√ 5+ Cara Menentukan Arah Mata Angin beserta Nama-namanya [Lengkap]

Arah Mata Angin – Jika kita sedang tersesat atau ketika berada di suatu tempat yang tidak ada penunjuk jalan pastinya kita akan kesusahan. Hal ini biasanya dialami oleh mereka yang aktif di organisasi pramuka atau orang-orang yang senang berpetualang seperti di hutan atau padang pasir.

Untuk mengetahui arah mata angin seperti barat, timur, selatan, utara dan lainnya diperlukan kemampuan untuk menentukannya. Ada beberapa tik yang biasanya digunakan untuk menentukan arah mata angin tersebut. Namun sebelum kita masuk pada pembahasan utama kita yaitu tentang cara menentukan arah mata angin, alangkah baiknya jika kalian pahami terlebih dahulu mengenai apa itu mata angin?

Nah, bagi kalian yang belum tahu, berikut ini penjelasan secara lengkap tentang arah mata angin beserta cara menentukannya. Penasaran kan? Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini…

Pengertian Mata Angin

Seperti yang telah banyak diketahui oleh banyak orang mata angin adalah sebuah panduan yang biasanya dipakai untuk menentukan arah pada suatu tempat. Namun biasanya juga bisa melihat pada peta, navigasi atau yang lainnya.

Salah satu alat yang paling sering digunakan untuk menentukan arah mata angin adalah kompas. Untuk cara penggnaannya akan kita bahas pada bab selanjutnya.

Nama-nama Arah Mata Angin lengkap

Dari zaman dahulu, jumlah arah mata angin tidak pernah berubah, yaitu ada 16 arah mata angin. Namun dari 16 arah mata angin tersebut dibedakan menjadi 3 macam, diantaranya adalah sebagai berikut:

Arah Mata Angin Pokok

nama arah mata angin pokok

Untuk arah mata angin pokok ini biasanya paling sering diucapkan oleh banyak orang. Arah mata angin inilah yang digunakan sebagai standar pembuatan alat bantu penunjuk arah. Ada beberapa contoh alan bantu yang sering digunakan, seperti peta, kompas, dan lainnya. Keempat arah mata angin tersebut diantaranya adalah:

  1. Timur
  2. Barat
  3. Selatan
  4. Utara

Kemudian keempat arah mata angin diatas telah ditentukan dan dipakai diseluruh negara yang ada di dunia ini.

Mata Angin Tengah

nama arah mata angin tengah

Mata angin tengah berada diantara keempat mata angin pokok. Sebagai contohnya misalkan diantara timur dan utara ada arah mata angin timur laut. Nah, arah timur laut itulah yang dinamakan dengan mata angin tengah. Tentunya selain mata angin pokok, mata angin tengah juga sering digunakan untuk menentukan arah.

Namun selain timur laut tentunya juga masih banyak lagi arah yang termasuk mata angin tengah. Berikut nama-nama arah yang termasuk mata angin tengah:

  1. Timur Laut (antara timur dan utara).
  2. Tenggara (antara timur dan selatan).
  3. Barat Daya (antara selatan dan barat).
  4. Barat Laut (antara barat dan utara).

Itulah tadi 4 arah yang termasuk mata angin tengah yang sering digunakan.

Mata Angin Tambahan

nama arah mata angin lengkap

Mata angin tambahan biasanya terletak diantara mata angin pokok dan tengah. Sebagai contohnya misalkan diantara arah utara dan timur dan timur laut dinamakan utara timur laut.

Selain mata angin pokok dan tengah tentunya arah mata angin tambahan sudah tidak asing di telinga kita. Bagi kalian yang belum tahu apa saja yang termasuk arah mata angin tambahan, berikut mata angin tambahan:

  1. Utara timur laut (antara utara dan timur laut).
  2. Timur-timur Laut (antara Timur laut dan timur).
  3. Timur Menenggara (antara timur dengan tenggara).
  4. Selatan Menenggara (antara tenggara dengan selatan).
  5. Selatan Barat Daya (antara selatan dengan barat daya).
  6. Barat-barat Daya (antara barat daya dengan barat).
  7. Barat-barat Laut (antara barat dengan barat laut).
  8. Utara Barat Laut (antara barat laut dengan utara).

Itulah tadi 8 nama arah mata angin tambahan yang perlu kita ketahui. Jika digabungkan dengan mata angin pokok dan tengah, jumlah keseluruhan arah mata angin saat ini ada 16 nama sebagai mana yang telah disebutkan diatas. Jika ingin tahu lebih lengkapnya bisa perhatikan gambar berikut:

nama arah mata angin

Demikian tadi sedikit pembahasan kita mengenai nama-nama arah mata angin. Bagi kalian yang belum tahu mengenai bagaimana cara menentukan arah mata angin, pada bab selanjutnya akan kita pelajari bersama-sama tentang cara menentukan arah mata angin dengan benar. Langsung saja mari simak bab cara menentukan arah mata angin berikut ini.

Cara Menentukan Arah Mata Angin

Pada zaman dahulu, banyak orang yang menentukan arah mata angin yaitu dengan menggunakan alat yang sederhana. Ada beberapa cara yang sering digunakan untuk menentukan arah yaitu seperti menggunakan bayangan, menggunakan silet, jarum, matahari terbit atau terbenam dan masih banyak lagi cara sederhana lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, untuk sekarang ini cara tersebut sudah tidak digunakan lagi. Apalagi untuk sekarang ini sudah ada aplikasi GPS di setiap smartphone. Namun selain smartphone ada juga banyak sekali cara sederhana yang masih sering digunakan untuk menentukan arah mata angin, diantaranya seperti kompas, bayangan tongkat, roda atau cakra bayangan dan bahkan juga ada yang melalui navigasi bantuan lingkungan alam sekitar.

Agar lebih jelasnya lagi berikut cara menentukan arah mata angin yang sesuai dengan contoh diatas.

Cara Menentukan Arah Mata Angin dengan Kompas

Tak hanya sekedar tahu arah mata angin saja, namun sebagai kalian yang suka berpetualang juga harus tahu cara pemakaian alat untuk menentukan mata angin, salah satunya yaitu kompas. Alat ini memang sebuah alat bantu yang sangat penting dalam berpetualang. Lantas bagaimana cara pemakaiannya? Bagi kalian yang belum tahu cara pemakaiannya, bisa simak cara berikut ini.

Perlu kalian ketahui juga bahwa ada banyak sekali cara yang biasa digunakan untuk menentukan arah mata angin dengan kompas. Salah satunya kalian bisa gunakan dua metode dibawah ini.

Cara Pertama

Pertama, letakkan kompas yang kalian miliki pada permukaan yang datar. Kemudian tunggulah sampai jarum pada kompas tersebut sampai tenang dan tidak bergerak lagi.

Ketika jarum tersebut sudah terdiam, maka secara otomatis jarum tersebut akan menunjukan arah utara dan selatan. Untuk arah yang lainnya bisa kalian ketahui dengan memperhatikan dial kompas (permukaan tempat huruf dan angka).

Garis dan angka pada dial tersebut adalah besaran derajat yang bisa menunjukan arah. Dengan begitu, saat akan menentukan arah barat barat laut, kalian hanya tinggal mencari angka yang menunjukan 292,5° atau garis yang mewakili angka yang dimaksud tersebut.

Begitupun jika kalian ingin mengetahui sesuatu hal yang berada di mana, kalian hanya cukup melihat ‘ sesuatu hal’ tersebut tepat ada di garis atau angka berapa pada dial kompas.

Cara Kedua

cara menentukan arah mata angin dengan kompas bidik

Untuk cara yang kedua yaitu dengan menggunakan kompas bidik. Pertama-tama penganglah kompas tersebut dalam keadaan tenang dan posisi mendatar. Sasaran kamu bidik lewat visir, lewat celah pada kaca pembesar Kemudian kamu miringkan kaca pembesar tersebut hingga kira-kira berada pada posisi 50° dengan kaca dial. Perhatikan garis dan angka yang menunjukan derajat pada dial.

Cara Menentukan Arah Mata Angin degan Bayangan Tongkat

cara menentukan arah mata angin

Cara yang satu ini hanya bisa kalian gunakan pada saat cuaca yang mendukung, yaitu ketika ada sinar matahari yang cukup untuk membentuk sebuah bayangan atau tidak sedang terjadi mendung.

Seperti yang kita ketahui bahwa sejak matahari terbit sampai terbenam, bayangan yang dibentuknya akan selalu bergerak dari arah timur ke barat. Hal inilah yang akan dijadikan sebagai pedoman dalam menentukan arah mata angin. Untuk menentukan arah mata angin dengan menggunakan cara ini harus diperlukan beberapa alat yang dibutuhkan, diantaranya:

  • Tongkat lurus yang panjangnya 60 hingga 150 cm.
  • Tongkat lurus yang panjangnya 30 cm.
  • 2 buah batu atau benda lainnya yang serupa dan bisa digunakan sebagai pemberat atau mampu menahan hembusan angin.

Cara:

  1. Tancapkan tongkat yang paling panjang pada permukaan tanah dengan posisi tegak lurus, kemudian salah satu batu ditegakkan di atas permukaan tanah sebagai penanda ujung bayangan yang terbentuk.
  2. Setelah itu tunggulah kira-kira sampai 15-20 menit, bayangan yang terbentuk pasti akan berpindah arah, lalu tandai ujung bayangan tersebut dengan tongkat yang baru.
  3. Untuk lebih memastikan, kalian bisa mengulang ini sampai beberapa kali setiap 15 menit dengan menandai pergerakan ujung bayangan tongkat dengan batu.
  4. Selanjutnya hubungkan kedua titik ujung bayangan tersebut dengan garis lurus di atas permukaan tanah. Bayangan akan melakukan perpindahan dengan arah yang berlawanan dengan matahari sehingga garis yang terbentuk menunjukkan arah timur-barat. Titik yang pertama terbentuk menunjukkan arah barat dan titik kedua adalah arah timur.

Cara Menentukan Arah Mata Angin dengan Roda/Cakra Bayangan

menentukan arah mata angin dengan bayangan

Menentukan arah mata angin dengan metode ini sebenarnya hampir sama dengan cara sebelumnya yang menggunakan tongkat, namun bisa lebih meyakinkan sebab waktu pengamatannya yang membutuhkan waktu lebih lama.

Untuk melakukan cara ini, kalian harus mempersiapkan alat-alatnya, diantaranya:

  • Tiang atau tongkat yang panjangnya sekitar 60 – 150 cm
  • Dua buah batu berukuran kecil.
  • Barang runcing yang kecil.
  • Sebuah tali/benang atau sejenis yang panjang.

Cara penggunaannya:

  1. Tongkat panjang ditancapkan di atas tanah harus pada permukaan yang datar, lakukan langkah pertama ini sebelum tengah hari. Kemudian letakkan batu pada titik ujung bayangan yang terbentuk dari tiang/tongkat tersebut.
  2. Tali diikatkan pada batang yang runcing dan tiang, salah satu ujung tali diikatkan pada batang kecil yang runcing, sementara ujung tali yang lain diikatkan pada tiang. Namun sebelumnya pastikan tali tersebut cukup panjang, sehingga dapat menjangkau batu yang berada di atas permukaan tanah.
  3. Buatlah gambar mengikuti lingkaran mengelilingi tiang yang terbentuk. Sebagai titik awalnya adalah batu, pakai batang runcing yang telah diikat pada tiang untuk membentuk lingkaran pada tanah mengelilingi tiang panjang tersebut.
  4. Pada saat bayangan yang terbentuk dari tiang kembali mengenai lingkaran, titik persinggungannya tersebut ditandai dengan batu yang lain.
  5. Kedua titik tersebut dihubungkan. garis lurus yang menjadi penghubung antara batu kedua dan batu pertama adalah garis timur-barat, dengan batu kedua mewakili arah timur, sedangkan batu pertama mewakili arah barat.
  6. Untuk menentukan arah selatan dan utara pada cara ini, selatan berada searah jarum jam dari arah timur, sementara utara pada posisi serah jarum jam dari arah barat.

Cara Menentukan Arah Mata Angin Melalui Navigasi Bantuan Lingkungan Alam

menentukan arah mata angin dengan alam

Ketika kalian menggunakan metode ini, hal yang harus kalian lakukan yaitu mencari posisi matahari ketika berada di atas kepala atau tengah hari. Karena pada saat itulah matahari bisa menjadi penunjuk arah selatan dan utara. Setelah mengetahui kedua arah tersebut, maka untuk arah barat dan timur sudah pasti dapat ditentukan.

Akan tetapi arah mata angin yang ditunjukan tersebut bukanlah selatan dan utara yang sebenarnya.Perlu kalian ketahui bahwa arah yang sebenarnya merujuk ke arah berdasarkan sumbu bumi. Pada belahan bumi bagian selatan, berjalan ke arah matahari saat tengah hari akan menuntun kalian ke arah utara, sedangkan saat menjauhi matahari akan membawa kalian menuju arah selatan.

Pada belahan bumi utara juga berlaku sebaliknya, disaat kalian berjalan lurus ke arah matahari ketika tengah hari, maka akan menuntunmu ke arah selatan. Sementara ketika kalian berjalan lurus dengan arah menjauhi matahari, berarti kamu menuju arah utara.

Nah, itulah tadi sedikit pembahasan kita kali ini tentang nama-nama arah mata angin beserta cara menentukannya. Semoga yang sedikit ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. 🙂

Leave a Comment

%d bloggers like this: