10 Contoh Alat Musik Modern yang Sering Kita Jumpai dan Penjelasannya

Alat Musik Modern – Seni musik memang sudah lama sekali dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Dan hingga sampai sekarang hampir semua orang sangat lekat dan menyukai musik.

Seiring dengan berkembangnya seni musik, saat ini banyak sekali aliran musik seperti: Pop, Dangdut, Rock dan lainnya. Bagi setiap orang musik memiliki arti dan filosofi masing-masing. Selain itu ada juga yang menggunakan musik untuk penyemangat, menenangkan hati, sebagai teman saat belajar atau bekerja dan ada juga yang hanya sekedar menikmati saja.

Tak hanya itu, musik juga sering digunakan pada acara ritual atau upacara adat. Dengan berkembangnya aliran musik tersebut, maka semakin banyak pula alat musik yang digunakan. Setiap musik yang dibawakan selalu berbeda-beda, dan pastinya juga menggunakan alat musik yang berbeda pula. Sebagai contohnya, hampir semua musik yang ada saat ini menggunakan alat musik yang modern. Meskipun ada juga yang menggunakan alat musik tradisional.

Berawal dari alat musik yang tradisional dan sederhana, kini alat musik tersebut berkembang dengan sangat pesat. Mungkin banyak orang yang belum mengetahui tentang macam-macam alat musik yang modern. Nah…agar lebih jelas lagi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang alat musik apa sajakah yang termasuk alat musik modern. Langsung saja, berikut contoh alat musik modern beserta penjelasannya dan gambarnya.

Contoh Alat Musik Modern Beserta Gambarnya dan Penjelasannya

alat musik modern
Alat Musik Modern

 

Pada saat ini banyak sekati alat musik yang ada disekitar kita dan sering digunakan dalam beberapa pertunjukan. Agar dapat membedakan antara alat musik modern dan tradisional, berikut beberapa alat musik modern berdasarkan jenisnya.

Alat Musik Dawai Modern

Alat musik dawai adalah sebuah jenis alat musik yang menghasilkan suara dengan cara menggetarkan dawai atau senar. Menurut klasifikasi Hornbostel-Sancs yang digunakan pada Organologi, alat musik dawai tersebut disebut dengan Kordofon.

Perlu juga diketahui bahwa ada 3 cara yang digunakan untuk menghasilkan nada dari alat musik dawai modern, yaitu dengan cara dipetik, digesek dan ada juga yang dipukul. Ada beberapa alat musik dawai modern pada saat ini, berikut contoh alat musik dawai modern yang sering kita jumpai:

Alat Musik Gitar

Alat musik yang satu ini memang paling banyak digemari oleh masyarakat terutama anak muda. Selain itu cukup lumayan mudah dalam memainkan gitar ini, yaitu dengan dipetik. Akan tetapi sebelum memainkan alat musik ini kita wajib belajar mengenai chord atau kunci nada yang digunakan dalam bermain gitar. Pada umumnya gitar terbagi menjadi dua jenis yang tergantung pada pengunaannya.

Gitar Akustik

contoh alat musik modern
Jenis Gitar Akustik

Jenis gitar yang satu ini pada umumnya memiliki lubang pada bagian tengah tubuh gitar. Gitar akustik ini menghasilkan suara dari getaran sinar senar gitar yang dialirkan melalui sadel dan jembatan pada tempat pengikat alat musik tersebut yang masuk ke dalam ruang suara. Suara yang sudah masuk ke dalam ruangan tersebut akan beresonansi terhadap kayu pada bagian badan gitar.

Kualitas kayu dan senar pada alat musik tersebut juga akan mempengaruhi suatu suara atau nada yang dihasilkan. Pada umumnya jenis gitar yang satu ini banyak dimainkan sebagai instrumen solo menggunakan Fingerpacking Komperhensif. Selain itu juga musik yang dibawakan juga memiliki alunan santai, sehingga sangat cocok mendengarkan musik akustik pada saat malam hari atau teman saat belajar.

Gitar Elektrik

alat musik modern berupa gitar
Jenis Gitar Elektrik

Untuk jenis gitar yang kedua ini biasanya dikenal dengan gitar listrik. Jenis alat musik yang satu ini memiliki bentuk yang berbeda dengan gitar akustik, terutama pada bentuknya yang lebih kecil dan tidak memiliki lubang pada bagian tubuh gitar. Gitar ini menghasilkan suara dengan getaran senar yang mengenai kumparan-kumparan yang ada di bagian badan gitar yang biasanya disebut dengan Pickup.

Akan tetapi terkadang sinyal yang keluar dari pickup tersebut diubah secara elektronik dengan gitar effect sebagai reverb maupun distorsi. Gitar jenis ini digunakan sebagai instrumen utama pada suatu musik. Selain itu gitar listrik juga paling sering digunakan pada aliran musik seperti musik jazz, reggae, metal, rock, pop, country dan sebagainya.

Berikut cuplikan mengenai permainan gitar elektrik:


 

Biola

alat musik biola
Alat Musik Biola

Biola adalah salah satu alat musik dawai modern yang dimainkan dengan cara digesek. Pada alat musik ini terdapat empat buah senar dengan kunci G-D-A-E yang telah diatur dengan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Nada yang paling rendah pada alat musik tersebut yaitu pada kunci G.

Selain itu biola juga dapat digolongkan sebagai alat musik vokal atau instrumen. Alat musik bola juga dapat dimainkan pada musik yang memiliki aliran seperti jazz, pop dan rakyat. Adapun orang yang memainkan biola biasanya disebut dengan Violinis.

Tak hanya itu, ternyata alat musik biola ini paling sering dimainkan pada pertunjukan orkestra. Berdasarkan ukurannya, biola terbagi menjadi empat macam yang disebut dengan keluarga biola, yaitu Violin, Viola, Cello dan bass.

Baca juga : Contoh Alat Musik Gamelan dan Contohnya

Alat Musik Modern yang Ditiup

Alat musik tiup adalah sebuah alat musik yang menghasilkan suara atau nada yang berasal dari getaran bibir pemain saat memainkan atau meniup alat musik tersebut. Banyak sekali alat musik modern yang ditiup saat ini, diantaranya sebagai berikut:

Saksfon

saksfon bebagai alat musik modern
Saksfon Sebagai Alat Musik Modern

Alat musik bernama Saksfon ini ternyata berasal dari negara Belgia yang diciptakan pada tahun 1840 oleh Adolphe Sax. Sehingga alat musik ini disebut Saksphone. Alat ini merupakan keluarga dari alat musik tiup yang bersuara logam dengan jangkauan nada dan ekspresinya yang besar.

Pada umumnya Saksfon dimainkan pada acara pertunjukan yang sama dengan biola, yaitu pada orkestra. Selain hanya dimainkan pada pertunjukan orkestra, juga sering digunakan pada musik beraliran jazz. Akan tetapi pada awalnya alat musik ini digunakan sebagai instrumen orchestra dan band militer.

Alat Musik Terompet

gambar alat musik Modern
Gambar Alat Musik Terompet

Terompet termasuk kedalam alat musik modern yang ditiup. Jenis alat musik yang satu ini hanya memiliki tiga tombol saja. Cara untuk memainkan alat ini agar menghasilkan nada yang bagus yaitu dengan menekan secara teratur dan tidak sembarangan dan kemudian ditiup.

Hampir sama dengan beberapa alat musik sebelumnya, terompet ini juga sering digunakan pada pertunjukan orkestra. Dalam memainkan alat musik yang satu ini kita harus mampu memiliki nafas yang panjang dan kuat. Jadi jika kalian ini menekuni jenis alat musik modern yang satu ini maka sangat disarankan untuk tidak merokok dan lebih rajin lagi dalam berolahraga seperti jogging, sepak bola, renang dan lain-lain, yang bertujuan agar dapat mengatur nafas kita saat bermain terompet.

Harmonika

alat musik modern yang ditiup
Alat Musik Harmonika

Harmonika adalah sebuah alat musik modern yang cukup mudah untuk dimainkan. Cara memainkannya pun hanya dengan meniup dan menghisap pada lubang yang terdapat pada badan harmonika.

Perlu juga diketahui bahwa ternyata alat musik modern jenis harmonika ini sebenarnya sudah lama digunakan, yaitu sejak 5000 tahun yang lalu di negara China. Dan disana alat musik ini lebih dikenal dengan nama Sheng.

Seruling

alat musik modern yang ditiup
Contoh Alat Musik Modern Berupa Seruling

Ternyata seruling ini dapat juga dikategorikan sebagai alat musik yang modern, meskipun sudah lama sekali ada. Biasanya seruling ini kebanyakan terbuat dari bambu namun tidak sedikit pula yang terbuat dari plastik dan logam. Pada bagian badan alat musik ini umumnya terdapat 8 lubang yang saling berurutan dan ada juga satu lubang yang lebih besar terletak dibagian atas dekat untuk meniup.

Jenis alat musik ini biasanya dimainkan pada saat santai.

Alat Musik Modern Tuts

Jenis alat musik yang satu ini merupakan alat musik yang terdapat sebuah papan nada. Cara memainkannya pun dengan cara menekan pada papan tersebut dengan menggunakan jari tangan. Ada banyak sekali alat musik modern tuts yang sering kita jumpai, contohnya sebagai berikut.

Keyboard

contoh alat musik modern
Gambar Alat Musik Keyboard

Keyboard adalah sebuah alau musik yang dimainkan seperti piano, akan tetapi keyboard dapat juga memainkan berbagai macam suara alat musik seperti terompet, seruling, gitar dan biola, bahkan juga sampai bisa dengan suara perkusi. Selain itu keyboard memiliki fungsi sebagai orchestrator atau penyelaras dan aransemen dalam sebuah permainan musik.

Hanya menggunakan alat musik keyboard ini kita dapat bermain musik layaknya sebuah band dengan berbagai aliran. Selain itu kita juga bisa memadukan berbagai alat musik didalamnya. Perbedaan yang mendasar antara kedua alat musik ini antara lain: pada keyboard harus membutuhkan listrik jika ingin memainkannya, dengan begitu kita juga dapat mengatur untuk volume suara yang dihasilkan.

Alat Musik Piano

gambar alat musik modern
Permainan Alat Musik Piano

Pada umumnya alat musik piano ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan piano, akan tetapi memiliki ukuran yang lebih besar. Selain itu perbedaan yang lainnya yaitu pada piano ini jumlah tutsnya lebih banyak dibandingan dengan keyboard yaitu terdapat 88 papan nada.

Dalam menekuni alat musik piano ini penting juga menghafal beberapa nada vokal dan letaknya. Sementara orang yang memainkan piano ini lebih sering disebut dengan nama pianis.

Alat Musik Organ

alat musik modern tuts
Alat Musik Organ

Jenis alat musik yang satu ini memang hampir miring dengan piano dan keyboard, akan tetapi memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan keduanya. Untuk menghasilkan suara atau nada pada alat ini, yaitu dengan tiupan udara ke beberapa pipa yang ada. Kemudian udara tersebut akan diatur, sehingga mampu menghasilkan suara atau nada yang kita inginkan.

Ternyata alat musik organ ini bisa terbilang cukup unik, karena memiliki suara yang berkelanjutan dan tidak semakin kecil selama tuts tersebut masih ditekan. Berbeda dengan alat musik piano, organ lebih memiliki karakteristik dengan keterikatan tempo nada yang lemah, akan tetapi justru malah mempunyai lokalisasi frekuensi yang lebih baik. Alat musik ini juga termasuk sebagai pengiring yang sangat baik pada kelompok paduan suara non-musisi.

Alat Musik Modern yang Dipukul

Jenis alat musik yang terakhir yaitu cara memainkannya dengan dipukul agar dapat menghasilkan suatu nada atau suara. Selain itu juga memiliki fungsi yang sangat penting dalam harmoni sebuah musik. Agar lebih jelas lagi mari kita bahas mengenai alat musik modern yang cara memainkannya dengan cara dipukul.

Alat Musik Drum

nama nama alat musik Modern
Contoh Alat Musik yang Dipukul Berupa Drum

Drum merupakan alat musik modern perkuis dan memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan sebuah lagu atau musik, karena suatu alat ini juga dapat menjadi penentu tempo dalam permainan. Dalam memainkan drum ini kita harus bisa menyeimbangkan antara permainan tangan dengan kaki dan untuk melatih semua itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Alat musik drum ini biasanya dipakai oleh kebanyakan band anak muda saat ini sebagai pengiring musik.

Pada alat musik yang satu ini terdapat sebuah shell atau selongsong yang merupakan pembentuk da sebuah drum. Fungsi dari shell tersebut akan mempengaruhi suara atau nada yang dihasilkan. Biasanya selongsong tersebut terbuat dari besi yang mempunyai karakter suara yang tajam dan attack, Sedangkan suara karakter suara yang terbuat dari kayu yang lebih hangat.

Ternyata alat musik drum ini memiliki banyak sekali jenis, diantaranya adalah Aburukawa, Ashiko, Bodharan, Bougarabou, Cajon, Chenda, Conga, Davul, Dhol, Djembe, Dunun, Mridangam, Taiko, Table, Tapan, Timbales dan Timpani. Sedangkan orang yang memainkan drum ini biasanya disebut dengan drummer.

Berikut cuplikan permainan alat musik drum:


Nah…itulah tadi beberapa alat musik modern yang sering kita jumpai. Semoga dengan artikel ini dapat menambah pengetahuan kita semua. Dan jangan lupa baca artikel lainnya… 😉

Leave a Comment

%d bloggers like this: