Bacaan Doa Sholat Dhuha Beserta Manfaat dan Keutamaannya [Lengkap]

Doa Sholat Dhuha – Hallo sobat, selamat datang kembali di portal informasi Balubu. Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas sedikit mengenai beberapa penyakit hati dalam Islam. Nah, untuk kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Doa Sholat Dhuha dengan lengkap.

Akan tetapi pada artikel ini kita tidak hanya tentang Doa Sholat Dhuha saja, melainkan membahas secara lengkap tentang Sholat Dhuha itu sendiri, mulai dari niat sholat dhuha, bacaan sholat dhuha, filosofinya hingga berbagai keutamaan sholat dhuha itu sendiri.

Dengan mengetahui secara keseluruhan dari sholat dhuha ini sampai keutamaannya akan membuat kita lebih bersemangat dalam mengerjakan sholat dhuha. Maka dari itu saya sarankan untuk kalian agar membaca artikel ini sampai selesai. 😉

Seperti yang kita ketahui bahwa sholat dhuha merupakan salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu sebagai seorang muslim kita juga harus tetap melaksanakan segala sesuatu yang telah disyariatkan oleh Rasulullah SAW, salah satunya yaitu sholat dhuha.

Nah, tak usah berlama-lama, langsung saja mari kita bahas bersama-sama segala sesuatu yang berkaitan dengan sholat dhuha. Berikut penjelasan secara lengkap tentang sholat dhuha.

Baca juga : 1000+ Kata kata ucapan idul fitri terbaru dan lengkap

Bacaan Doa Sholat Dhuha Lengkap

Nah, dibawah ini bacaan doa sholat dhuha dengan lengkap beserta artinya:

doa sholat dhuha dan artinya

bacaan doa setelah sholat dhuha dan artinya

Kalau masing bingung membacanya berikut bacaan latinnya

Doa sholat dhuha lengkap latin

“ALLAHUMMA INNADHDHUHA-A DHUHA-UKA, WALBAHAA-ABAHAA-UKA, WAL JAMAALA JAMAALUKA, WAL QUWWATA QUWAATUKA, WAL QUDROTA QUDROTUKA, WAL ‘ISHMATA ISHMATUKA.”

“ALLAHUMA INKAANA RIZQII FISSAMMA-I FA ANZILHU, WA INKAANA FIL ARDHI FA-AKHRIJHU, WA INKAANA MU’SIRON FAYASSIRHU, WAINKAANA HAROOMAN FA THOHHIRHU, WA INKAANA BA’IDAN FA QORIBHU, BIHAQQIDUHAA-IKA WA BAHAAIKA, WA JAMAALIKA WA QUWWATIKA WA QUDROTIKA, AATINI MAA ATAITA ‘IBAADAKASH SHOOLIHIiN.”

Artinya

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha itu adalah dhuhamu, keagungan itu merupakan keagunganmu, keindahan itu merupakan keindahanmu, kekuatan itu adalah kekuatanmu, kekuasaan itu adalah kekuasaanmu”, dan penjagaan-penjagaan adalah penjagaanmu.

“Ya Allah, jika rezeki aku masih di langit maka turunkanlah, jika ada di dalam bumi maka keluarkanlah, jika sulit maka mudahkanlah, apabila itu haram maka sucikanlah, jika jauh maka dekatkanlah”.

“Demi kebenaran dhuhamu, keagunganmu, keindahanmu, kekuatanmu dan kekuasaanmu, berikanlah kepadaku sebagaimana apa yang engkau berikan kepada hambamu yang sholeh”.

Niat Sholat Dhuha

Niat merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kita melakukan suatu perbuatan. Apabila kita melakukan suatu perbuatan atau amalan yang tanpa didasari dengan niat, makan perbuatan tersebut tidak akan ada artinya. Nah, berikut ini bacaan niat sholat dhuha beserta artinya:

 

niat sholat dhuha

” Ushollii sunnaatadluhaa rak’ataini mustaqbil alqiblati adaa-a llillaahi ta’aala.”

Artnya : “Saya berniat sholat dhuha 2 rakaat menghadap kiblat karena allah ta’ala”.

Catatan : Jika kalian hendak mendirikan sholat dhuha sebanyak 4 rakaat sekaligus, kalian bisa mengubah niat 2 rakaat menjadi 4 rakaat dengan menyebut “‘arbaa’ata rok’ataini.”

Baca Juga : 1000+ Kumpulan kata kata dilan yang bikin cewek baper

Sholat dhuha

Setelah mengetahui bacaan niat dari sholat dhuha ini selanjutnya kita akan bahas bersama-sama tentang tata cara sholat dhuha yang baik dan benar sesuai dengan hadits. Langsung saja mari kita simak bersama-sama.

Tata Cara Sholat Dhuha

gerakan sholat dhuha

Menurut para ulama, sholat dhuha dikerjakan minimal yaitu 2 rakaat. Selain itu sholat dhuha juga bisa dikerjakan secara berjamaah atau juga bisa sendirian. Dalam melaksanakan sholat dhuha ini layaknya kita harus berada dalam keadaan suci dan kemudian barulah kita bisa melaksanakan sholat dhuha tersebut.

Berikut ini tata cara sholat dhuha dan rukun-rukunnya.

Niat dan Rukun Sholat Dhuha

Untuk pembacaan niat sholat dhuha ini bisa kita ucapkan dengan lisan atau cukup diucapkan dalam hati saja. Cara diucapkan adalah berdasarkan madzhab Imam Syafi’i, hal tersebut bergantung madzhab apa yang anda ikuti, ada yang dibaca dan ada yang sekedar niat. Dalam melakukannya dilakukan berbarengan dengan takbiratul ikhrom.

Bacaan niat sholat dhuha sendiri telah ada pada bab sebelumnya. Selanjutnya setelah melakukan takbiratul ikhrom, kemudian membaca doa iftitah disambung dengan surat Al Fatihah. Dalam pembacaan surat sehabis surat Al Fatihah bisa bebas atau terserah mau menggunakan surat apa (untuk pembacaan surat yang lebih afdhal dibahas pada bab selanjutnya).

Bagi kamu yang sudah tahu bacaan sholat dhuha kali ini kita akan skip saja. Dibab ini hanya penjelasan tambahan mengenai rukun sholat dhuha saja.

Seusai membaca surat setelah surat Al fatihah, lalu melakukan ruku’ dan membaca tasbih tiga kali. Setelah itu bangit dari riku’ dilanjutkan dengan gerakan i’tidal dan membaca bacaan saat i’tidal.

Setelah itu melakukan sujud pertama lalu, yakni dengan membaca tasbih sebanyak tiga kali serta diteruskan dengan duduk diantara dua sujud dibarengi membaca bacaan duduk diantara dua sujud. Kemudian kembali melakukan sujud yang kedua dengan bacaan yang sama dengan sebelumnya yaitu tasbih sebanyak tiga kali.

Ketika rakaat pertama usai, digenapkan dengan rakaat kedua hingga kita melakukan tasyahhdud akhir lalu salam.

Kalau dari penjelasan diatas tidak jelas, tonton saja video tata cara sholat dhuha berikut:


tata cara sholat dhuha yang banar

 

Baca juga : 999+ Kata kata inspirasi, motivasi, penyemangat hidup lengkap 

Bacaan Sholat Dhuha

Jika menurut beberapa referensi buku, banyak yang mengatakan bahwa lebih afdholnya saat sholat dhuha yakni pada rakaat pertama membaca surat Asy-Syam dan untuk rakaat kedua baca surat A;-lail.

Tetapi pendapat dari Ibnu Hajar Al-Atsqolani, beliau menyarankan agar baca surat Al-Kafirun di rakaat pertama dan pada rakaat kedua adalah membaca surat Al-Ikhlas.

Selain itu tidak salahnya kalau kita membaca surat Adh Dhuha juga karena pada surat tersebut ada nilai-nilai penting yang bisa kita pahami, rasakan, dan diamalkan pada kehidupan sehari-hari.

Sebenarnya masalah mengenai pembacaan surat setelah surat Al Fatihah pada sholat dhuha tidak ada keterangan resmi yang berasal dari Rasulllah SAW tentang surat apa yang harus dibaca. Intinya silahkan baca surat apa saja pada Al Quran sesuai dengan kemauan kita, baiknya sih kita baca surat yang pas dengan kebutuhan kita saat itu.

Waktu Sholat Dhuha

waktu untuk sholat dhuha

Sholat Dhuha adalah shalat yang dikerjakan saat pagi hari selepas sholat subuh, dengan begitu waktu sholat dhuha ini setelah tampak matahari terbit dari timur hingga masuk waktu dzuhur.

Seperti yang kita ketahui bahwasannya waktu sholat dhuha dibagi menjadi dua, yakni:

  1. Pertama, diawal waktu dhuha yakni setelah matahari terbit dan meninggi sampai setinggi tombak, yaitu sekitar 15 menit setelah matahari terbit.
  2. Kedua, diakhir waktu. yaitu dekat dengan waktu sholat dzuhur ketika matahari akan tergelincir diatas kepala.

Kemungkinan waktu atau jam yang diperbolehkan untuk sholat dhuha yakni sekitar jam 06.00 pagi, tetapi ada juga yang mengatakan jam 08.00 pagi (terserah anda mau mengikuti yang mana, kedua pendapatan tersebut sama-sama afdhol). Untuk batasan paling akhir sholat dhuha yaitu sekitar jam 11.00 siang atau mendekati waktu dzuhur.

Pendapat lain yakni berdasarkan fatwa dari Saudi Arabia (Al Lajnah Ad Da-imah) mengatakan bahwa waktu yang bisa kita memulai untuk sholat dhuha adalah sekitar 15 menit setelah matahari terbit.

Selain itu waktu yang paling utama untuk mendirikan sholat dhuha yaitu saat kondisi sudah semakin panas, berikut dalilnya:

waktu dan doa sholat dhuha

An Nawawi begitu juga dengan sya’fi’iyah sepakat akan hadist diatas menjelaskan tentang hadits tersebut bahwasanya hal tersebut adalah waktu utama untuk mengerjakan sholat dhuha meskipun bisa juga dikerjakan pada awal matahari terbit sampai waktu zawal.

Berkenaan dengan hadits yang berkaitan dengan waktu sholat dhuha, diterangkan juga dalam hadits qudsi berikut ini:

kumpulan doa sholat dhuha dan artinya

artinya: ” Allah berfirman: “wahai anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas untuk mengerjakan 4 rakaat pada waktu permulaan siang (sholat dhuha), niscaya pasti akan aku cukupkan kebutuhanmu pada akhir harinya”.

Bacaan Dzikir Setelah Sholat Dhuha

bacaan doa sholat dhuha

Untuk bacaan doa setelah sholat dhuha ini ada beberapa pendapat dari para ulama yang menganjurkan untuk membaca surat Al Ma’tsurat, Asmaul Husna dan beberapa surat-surat pilihan dalam Al Quran  seperti surat Yasin, Al Waqi’ah, Ar Rahman dan Al Mulk.

Nah berikut bacaan dzikir setelah sholat dhuha secara umum:

  1. Membaca Istighfar. Kita bisa membaca sesuai dengan keinginan kita bisa 3 kali, 11 kali, atau 33 kali. Dengan catatan jika kita membacanya semakin banyak dan ikhlas makan akan lebih bagus
  2. Membaca Tasbih. Setelah selesai membaca bacaan Istighfar, kita teruskan dengan membaca kalimat tasbih sebanyak 100 kali.
  3. Kemudian dilanjutkan dengan membaca sholawat kepada Nabi SAW sebanyak 33 kali hingga 100 kali.

Itulah bacaan dzikir setelah sholat dhuha secara umum. Kemudian bagaimana bacaan setelah sholat dhuha yang khusus?

Ada buku referensi khusus untuk anda yang ingin memperdalam lebih lagi, yaitu kitab I’aanatuth Thalibiin juz 1 karya Sayyid Abu Bakar Muhammad Syatha ad-Dimyathi. Kita bisa temukan keterangan doa dan dzikir dalam kitab tersebut pada halaman 255 yang mana beliau dapatkan dan nukil dari kitab Masalikul Qariib.

Berikut doa setelah sholat dhuha yang dikutip dari kitab tersebut:

  1. dzikir sholat dhuha
  2. arti doa sholat dhuha
  3. Ketika selesai membaca dzikir diatas dilanjutkan dengan membaca dia berikut ini:

doa sholat dhuha yang benar

Itulah tadi bacaan dzikir setelah sholat dhuha yang terdapat dalam kitab I’aanatuth Thalibiin karya dari Sayyid Abu Bakar Muhammad Syatha ad-Dimyathi.

Baca juga : Kumpulan kata kata lucu, gokil dan bikin ngaka [Terbaru]

Manfaat dan Keutamaan Shalat Dhuha

manfaat dan keutamaan sholat dhuha

Sebenarnya banyak sekali keutamaan dan manfaat sholat dhuha yang belum diketahui oleh banyak orang. Berikut ini beberapa keutamaan dan manfaat sholat dhuha yang perlu diketahui. Dengan mengetahui manfaat dan keutamaannya kita akan bisa lebih semangat lagi dalam mengerjakan berbagai kebaikan.

Perlu kalian ketahui bahwa selain ditinjau dari pahala untuk akhirat, ternyata juga dapat membuat tubuh kita menjadi sehat. Nah berikut manfaat dan keutamaan sholat dhuha yang lainnya.

Ganjarannya Seperti Bersedekah

keutamaan mengerjakan sholat dhuha

Dari banyaknya manfaat dan keutamaan sholat dhuha, salah satunya adalah diriwayatkan oleh Muslim, Abu Daud dan Ahmad dari Abu Dzar bahwasannya Rasulullah SAW bersabda : “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setia ruas tulang badanmu pada setiap pagi.”

Seperti yang kita ketahui bahwa semua kebaikan adalah sedekah walaupun kelihatan kecil seperti berdzikir, tersenyum dan lainnya. dengan demikian jika kita tidak bisa bersedekah kepada orang lain, kita bisa mengerjakan sholat dhuha karena pahalanya sama dengan bersedekah.

Dalam hal ini telah disebutkan dalam hadits berikut ini:

doa sholat dhuha dan terjemahannya

Sebagai Investasi Amal Cadangan

Seperti yang kita ketahui bahwa sholat sunnah adalah suatu mal ibadah yang salah satu fungsinya yaitu untuk menyempurnakan sholat wajib kita. Selain itu juga sholat wajib adalah suatu amalan yang akan pertama kali dihisab di akhirat kelak.

Jika sholat yang selama ini kita dirikan baik maka bisa diperhitungkan untuk amalan selanjutnya. Akan tetapi apabila sholat kita kurang baik, dengan begitu tidak akan ada perhitungan terhadap amalan selanjutnya. Oleh karena itu dengan mengerjakan sholat dhuha ini akan menjadi amal cadangan kita jika sholat wajib kita belum baik.

Oleh sebab itu dengan mengerjakan sholat sunnah seperti dhuha atau yang lainnya, kita sama saja sedang berinvestasi amalan cadangan yang InsyaAllah bisa menyempurnakan dari kekurangan sholat wajib kita.

Baca juga : Contoh kumpulan syair Agama, Pendidikan, Lingkungan Dll

Mendapatkan Keberuntungan yang Besar

Dalam sebuah kisah diriwayatkan bahwa suatu ketika Rasulullah SAW mengutus para pasukan muslimin untuk berperang membela agama Allah. Dari peperangan tersebut pasukan muslimin mendapat kemenangan menghadapi pasukan musuh. Selain itu juga mendapatkan tidak sedikit harta rampasan yang melimpah.

Disamping itu ada banyak orang yang membicarakan atas peperangan kaum muslimin tersebut serta banyaknya harta rampasan yang didapatkan dari peperangan tersebut.

Kemudian Rasulullah SAW menjelaskan bahwasanya ada beberapa hal yang lebih baik dan utama dari mudahnya mendapatkan kemenangan sekaligus harta rampasan perang yang banyak tersebut, apakah itu?

Sebagaimana yang telah tertera dalam hadis Rasulullah SAW berikut ini:

manfaat dan keutamaan sholat dhuha

Artinya “Dari Abdulloh bin Amr bin Ash, ia berkata “Rasulullah SAW mengirim pasukan perang, lalu pasukan itu mendapatkan harta rampasan perang yang banyak dan cepat kembali (dari medan perang). Orang-orangpun (ramai) memperbincangkan cepat selesainya perang, banyaknya harta rampasan, dan cepat kembalinya mereka. Maka Rasulullah SAW bersabda “Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang lebih cepat selesai perangnya, lebih banyak harta rampasan dan cepatnya kembali? (yaitu) orang yang berwudhu kemudian menuju masjid untuk mengerjakan sholat sunah dhuha. Dialah yang lebih cepat selesai perangnya dan lebih cepat kembalinya.”(H.R Ahmad).

Dari kutipan hadits diatas kita sangat dianjurkan untuk lebih meningkatkan sholat sunnah kita terutama dhuha agar mendapatkan rizki yang banyak.

Segala Kebutuhan Akan Terpenuhi

Dalam zaman yang seperti ini sangat banyak sekali orang yang dari hari ke hari semakin sibuk dengan hal dunianya. Anehnya, dengan berbagai kesibukannya tersebut mereka semakin lalai dengan Allah.

Selain itu meski sudah mencurahkan segala waktunya untuk pekerjaannya, tetap saja manusia merasa kurang akan kebutuhan hidupnya.

Ingat! Bukankah Allah telah berjanji bahwa akan diberikan kelapangan rizki bagi mereka yang selalu istiqomah dan senang melaksanakan sholat dhuha. Hal ini telah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadits. Dari Abu Darda’ bahwasannya Allah SWT telah berfirman:

manfaat sholat dhuha

Dari hadits qudsi diatas bahwasannya Allah SWT telah berjanji kepada orang-orang yaang selalu mengerjakan sholat dhuha di pagi hari, bahwa mereka akan selalu dimudahkan dalam hal rizki dan segala kebutuhannya.

Dengan demikian jika kita memiliki sebuah bisnis yang masih stagnan atau belum berkembang sesuai dengan apa yang kita inginkan, maka mulai sekarang cobalah untuk selalu membiasakan untuk mengerjakan sholat dhuha agar rizki kita menjadi lancar.

Selain itu banyak juga kisah dari beberapa pengusaha muslim yang awalnya memiliki bisnis yang belum seberapa, dan kemudian setelah mengistiqomahkan untuk menjalankan sholat dhuha, usahanya semakin berkembang dan rizkinya pun menjadi lancar.

Untuk Menjaga Keimanan Kita

keutamaan sholat dhuha

Seperti yang kita ketahui bahwa sholat dhuha adalah salah satu amalan sunnah. Tapi walaupun sunnah, amalan ini sangat dianjurkan kepada kita seorang muslim. Disamping itu keutamaan dan nilai pahala seseorang mengerjakan sholat dhuha ini ada banyak sekali dan besar.

Selain itu dengan mengistiqomahkan untuk mengerjakan sholat dhuha setiap hari, keimanan kita akan selalu terjaga. Hal ini karena keimanan seseorang harus tetap dijaga  agar selalu ada dalam jalan yang benar dan jangan sampai terjerumus dalam lubang kekufuran.

Baca juga : Cara membuat telur asin dengan aneka rasa + Video tutorial

Menjaga Kondisi Tubuh

Disaat kita bangun tidur di pagi hari, sering kali badan kita tidak merasa enak. Nah disaat itu cobalah kalian gunakan untuk mengerjakan sholat dhuha, minimal 2 rakaat lah. Ketika sholat pun haruslah dilakukan dengan khusyuk, dan hadirkan semacam energi yang mana energi tersebut mengusir rasa ngantuk dan kemalasan dalam diri kita.

Selain itu juga jadikan sholat dhuha ini sebagai awal kalian untuk memulai beraktifitas sehari-hari.

Untuk Menghilangkan Rasa Stres

Dengan melaksanakan sholat, baik itu yang wajib maupun sunnah, secara otomatis hati kita akan menjadi merasa tenang.. Ternyata hal ini juga berlaku untuk menghilangkan stres.

Disaat kita merasa stres disebabkan adanya banyak sekali masalah yang kita hadapi, sebisa mungkin langsunglah melaksanakan sholat baik itu yang sunnah atau wajib. Jangan sampai stres yang kita alami ini menjadi terpendam dalam tubuh kita.

Berpahala Seperti Umrah

pahala sholat dhuha

Sebagaimana telah dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam At-Thabrani yang menjelaskan bahwa jika sholat berjam’ah di masjid lalu ia berdiam di tempat sholatnya sampai tiba waktu dhuha, kemudian dia melaksanakan sholat dhuha, ia akan mendapatkan pahala seperti naik haji dan umroh diterima.  Para ulama mengatakan bahwa hadist ini kedudukannnya hasan.

Dibangunkan Rumah di Surga

balasan mengerjakan sholat dhuha

Sebagai seorang muslim tentunya kita menginginkan untuk masuk surga. Selain masuk surga, siapa sih yang tidak masu dibangunkan rumah disana? Pastinya semua mau.

Hanya kita berusaha untuk mengistiqomahkan mengerjakan sholat dhuha sebanyak 4 rakaat, kita akan dibangunkan sebuah rumah besar di surga kelak. Hal tersebut telah disebutkan dalam sebuah hadits dari Rasulullah SAW sebagai berikut:

“Barang Siapa Sholat dhuha sebanyak 4 rakaat dan 4 rakaat sebelumnya, maka dia akan dibangunkan rumah di surga,” (Shahih al-Jami’: 634)

Di Surga Bersama Rasulullah SAW

Merupakan suatu anugerah dan kenikmatan yang besar untuk kita bisa bertemu atau berjumpa dengan manusia paling mulia yaitu Rasulullah SAW dan para nabi yang lainnya di surga. Dalam suatu hadits terdapat sebuah keterangan bahwa dengan memperbanyak sujud di dunia akan membantu kita untuk bisa bertemu dengan Rasulullah SAW.

Selain juga mengerjakan sunnah-sunnah dari beliau, dengan mengerjakan sholat dhuha ini juga termasuk salah satu upaya kita untuk memperbanyak sujud kita.

Manfaat Sholat Dhuha Bagi Kesehatan

Selain memiliki banyak sekali manfaat bagi rohani kita, ternyata amalan sunnah sholat dhuha ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita terutama pada kesehatan. Dengan catatan, jika kita melakukan sholat tersebut dengan gerakan yang benar, maka secara otomatis tubuh kita akan menjadi sehat. Nah, berikut ini beberapa manfaat mengerjakan sholat dengan gerakan yang benar.

Sama Seperti Sudah Berolahraga

manfaat sholat dhuha

Dari sekian banyak pendapat para ahli mengatakan bahwa salah satu waktu yang terbaik untuk melakukan olahraga yaitu di pagi hari. Dengan begitu saat kita melaksanakan sholat dhuha di pagi hari sama saja kita telah berolahraga pada saat itu.

Makanya saat kita melaksanakan sholat dhuha kita harus melakukannya dengan gerakan yang benar. Contohnya dengan menggerakan persendian kita mulai dari tangan, siku, lutut hingga kaki. Dengan begitu akan menyehatkan tubuh kita terutama pada tulang dan otak kita.

Secara otomatis kita akan terhindar dari penyakit tulang seperti pengeroposan tulan atau biasa disebut dengan Osteoporosis.

Melancarkan Peredaran Darah Manusia

Tanpa kita sadari, hanya dengan melakukan sholat setiap hari, secara otomatis juga akan berefek untuk melancarkan peredaran darah pada manusia. Seperti yang telah kita ketahui bahwa darah selalu mengalir dari organ manusia ke organ yang lainnya.

Misalkan ketika berada dalam keadaan berdiri maka dara yang ada tubuh kita akan belum optimal. Nah, saat kita melakukan gerakan sujud yaitu posisi kepala lebih rendah daripada badan maka darah akan mengalir ke kepala dan seterusnya.

Baca juga : Penjelasan lengkap Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Sebagai Obat Penyakit Dalam

penyakit hati dalam islam

Menurut sebuah penelitian dari beberapa ahli bahwasanya ketika sedang mengerjakan sholat dhuha saat kondisi bumi yang sudah mulai memanas, ternyata dapat mengurangi timbulnya berbagai penyakit dalam seperti ginjal, jantung atau yang lainnya.

Hal ini dikarenakan adanya energi panas yang mempengaruhi organ hati dan sistem pencernaan pada manusia.

Wajah Menjadi Cantik dan Berseri-seri

keutamaan dan manfaat sholat dhuha

Memang, Semua wanita di dunia ini pasti menginginkan pada dirinya untuk tampil cantik. Perlu kalian ketahui bahwa hanya dengan melaksanakan sholat dhuha ini akan membuat wajah kita menjadi rupawan dan berseri-seri.

Tanpa kita sadari ketika kita sedang membasuh wajah dengan air wudhu, akan membuat wajah kita menjadi bersih. Namun tak cukup hanya sekedar bersih saja, air wudhu tersebut juga akan masuk pada pori-pori kulit wajah kita, sehingga akan menjadikan wajah kita menjadi kencang, bersih dan berseri-seri.

Jumlah Rakaat dalam Sholat Dhuha

Mungkin diantara kalian masih ada yang merasa bingung mengenai jumlah rakaat dalam sholat dhuha ini. Syaikh Ash Shan’ani dalam kitabnya yang berjudul Subulus Salam bahwasanya beliau berpendapat bahwa 2 rakaat sholat dhuha bisa setara dengan pahala 360 sedekah. Memang jumlah rakaat sholat dhuha berbeda-beda, namun setiap rakaat mempunyai fadhilah dan pahala yang besar dari Allah SWT.

Para ulama setuju bahwa minimal melakukan sholat dhuha adalah 2 raka’at, sedangkan untuk masalah maksimalnya masih banyak ulama yang berbeda pendapat tentang hal itu.

Madzhab Maliki, Syafi’i dan Hambali berpendapat bahwa maksimal jumlah raka’at sholat dhuha yaitu  8 raka’at. Madzhab ini menggunakan dalil yaitu HR. Bukhari no. 1176 dan muslim no.79 yang isinya tentang Fathu Makkah (penaklukan mekah) yang mana ketika itu Rasulullah SAW mendatangi rumah umi Hani’ RA untuk melaksanakan shalat 8 rakaat.

Sedangkan untuk pendapat kedua yaitu maksimal jumlah raka’at sholat dhuha adalah 12 raka’at. Pendapat tersebut adalah madzab Hanafi yang mana mengutip dari hadist Rasulullah bagi mereka yang melaksanakan 12 rakaat akan dibuatkan istana di surga (terjemahan hadist ada dibawah).

Berikut hadist Rasulullah tentang jumlah rakaat tersebut

dalil jumlah rakaat sholat dhuha

Untuk pendapat ketiga menyatakan bahwa di dalam rakaat sholat dhuha tidak ada jumlah maksimal. Syekh As-Suyuthi menguatkan pendapat yang ketiga dengan berpendapat bahwa tidak ada sandaran bagi pendapat pertama maupun yang kedua dan tidak ada hadist yang secara jelas membatasi jumlah maksimal dalam sholat dhuha.

Filosofi Sholat Dhuha Beserta Doanya

filosofi dan makna sholat dhuha

Mesti masih ada banyak yang belum tahu mengenai filosofi dari sholat dhuha ini. Tapi seperti yang saya katakan diawal bahwa pada artikel kali ini  akan kita bahas bersama-sama sholat dhuha sampai tuntas. Nah di bab ini kita bahas tentang filosofi dari sholat dhuha dan doa didalamnya. Pasti penasarankan? Mari langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Penting kalian ketahui bahwa secara garis besar segala bentuk ibadah dalam Islam ini memiliki tujuan hanya semata-mata untuk menyembah Allah SWT. Hal tersebut karena Allah SWT adalah satu-satunya Tuhan yang berhak untuk disembah dan  dzat yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Esensi ketuhanan Allah tidak akan pernah berkurang sedikit pun jika manusia dan para makhluknya di jagad ini tidak menyembah kepada-Nya. Namun saya yakin hal itu tidak akan pernah terjadi. Pastinya selalu ada yang akan tetap menyembah kepada Allah.

Seperti yang kita ketahui bahwa ibadah merupakan salah satu bentuk usaha kita untuk mendekatkan kepada Allah SWT. Allah itu suci dan tidak dapat didekati oleh yang suci.

Nah, salah satu cara untuk mensucikan diri agar bisa selalu dekat dengan Allah selalu mengingat-Nya dan untuk selalu mengingat Allah dimanapun kita berada. Rasa kesucian tersebut sangatlah penting bagi manusia yang sebagai sarana untuk mencegah hawa nafsunya supaya tidak melanggar hukum-hukum dan aturan-aturan dari Allah SWT.

Itulah sebabnya banyak yang menyebutkan bahwa peribadatan dalam Islam memiliki fungsi sebagai Riyadhad, Ruhiyah (olah jiwa) serta ajaran moral untuk mensucikan hari para manusia.

Amalan sholat sendiri menurut Rasulullah SAW adalah sebagai bentuk takwa, cinta dan syukur kepada Allah SWT. Selain sebagai sara beribadah kepada Allah, sholat dhuha juga bisa mendatangkan berbagai kenikmatan yang besar, keindahan hingga kebahagian yang tidak bisa terhitung.

Sebagaimana  yang telah diwasiatkan oleh Rasulullah kepada umatnya bahwa kita sangat dianjurkan untuk selalu menunaikan sholat dhuha supaya bisa mendapatkan berbagai keutamaan atau fadillah dari sholat dhuha itu sendiri.

Kemudian tak hanya beliau terangkan dalam sebuah haditsnya, dan ternyata sholat dhuha sendiri memiliki makna filosofi yang sangat dalam. Selain itu jika kita perhatikan dengan betul-betul, dengan melaksanakan sholat dhuha secara istiqomah juga memiliki peran penting dalam pembentukan karakter pada diri kita.

Sebagai contohnya berikut ini ada 3 makna filosofi dari sholat dhuha yang harus kalian ketahui:

  • Ingat kepada Allah SWT
  • Sebagai bentuk rasa syukur seorang hamba kepada Allah SWT
  • Tawakal dan berserah diri kepada Allah karena Dia lah yang mengatur rizki kita.

Nah, berikut ini penjelasan mengenai 3 poin penting diatas. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Ingat Kepada Allah SWT

Jika ada seorang hamba yang dalam setiap perbuatannya selalu ingat kepada Allah SWT, akan terdapat dampak yang sangat luar biasa dalam kehidupannya. Orang tersebut akan selalu yakin dan percaya diri untuk bisa mencapai masa depan dan menghadapi segala permasalahan yang menghampiri dengan mudah.

Didalam hatinya akan terdapat rasa yakin bahwasanya Allah senantiasa dekat dengannya bahkan lebih dekat dari urat nadinya sendiri. Dengan kesadaran akan kehadiran Allah dalam hidupnya adalah sebagai sumber semangat, harapan, motivasi dan ketentraman dalam hatinya.

Nah, salah satu cara kita untuk selalu mengingat Allah SWT yaitu dengan mengerjakan sholat dhuha. Karena seperti yang kita ketahui bahwa sholat dhuha sendiri adalah salah satu media kita untuk berdzikir kepada Allah SWT. Apalagi jika di pagi hari adalah waktu yang tepat dimana pikiran kita masih berada dalam keadaan fresh dan badan masih segar serta memiliki tenaga yang masih kuat.

Perwujudan Rasa Syukur Kepada Allah

Dalam bahasa sehari-hari kata syukur memiliki arti berterima kasih. Rasa syukur disini bisa artikan yaitu salah satu bentuk upaya kita untuk berterima kasi kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita selama ini. Nah, terdapat 5 hal pokok yang mana jika salah satu diantaranya tidak terpenuhi maka rasa syukur tersebut menjadi batal dan tidak dianggap bersyukur.

Ibnu Qayyim menjelaskan 5 pilar pokok tersebut yaitu:

  1. Kepatuhan orang yang bersyukur kepada Allah sebagai pemberi nikmat
  2. Mencintainya
  3. Mengakui nikmat darinya
  4. Memujinya atas nikmatnya
  5. Tidak menggunakan nikmat yang Allah berikan untuk sesuatu yang tidak diridhoinya

Dan Imam Al-ghazli menjelaskan bahwasanya bersyukur ada 4 komponen yaitu:

  1. Syukur dengan hati
  2. Syukur dengan lisan
  3. Syukur dengan perbuatan
  4. Menjaga nikmat dari kerusakan

Tawakal dan Berserah Diri Kepada Allah SWT

Tawakal merupakan salah satu sifat utama seseorang yang beriman kepada Allah SWT. Ada juga yang menyebutkan bahwa bertawakal kepada Allah SWT adalah salah satu tanda orang yang beriman. Tawakal sendiri merupakan bentuk penyandaran diri seseorang hanya kepada Wakil atau sesuatu yang ditawakali.

Dalam sebuah kehidupan di dunia ini, pastinya setiap orang memiliki sebuah keinginan atau cita-cita yang ingin diraih. Nah, untuk mencapai semua itu didalam agama Islam telah mengajarkan kepada kita untuk selalu berusaha atau berikhtiar, berdoa dan bertawakal. Perlu juga untuk diketahui bahwa 3 hal tersebut harus kita lakukan dengan baik dan tidak boleh hanya dilakukan salah satu saja.

Nah, itulah tadi sedikit pembahasan kita kali ini mengenai bacaan doa sholat dhuha, mulai dan bacaan niatnya, tata cara sholat dhuha sampai manfaat dan keutamaan dari sholat dhuha itu sendiri. Semoga dengan adanya pembahasan kali ini bisa membantu dan bermanfaat bagi teman-teman semuanya dan yang lainnya. Terima Kasih… 🙂

Leave a Comment

%d bloggers like this: