10+ Cara Membuat Squishy dengan Bahan yang Sederhana beserta Video Pembuatannya

Cara Membuat SquishyHallo sobat, tahu nggak sih apa itu Squishy? Squishy yaitu adalah sebuah mainan yang memiliki tekstur lembut dan kenyal, sehingga membuat banyak orang merasa gemas dan ingin terus untuk merematnya. Pada saat ini mainan ini sangat digemari oleh kebanyakan anak kecil.

Nama Squishy sendiri ternyata berasal dari bahasa inggris yang berarti sesuatu benda yang hampir sama dengan spons yang menggemaskan. Selain dilingkungan anak-anak untuk sekarang ini mainan tersebut juga sedang booming juga dikalangan orang dewasa. Mainan ini sangat populer di Indonesia dan banyak juga digemari di luar negeri sana. Mengapa mainan ini banyak digemari oleh banyak orang? karena Squishy ini ternyata bisa menjadi alat untuk melepaskan stres di kepala kita. Dijamin deh, badmood  kalian akan hilang hanya dengan memainkan mainan ini.

Ada nggak diantara kalian yang tidak tahu tentang apa itu Squishy ? Terbuat dari apa sih Squishy itu? Terus bagaimana cara membuatnya? Buat kalian yang masih penasaran tentang mainan ini, tenang… pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara tuntas tentang Squishy, terutama pada cara pembuatannya. Daripada terus penasaran, simak aja yuk artikel tentang Squishy berikut…

Apa itu Squishy ?

cara membuat squishy

Squishy yaitu merupakan sebuah mainan yang sangat unik dan lucu. Selain itu mainan ini juga terbuat dari bahan busa yang lembut dan fleksibel atau empuk. Untuk cara memainkannya, kita hanya cukup meremat-rematnya. Ketika memainkannya, mainan tersebut akan menjadi mengerut atau penyet dan ketika dilepaskan maka akan kembali lagi sama seperti semula.

Untuk sekarang ini Squishy telah banyak sekali diperjual belikan dalam berbagai bentuk, dan kebanyakan dijual dalam bentuk, seperti: gantungan kunci, gantungan handphone, gantungan tas. Dengan bentuk yang tidak terlalu besar, maka mainan ini bisa dibawa kemana-mana.

Tak hanya dalam bentuk gantungan kunci saja, ternyata ada juga yang dijual dalam berbagai bentuk karakter kartun, seperti, hello kitty, kartun disney, rikkakuma, dan karakter lucu lainnya. Selain itu ada masih banyak lagi bentuk yang lucu lainnya, misalnya: dalam bentuk makanan, boneka, dan es krim.

Dari sekian banyak jenis, yang paling terkenal adalah Breadou Squishy, yaitu Squishy yang berbentuk, warna dan wanginya hampir sama dengan roti asli. Pada bentuk ini ada yang kebanyakan mirip dengan roti bun, roti melon, donat, pie, roti tawar, Macaron dan bentuk lainnya.

Tetapi yang harus diperhatikan nih…, jika kalian sedang merasa lapar, jangan sampai salah ngambil ya, nanti malah Squishynya lagi yang dimakan. Hehehe…

Cara Membuat Squishy dari Bahan yang Sederhana

Bagaimana, sudah tahukan gambaran secara umum tentang Squishy? Jika sudah, lantas bagaimanakah cara membuatnya? Tenang…jika diantara kalian ada yang belum tahu cara pembuatannya, pada bab kali ini akan kita bahas tentang cara membuat Squishy dengan bahan yang sederhana  dan mudah tentunya. Nah…simak yuk cara pembuatannya satu persatu.

Cara Membuat Squishy dari Spons

cara membuat squishy dari spons
Contoh Squishy dari Spons dengan Bentuk Roti

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa Squishy terbuat dari bahan dasar spons. Kemudian bagaimana cara membuat Squishy dari spons tersebut? Nah…berikut cara membuat Squishy dari bahan spons.

Alat dan Bahan untuk Membuat Squishy dari Spons

Untuk membuat Squishy dari spons ada beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, antara lain:

  • Bahan utama yaitu spons, selain itu bisa juga menggunakan busa yang sering dipakai untuk mencuci piring atau yang biasanya untuk makeup.
  • Alat utama seperti gunting yang akan digunakan untuk memotong spons.
  • Lem, lebih baiknya gunakan jenis lem yang tidak kaku saat mengering, seperti: lem silikon atau arcilic.
  • Gunakan puffy print atau cat timbul yang akan digunakan pada proses pewarnaan.
  • Kuas yang berukuran sedang agar memudahkan dalam proses pewarnaan.

Langkah Membuat Squishy dengan Bahan Spons

Berikut langkah-langkah pembuatan Squishy dengan spons:

  1. Langkah pertama untuk membuat Squishy yaitu mempersiapkan alat dan bahan terlebih dahulu, dan jangan lupa untuk desain dan bentuk Squishy yang ingin dibuat. Untuk kalian yang baru pertama kali membuat Squishy, lebih baik mencoba membuat bentuk yang lebih mudah dulu seperti roti tawar yang nantinya tinggal dihiasi lebih variatif lagi.
  2. Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan serta bentuk seperti apa yang ingin dibuat, kemudian potonglah busa atau spons sesuai bentuk yang kalian inginkan tadi.
  3. Gabungkan beberapa potongan spons tersebut dengan menggunakan lem dan tunggulah sampai kering.
  4. Langkah selanjutnya yaitu memberi warna Squishy tersebut. Akan tetapi sebelum dicat, pastikan terlebih dahulu busa atau spons tersebut dalam keadaan bersih dan tidak basah, agar hasilnya lebih maksimal dan bagus.
  5. Selanjutnya tunggulah busa tersebut sampai kering sebelum melakukan langkah selanjutnya.
  6. Langkah terakhir yaitu menusukan ring gantungan kunci pada busa. Setelah itu tambahkan lem pada ring gantungan yang telah ditusukan pada busa agar lebih kuat dan merekat.

Untuk contoh yang lainnya, silahkan tonton video berikut ini:


Cara Membuat Squishy dari Clay

cara membuat squishy dengan clay
Contoh Squishy dengan Clay

Selain menggunakan spons ada juga bahan lain yang bisa digunakan untuk membuat Squishy . Kalau tadi menggunakan spons, nah…kali ini menggunakan bahan Clay. Sebelumnya yang harus kalian tahu tentang Clay. Clay adalah sejenis mainan yang terbuat dari lilin, tetapi memiliki bentuk yang fleksibel dan bisa diubah dengan berbagai tekstur serta bentuk yang variatif.

Daripada penasaran, berikut langkah-langkah pembuatan Squishy dari Clay:

Alat dan Bahan untuk Membuat Squishy dari Clay

Ada beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan seperti:

  • Bahan utama tentunya yaitu Clay. Setelah ada, kemudian pilihlah warna yang menurut kalian cocok dan bagus untuk digunakan membuat Squishy.
  • Gunakan sedikit spons atau busa, sesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan.
  • Gunakan tutup toples atau lainnya yang berbentuk bulat.
  • Siapkan lem putih (white glue) yang nanti akan digunakan untuk melapisi pada bagian luar Clay.
  • Cat timbul (puffy print) yang akan digunakan untuk menghiasi Squishy nanti. Selain itu kalian juga bisa menggunakan cat minyak.
  • Siapkan gunting untuk memotong bahan nanti.
  • Bolpoin atau alat tulis lainnya yang akan digunakan untuk membuat pola Squishy.
  • Plastik atau wadah Clay ketika sudah dibentuk.

Proses Pembuatan Squishy dari Clay

Berikut langkah-langkah membuat Squishy dari Clay:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu mempersiapkan spons. Lalu buatlah pola berbentuk bulat, dan untuk membentuknya kalian bisa menggunakan tutup toples yang kecil atau dengan tutup bedak bekas yang telah disiapkan tadi.
  2. Selanjutnya yaitu kalian gunting pada bagian spons tersebut, kemudian ambil Clay yang telah disiapkan tadi. Gunakan Clay sesuai kebutuhan kalian saja.
  3. Kemudian buatlah bentuk bulat lagi tetapi pada clay, lalu Clay yang sudah dibentuk tersebut taruh saja di atas plastik kecil, yang bertujuan agar tidak lengket, dan tekan sampai menipis.
  4. Setelah itu, taruhlah spons tadi di atas Clay. Kemudian lapisi spons dengan Clay hingga seluruh bagian spons tertutupi oleh Clay. Lalu haluskan pada bagian tertentu yang masih terasa kasar agar terlihat lebih bagus lagi.
  5. Langkah selanjutnya, yaitu kalian bisa campurkan Clay dengan lem putih, dan setelah itu bisa kalian lukis Squishy Clay sesuai dengan ide kreasimu, selain itu bisa juga dengan bentuk emoji ataupun variasi lainnya.
  6. namun apabila ingin squishy buatan kamu memiliki struktur yang lebih slow dan smooth, bisa kamu coba dengan memasukkan ke dalam kulkas. Setelah itu Squishy Clay hasil buatan kalian bisa dimainkan sepuasnya.

 

Baca juga : Contoh desain undangan pernikahan yang simple, unik dan elegan

Cara Membuat Squishy dengan Lem Fox

cara membuat squishy dengan lem fox
Contoh Hasil Pembuatan Squishy dari Lem Fox

Selain terbuat dari spons, ternyata ada juga Squishy  yang menggunakan dari lem fox. Sebagai contohnya, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara pembuatan Squishy dari lem fox. Penasarankan..? Nah…kali ini kita akan membuat Squishy yang berbentuk seperti donat. Langsung saja berikut langkah-langkah pembuatannya.

Alat dan Bahan untuk Membuat Squishy  dari Lem Fox

  • Bahan utama yaitu asih menggunakan spons.
  • Lem Fox.
  • Air yang panas.
  • Pewarna, yang nantinya akan digunakan untuk menghiasi Squishy.

Langkah-langkah Pembuatan Squishy dengan lem Fox

  1. Siapkan bahan utama, yaitu spons dan kemudian potonglah sesuai ukuran yang kalian inginkan dengan bentuk seperti donat.
  2. Buatlah sebuah adonan dari lem fox, dan tambahkan air panas secukupnya saja.
  3. Aduklah adonan lem tersebut hingga semuanya tercampur dengan rata.
  4. Setelah itu oleskan adonan tersebut pada permukaan spons yang berbentuk donat tadi sampai merata.
  5. Kemudian jemurlah spons tersebut dibawah sinar matahari sekitar 3 sampai 8 jam sampai kering.
  6. Setelah kering, kemudian buatlah adonan lagi untukwarna lain yang nantinya akan digunakan sebagai mayonaise pada lapisan paling atas donat. Kalian juga bisa menggunakan warna kesukaan kalian, misalnya:putih, cokelat atau pink. Untuk cara membuatnya yaitu tinggal melarutkan pewarna dengan air secukupnya.
  7. Setelah adonan tersebut jadi, kemudian oleskan secara perlahan pada bagian atas spons yang berbentuk donat tersebut. Alangkah baiknya jika ingin hasilnya maksimal, kalian bisa menggunakan kuas yang berukuran kecil.
  8. Langkah terakhir yaitu jemur kembali Squishy yang sudah diberi warna tersebut hingga kering.
  9. Jika kalian ingin menjadikan Squishy tersebut menjadi gantungan kunci, bisa kalian tambahkan ring pada salah satu bagian terluar spons.

Agar lebih jelasnya lagi simak video berikut ini:


Cara Membuat Squishy dari Slime

cara membuat squishy dengan slime
Hasil jadi Squishy dengan Slime

Pada bab ini kita akan membahas tentang cara pembuatan Squishy dari bahan yang berbeda, yaitu Slime. Nah…sebelum masuk pada pembahasan kita, ada yang tahu tidak, apa itu Slime? Bagi ada yang belum tahu, ada sedikit penjelasan tentang apa itu Slime?

Slime merupakan sebuah mainan yang memiliki tekstur yang lengket dan padat. Selain itu banyak juga varian warna dan bentuk dari bahan yang satu ini. Slime ini juga sangat populer saat ini, sama halnya dengan mainan Squishy.

Nah..,kali ini akan saya jelaskan  tentang bagaimana cara membuat Squishy dari bahan Slime dengan bentuk ‘pancake‘. Tentunya kalian sudah penasarankan tentang cara membuatnya dan nanti hasilnya akan seperti apa?  Langsung saja, berikut cara pembuatan Squishy  dari Slime.

Alat dan Bahan Membuat Squishy dari Slime

Untuk membuat Squishy dari bahan Slime ini ada beberapa alat dan bahan yang harus kalian siapkan, diantaranya adalah:

  • Untuk bahan utama yaitu Slime, kalian bisa menggunakan yang berwarna putih atau gunakan warna sesuai kesukaan masing-masing.
  • Jangan lupa siapkan juga spons yang nantinya akan kita gunakan untuk bahan pembuatan Slime.
  • Siapkan cat timbul dengan berbagai macam warna.
  • Sebuah wadah, yang nantinya akan digunakan sebagai tempat cat.
  • Stik es krim atau bahan lainnya untuk mengaduk Slime.
  • Siapkan plastik kecil untuk dijadikan alas Squishy agar nantinya tidak lengket.
  • Kuas kecil yang akan digunakan untuk mengecat Squishy yang akan kalian buat.

Tahapan dan cara membuat Squishy dari Slime

Ada beberapa urutan langkah yang harus kalian lakukan untuk membuat Squishy dari Slime ini, diantaranya:

  1. Potonglah spons dengan bentuk yang bulat, Kalian juga dapat menggunakan tutup toples sebagai alat bantu agar terbentuk bulat yang sempurna.
  2. Potonglah juga Slime menjadi 3 bagian, kemudian berilah warna sesuai dengan keinginan kalian, lali gunakan cat timbul.
  3. Setelah itu aduklah dengan stik es krim sampai warna tercampur secara merata. Kemudian tuangkan adonan Slime pertama pada spons, setelah itu letakkan pada wadah atau toples agar tidak tercecer.
  4. Setelah selesai, diamkan selama 3 sampai 8 jam atau sampai kering, Lakukan secara berulang hingga adonan Slime bagian pertama habis.
  5. Agar terlihat lebih bagus, berikan hiasan mayonais pada pancake, manfaatkan adonan Slime bagian ke 2 dan 3. Lalu hiasi pancake dengan kreasi dan kesukaan kalian, agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya gunakan kuas.
  6. Kemudian diamkan selama kurang lebih 3 jam atau hingga kering, lalu simpan di dalam kulkas, agar tekstur Squishy menjadi slow.

Cara Membuat Squishy Menjadi Slow

cara membuat squishy slow
Cara membuat Squishy Slow

Mungkin diantara kalian ada yang belum tahu tentang apa itu Squishy Slow. Yang dimaksud dengan Squishy Slow yaitu merupakan salah satu jenis Squishy yang memiliki tekstur yang sangat lembut dan kenyal. Untuk sekarang ini, akan kami jelaskan tentang cara membuat Squishy Slow dengan mudah.

Dalam pembuatannya pun tidak sesulit yang kalian bayangkan.Kalian pun hanya cukup menyiapkan satu buah Squishy yang sudah jadi. Kalian pun juga bisa mendapatkannya di beberapa toko terdekat yang ada di daerah kalian.

Untuk pembuatannya, berikut langkah-langkah yang harus kalian lakukan.

Alat dan Bahan untuk Membuat Squishy 

  • Squishy dengan bentuk sesuka kalian.
  • Plastik kecil.

Cara Membuat Squishy menjadi Slow

Ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan, antara lain:

  1. Masukkan Squishy yang telah kalian siapkan tadi ke dalam plastik dan tutuplah dengan rapat.
  2. Kemudian masukkan ke dalam kulkas dan diamkan sekitar selama 10 menit.
  3. Setelah itu keluarkan plastik yang berisi Squishy tadi dari kulkas.
  4. Bukalah plastik tersebut dan ambillah Squishy yang ada didalamnya.
  5. Dan jadilah Squishy Slownya.

Sangat mudah bukan? Coba deh kalian bandingkan Squishy yang belum dimasukan ke dalam kulkas dengan yang sudah, maka hasilnya akan berbeda. Untuk hasil Squishy yang telah dimasukan ke dalam kulkas tadi, akan lebih lembut dan kenyal. Silahkan coba aja deh… 🙂 Masih bingung? Simak video berikut ini agar lebih jelas:


Cara Membuat Squishy Macaroon

cara membuat squishy macaroon
Contoh Squishy dengan Bentuk Macaroon

Nah…pada bab ini kita akan membahas tentang cara membuat Squishy Macaroon dengan mudah. Sebelum masuk pada pembahasan kita, mungkin diantara kalian ada yang bertanya-tanya tentang apa itu Squishy Macaron? Bagi yang belum tahu, Squishy Macaroon adalah Squishy yang memiliki bentuk yang mungil, lucu dan hampir menyerupai dengan kue Macaroon atau di Indonesia yaitu seperti kue Serabi. Terus bagaimana cara membuatnya? Nah…berikut kita akan membahas tentang cara pembuatan Squishy Macaroon dengan mudah.

Baca juga : Cara memilih laptop yang berkualitas dan murah

Alat dan Bahan yang dibutuhkan untuk Membuat Squishy Macaroon

Ada beberapa alat dan bahan yang harus kalian persiapkan untuk membuat Squishy Macaroon ini, antara lain:

  • Spons sebagai bahan utama pembuatan Squishy.
  • Sendok.
  • White Glue.
  • Gunting.
  • Tempat Hair Dryler.
  • Plastik.
  • Pewarna (Color Akrilik).
  • Wadah (mangkok kecil).

Langkah-langkah Pembuatan Squishy Macaroon

Ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan untuk membuat Squishy Macaroon ini diantaranya sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu memotong spons dengan bentuk seperti Macaroon. Agar hasilnya lebih bagus dan rapi, potonglah dengan perlahan dan hati-hati.
  2. Siapkan pelekat White Glue pada mangkok kecil yang telah disiapkan tadi.
  3. Tambahkan sedikit warna pada White Glue tadi sesuai dengan kesukaan kalian masing-masing, lalu aduklah hingga semuanya tercampur dengan rata.
  4. Setelah semua tercampur, kemudian oleskan pada permukaan spons dan pastikan semua bagian spons terlapisi oleh pelekat tadi. Agar hasilnya maksimal, alangkah baiknya jika menggunakan kuas atau alat bantu lainnya.
  5. Setelah itu buatlah sebuah garis cekung yang melingkar pada bagian tengah spons yang telah diberi warna tadi, kemudian warnailah garis yang melingkar tersebut dengan menggunakan pelekat warna putih untuk menambahkan toping yang menyerupai seperti selai.
  6. Apabila semua bagian telah terlapisi oleh pelekat dan sudah benar-benar menyerupai Macaroonn, agar lebih cepat kering gunakanlah Hair Dryer untuk mengeringkan lem tersebut.

Jika masih belum paham, simaklah video tutorial berikut ini:


Nah…itulah tadi beberapa cara membuat Squishy dengan berbagai bentuk. Bagaimana…mudah bukan? Tunggu apa lagi, ayo segera buat dan semoga berhasil 😉

Leave a Comment

%d bloggers like this: