10+ Panduan Lengkap Cara Memilih Laptop yang Bagus dan Berkualitas

Cara Memilih Laptop – Laptop merupakan sebuah evolusi dari komputer dengan memiliki bentuk yang lebih praktis. Untuk saat ini laptop atau komputer menjadi alat yang pokok dalam suatu pekerjaan. Selain itu, barang ini juga digolongkan sebagai kebutuhan tersier.

Hal tersebut sudah sangat biasa karena untuk sekarang ini tuntutan didunia kerja serta perkembangan zaman yang sangat pesat pastilah alat yang satu ini sangat memiliki fungsi kegunaan yang besar. Dengan adanya laptop ini manusia akan sangat terbantu dalam pekerjaannya. Tak hanya didunia kerja saja, laptop atau komputer juga sangat penting didunia sekolah, yaitu untuk menunjang pembelajaran, untuk menyelesaikan tugas yang diberikan guru dan bahkan juga bisa untuk mencari berbagai informasi yang penting.

Selain beberapa fungsi diatas, laptop atau komputer juga memiliki fungsi, spesifikasi dan kualitas yang berbeda-beda. Sebagai contohnya ada laptop yang dibuat khusus untuk mereka yang senang didunia game, untuk para desainer, untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dan masih banyak lagi.

Terkadang banyak orang yang mengalami masalah dalam memilih laptop apa yang cocok atau pantas untuk digunakan. Apabila sudah salah dalam memilih laptop tersebut, maka dalam melakukan aktivitas didalam laptop tersebut, pekerjaan kita akan kurang maksimal bahkan dapat mempercepat rusaknya laptop tersebut.

Nah..untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan tersebut, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips memilih laptop yang bagus dan berkualitas. Dengan begitu nantinya ketika kalian membeli laptop tidak menyesal dan pastinya akan lebih awet. Langsung saja…berikut tips cara memilih laptop yang bagus dan berkualitas.

Cara Memilih Laptop yang Bagus dan Berkualitas

cara memilih laptop yang bagus dan berkualitas
Cara Memilih Laptop yang Bagus dan Berkualitas

Jika diantara kalian ada yang masih bingung dengan cara memilih laptop yang bagus, kali ini kita akan membahas tentang tips memilih laptop yang bagus dan tentunya juga memiliki kualitas yang tinggi. Berikut adalah tips atau cara memilih laptop yang bagus.

Lihat Spesifikasi pada Laptop

Mengenai spesifikasi pada laptop ini sudah seharusnya kita perhatikan dengan teliti. Untuk saat ini banyak sekali laptop yang memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan masih dalam satu merk. Bagi sebuah laptop yang memiliki kualitas atau spesifikasi yang tinggi kalian harus lebih cermat lagi dalam memilihnya dan jangan terkecoh dengan harga.

Memiliki sebuah laptop dengan harga yang murah dengan kualitas yang bagus adalah dambaan setiap orang. Hanya sekedar gambaran saja berikut ada spesifikasi laptop yang sudah lumayan bagus dengan harga sekitar 5 jutaan.

BagianSpesifikasi
ProcessorMenggunakan Intel Core i3-4130 3.4 Ghz
Mother BoardECS B85H3-M7 (LGA1150, Intel B85, DDR3)
HarddiskWDC 1TB SATA3 64MB – Caviar Blue
VGAPower Color Radeon HD7730 2048MB DDR3
Memory RAMCorsair DDR3 Vengeance Black PC12800 4GB (2X2GB)
Keyboard dan MouseLogitech Classic MK100 PS2

Dari sedikit paparan mengenai spesifikasi dari laptop diatas, pastinya saat ini kalian sudan memiliki gambaran untuk menentukan laptop seperti apa yang nantinya akan dibeli. Atau jika diantara kalian ada yang menemukan harga yang lebih murah dan juga memiliki kualitas yang lebih baik dari yang diatas, maka saran saya itu sangat bagus untuk dibeli.

Sesuaikan Laptop dengan Kebutuhan Anda

tips memilih laptop
Fungsi Laptop untuk Bermain Game

Dengan mengetahui kebutuhan saat ini, kalian akan dengan mudah dalam menentukan jenis laptop seperti apa yang diperlukan. Setelah mengetahuinya, penting juga memperhatikan kualitas atau spesifikasi pada laptop seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Sebagai contohnya ada beberapa laptop yang didesain khusus sesuai dengan kegunaan para pengguna, misalnya:

  • Bagi Pelajar : laptop yang sering dipakai dikalangan pelajar biasanya hanya untuk mengetik dan bermain game saja dan memiliki ukuran yang ringan. Bagi kalian yang masih pelajar dapat menggunakan laptop yang memiliki spesifikasi yang sedang. Atau bisa juga yang memiliki menggunakan processor Core i3 Generasi 3 tanpa VGA atau yang semacamnya.
  • Untuk kalangan pegawai : biasanya para pegawai kantoran memakai laptop yang memiliki spesifikasi yang khusus yaitu Processornya Core i3 dan memakai RAM 2GB. Selain itu dalam menyelesaikan pekerjaannya mereka umumnya menggunakan aplikasi untuk bekerja seperti: Microsoft Office dan juga beberapa Browser agar dapat terhubung ke internet.
  • Untuk ada Desainer dan Gammer : bagi kalian yang senang didunia gammer atau desain, maka harus mempunyai laptop yang memiliki spesifikasi yang tinggi. Pada umumnya processor yang digunakan pada aktivitas game dan desain grafis atau sebagainya, mereka memakai laptop yang memiliki Processor Core i7 dan minimal menggunakan VGA GTX 680 serta RAM minimal 4 GB

Ukuran Sebuah Laptop (Portabilitas)

ukuran pada laptop
Contoh Laptop yang Memiliki Ukuran yang Tipis

Nah, bagi kalian yang mempunyai mobilitas tinggi, salah satunya yaitu harus membawa laptop ke mana pun ketika pergi, ukuran dan berat laptop harus diperhatikan. Hal tersebut tentu saja agar tidak ingin merepotkan saat di perjalanan. Tetapi pastikan harus memilih desain yang solid dan tidak ringkih, mengingat harus dibawa ke mana-mana. Sedangkan buat kamu yang jarang membawa laptop ke mana-mana, namun lebih banyak menggunakan laptop di kantor atau di rumah, juga bisa membeli laptop dengan ukuran layar yang lebih besar.

Oleh sebab itu penting juga mengetahui kriteria ukiran pada laptop yang paling cocok kita gunakan saat ini, misalnya:

  • Laptop yang memiliki ukuran 11 hingga 13 Inchi, sangat pas bagi mereka yang hobi bepergian dengan selalu membawa laptop. Selain mudah untuk dibawa, nantinya juga tidak akan memberatkan saat perjalanan.
  • Laptop dengan ukuran 14 sampai 15 Inchi, dengan ukuran seperti itu merupakan laptop dengan jenis sedang dan umum dalam penggunaannya.
  • Ukuran laptop 16 Inchi sangat pas badi mereka yang hobi dalam bermain game dan edit foto atau sebagainya. Namun masih kurang pas juga karena pada layarnya yang kecil.
  • Untuk ukuran laptop 17 Inchi ini sangat direkomendasikan untuk mengedit video bahkan sangat cocok untuk main game. Selain itu penggunanya akan merasa nyaman dengan ukuran layar yang besar dan biasanya laptop dengan spesifikasi seperti ini juga memiliki harga yang lumayan tinggi.

Hybird vs Konvensional

tips memilih laptop yang berkualitas
Konvensional dengan Hybird

Untuk saat ini telah hadir inovasi dengan model laptop yang memiliki layarnya dapat dipisah dengan keyboard atau bisa di pasang serta lepas. Sejak kemunculan sistem operasi windows 8, ternyata ada laptop yang bisa digunakan seperti sebuah tablet dan juga bisa jadikan laptop dengan memasang kembali layar dengan keyboard. Apabila diantara kalian ingin membeli laptop dan tablet maka sebagai alternatifnya yaitu dengan membeli laptop jenis Hybrid, namun jika kalian membutuhkan laptop konvensional saja, maka bisa membeli laptop biasa saja karena dari segi harga untuk laptop jenis Hybrid lebih mahal

Kenyamanan Keyboard pada Laptop

contoh laptop yang bagus
Keyboard pada Laptop akan Mempengaruhi Kenyamanan Pengguna

Dalam memilih sebuah laptop kalian juga harus memperhatikan pada bagian keyboardnya. Hal yang harus diperhatikan yaitu pada jarak antara tombol dan besar kecilnya, karena faktor ini akan mempengaruhi kenyamanan kalian dalam melakukan aktivitas didepan laptop.

Baca juga : Komponen pada Komputer Beserta Fungsi dan Keterangannya

Daya Tahan Baterai Laptop

cara memilih laptop yang berkualitas
Pengaruh Daya Tahan Baterai pada Laptop

Sebagai kelebihan laptop yang mudah untuk dibawa-bawa dan mengunakan baterai sebagai sumber penyimpanan energinya, yang jadi masalah ketika baterai yang digunakan sebagai penyuplai energi listrik untuk laptop mudah habis. Pada laptop versi yang lama yang memiliki daya baterai yang bisa terbilang rendah dan biasanya cepat habis dalam waktu sekitar 2 hingga 3 jam.

Untuk saat ini sebaiknya kalian membeli laptop model terbaru yang memiliki kelebihan seperti memiliki daya hidup baterai lebih tahan lama jika dibandingkan dengan laptop versi lama yang memiliki daya hidup baterai yang boros. Laptop model terbaru memiliki durasi sekitar 10 hingga 20 jam menyala.

Merk atau Brand suatu Laptop

cara memilih laptop
Contoh Brand pada Laptop

 

Jika kalian sebagai konsumen harus pandai dalam memilih suatu merk atau brand suatu produk yang nantinya akan dibeli. Dalam menentukan brand tersebut setiap orang pasti memiliki pendapat yang berbeda-beda. Namun jika masih bingung, kalian juga bisa meminta referensi pada teman kalian yang menurutnya merek laptop apa yang bagus dan berkualitas.

Garansi yang diberikan pada Laptop

Setelah memperhatikan beberapa hal diatas dan kalian yakin dengan pilihannya, jangan lupa kalian juga memperhatikan pada garansi yang diberikan untuk jenis laptop yang dibeli. Hal tersebut sangat penting karena jika barang tersebut sudah dibeli dan beberapa saat setelah itu akan mengalami masalah, maka kalian dapat menukarnya dengan yang lain dengan sesuai ketentuan yang berlaku.

Kelengkapan Konektivitas pada Laptop

cara memilih laptop yang bagus
Kelengkapan Konektifitas pada Laptop

Kelengkapan konektivitas yang ada pada laptop juga tak kalah penting untuk diperhatikan, mulai dari USB dan yang lainnya. Port tersebut sangat diperlukan kerena kebanyakan dari beberapa perangkat pendukung yang lainnya seperti: mouse, flashdisk, modem, memory card dan lainnya akan membutuhkan adanya port USB untuk menyambungkan pada laptop. Dengan demikian pilih laptop yang memiliki port USB setidaknya ada 3 buah. Selain itu, port pendukung lain yang juga ada pada laptop tersebut yakni port HDMI/VGA, port LAN dan juga WIFI.

Nah..itulah tadi beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih laptop yang bagus. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian dan juga tidak bingung lagi dalam memilih laptop yang diinginkan. Serta jangan lupa baca juga artikel yang lainnya, agar menambah pengetahuan kalian. 😉

Leave a Comment

%d bloggers like this: