogan Iklan Produk Minuman

  • Bantu Semangat OK Lagi” (Mizone)
  • Alaminya Berikan Semua Kebaikan” (Teh Gelas)
  • Makes You Nu” (NU Green Tea)
  • Healthy Inside Fresh Outside” (You C1000)
  • Persembahan Dari Alam” (Teh Kotak)
  • Think Big” (Big Cola)
  • Kembalikan Ionmu” (Pocari Sweat)
  • Nutrisi Setiap Hari” (Energen)

Contoh Teks Iklan Produk Minuman

  • Dari Pucuk teh terbaik ada di teh pucuk harum, rasanya pas, nggak kemanisan
    Teh Pucuk Harum, Rasa teh terbaik ada dipucuknya.

Contoh Iklan dalam Bahasa Inggris

Fanta

This drink made with real fruit

Ingredients:

Carbonated Water,Orange Fruit from Concentrate 5%, Sugar (from Beet and/or Cane), Citric Acid, Preservative (Potassium Sorbate), Vegetable Concentrates (Carrot, Pumpkin),Natural Flavourings, Sweeteners (Sodium Saccharin, Aspartame), Antioxidant (Ascorbic Acid), Acidity Regulator (Sodium Citrate), Stabiliser (Guar Gum), Contains a source of Phenylalanine

Grab it fast and feel the sensation with this drink. this !!

Artinya :

Fanta

Minuman ini dibuat dengan buah asli

komposisi:

Carbonated Water, Orange Fruit from Concentrate 5%, Sugar (from Beet and/or Cane), Citric Acid, Preservative (Potassium Sorbate),Vegetable Concentrates (Carrot, Pumpkin), Natural Flavourings, Sweeteners (Sodium Saccharin, Aspartame), Antioxidant (Ascorbic Acid), Acidity Regulator (Sodium Citrate), Stabiliser (Guar Gum), Contains a source of Phenylalanine

Segera dapatkan dan rasakan sensasi dengan meminumnya !!

Selain itu juga bisa kalian perhatikan gambar berikut :

gambar contoh iklan

Contoh Iklan Baris 

Untuk jenis iklan baris ini sebenarnya sama dengan contoh iklan kolom. Adapun unutuk contohnya bisa kalian perhatikan pada gambar berikut ini :

gambar contoh iklan baris

contoh iklan baris yang menarik

atau seperti ini :

RUMAH DIJUAL : Daerah Kelapa dinar, Dinamis Jl. Ada sinang no.25. Lt/Lb. 130/ 43. SHM. 232 jt nego. Hub. 085717069538 RUMAH DIJUAL: Jl. dul sby km 5,5, chrg karate, Direjo, dpn htl ptri, ls tnh 730m, ls bgmn 540 tnp pbntra, hub 0263264733. RUMAH DIJUAL: Jl Sunanahtt km 6, dpn htl whz prm. Lt/Lb. 142/ 45. 65 jt nego tnp prntra, hub 0823764335.

Contoh Iklan Lowongan Kerja 

contoh iklan dan fungsinya

 DIBUTUHKAN SEGERA

Sebuah perusahaan besar dalam
bidang konstruksi membutuhkan
segera seorang sekretaris yang
berpengalaman.

SEKRETARIS DIREKTUR

Calon yang diminta :

  1. Lulusan akademi sekretaris.
  2. Ditempatkan di Jakarta.
  3. Minimun 2 tahun pengalaman.
  4. Lancara bahasa Inggris dan
  5. Mandarin.

Semua surat lamaran harus dikirim
kan tidak lebih dari dua (2) minggu
setelah tanggal iklan ini ke :
P.O BOX 216
TANGERANG

Baca juga : 5+ Cara membuat oralit dengan bahan yang sederhana [+Video]

Contoh Iklan Penawaran

Jenis iklan yang seperti ini banyak menampilkan sisi penawaran yang menggiurkan. Bisa dilihat pada tag line pertama “Buka Langsung Untung”, ini merupakan magic word yang membuat orang penasaran dan mencari tahu apa yang ditawarkan. Iklan penawaran ini biasanya berupa investasi, perumahan, apartemen dan lain sebagainya.

struktur dan contoh iklan

Contoh Iklan Jasa

Iklan jasa juga sering kita jumpai. Bahkan sebagian besar yang kita jumpai di jalan adalah iklan jasa. Ambil salah satu contohnya: iklan jasa sedot WC. Iklan ini sangat masif, di setiap gang, tembok dan tiang listrik ada lembaran iklan jasa sedot WC.

cara membuat iklan dan contoh iklan yang menaris

contoh iklan beserta gambarnya

Contoh Iklan Barang

Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak sekali contoh iklan baris jual barang yang sering kita temui. Barang akan mudah dikenal masyarakat apabila kita, mengiklankan produk/jasa tersebut, karena dalam waktu sekejap produk/jasa tersebut bisa dilihat/dibaca/didengar masyarakat (tergantung tingkat cangkupannya).

Bahwa jaman sekarang ini marak-maraknya iklan beredar. Entah di koran, radio, televisi, pinggir jalan dan media-media yang lainnya. Jika anda berkeinginan untuk mengiklankan barang anda, Dibawah ini ada beberapa contoh iklan barang terbaik yang bisa kalian tiru, berikut contohnya.

Untuk jenis iklan yang satu ini bisa kalian perhatikan beberapa gambar berikut ini.

contoh iklan beserta fungsinya

Contoh Iklan Promosi

Contoh iklan promosi suatu barang pada umumnya adalah brosur. Tetapi sekarang ini barang jualan kita dapat dipromosikan lewat media digital. Contoh instagram, twiter, facebook, bbm, whatshap, maupun website marketpalce. Kalian pasti mengenal bukalapak, tokopedia, lazada, blibli. Shopee dan lain-lain. Itu merupakan platform untuk jualan kamu,yang disebut website penyedia toko online. Untuk contohnya bisa kalian lihat gambar berikut ini.

contoh iklan promosi barang dan jasa

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat (ILK) adalah jenis iklan yang menampilkan pesan-pesan sosial yang tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap isu sosial yang diangkat dalam iklan tersebut. Untuk contohnya bisa kalian perhatikan beberapa gambar berikut ini :

gambar contoh iklan layanan masyarakat

cara membuat dan contoh iklan layanan masyarakat

video contoh iklan layanan masyarakat


Contoh Iklan Jual Rumah

 

Untuk jenis iklan yang satu ini bisa kalian perhatikan contoh penulisannya yang benar adalah sebagai berikut ini :

DIJUAL RUMAH DI KOMPLEK TIRTAWENING UJUNGBERUNG BANDUNG LINGKUNGAN SANGAT NYAMAN
LT/LB: 554/250, K. Tidur Utama: 4, K. Mandi Utama: 2
Komplek Tirtawening Jl. Tirta 5 No. 133B Ujungberung Bandung
Bandung, Jawa Barat
18 Januari 2011
Rumah Dijual

Rp. 600.000.000,-

Baca juga : 10 Daftar negara terkecil di dunia beserta keunikannya

Contoh Iklan Bergambar

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali jenis iklan bergambar yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Adapun untuk contoh ikan bergambar adalah sebagai berikut :

contoh iklan bergambar beserta cara membuatnya

Contoh Iklan Pencariaan

Kehilangan sebuah barang berharga tentunya sangat membingungkan, segala cara akan dilakukan agar menemukannya. Pada saat tertentu, kehilangan surat berharga tentunya harus mengajukan surat baru ke polisi. Dan tentunya hal tersebut membutuhkan waktu yang lama, karena harus mengurusi persyaratan pengajuan. Bahkan terkadang juga harus memenuhi salah satu syarat baru akan keluar.

Dengan hal tersebut, tentunya Anda membutuhkan media lain yang akan membantu Anda untuk menemukan barang berharga Anda. Salah satu media yang bisa Anda gunakan adalah iklan di koran. Dengan demikian tentunya Anda membutuhkan contoh iklan baris pencarian barang hilang, karena dalam penulisan iklan baris di koran tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Untuk itu berikut ini beberapa contoh iklan pencarian barang yang sering kita temukan

HILANG SERTIFIKAT
Hak milik No. 1546; Rt 05/09 Kel. Tanjung, Kec Sentul, Kab Bekasi, No. Seri Sertifikat AN 7650987 an Salim bin sulaiman
HILANG SHM No. 765 an Subari Jl. Mawar IV E-7165 Rt 09/06 Kel Paseban Kec. Senen JakPus
 jenis dan contoh iklan dengan lengkap

Contoh Iklan Radio

Untuk jenis iklan radio yang satu ini bisa kalian lihat video berikut ini :


Nah, itulah tadi penjelasan secara lengkap tentang iklan, mulai dari pengertian sampai contoh iklan yang bagus itu seperti apa. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan membantu bagi kita semua. Terima Kasih… 🙂

Leave a Comment

%d bloggers like this: