Alat Musik Harmonis : Pengertian, Contoh dan Penjelasannya dengan Lengkap

Alat Musik Harmonis –Β Di Indonesia dan juga negara-negara yang lainnya pastinya memiliki berbagai jenis keanekaragaman budaya dan kesenian. Salah satunya adalah pada seni musik pada daerah tersebut yang sebagai ciri khas disana. Dengan adanya seni musik tersebut pastinya juga menggunakan berbagai alat musik yang digunakan.

Terutama di negara Indonesia, untuk saat ini lebih dari ratusan alat musik yang ada. Berbagai alat musik yang dibuat pun selain sebagai ciri khas suatu daerah juga berfungsi untuk menghasilkan sebuah bunyi yang harmonis dan enak untuk didengar. Untuk sekarang ini alat musik dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu: alat musik melodis, harmonis dan juga ritmis.

Nah…mungkin itu tadi sedikit gambaran tentang alat musik untuk saat ini. Selanjutnya bagi kalian yang belum mengetahui lebih jauh lagi tentang berbagai alat musik diatas, kali ini kita akan mempelajari lebih dalam lagi mengenai salah satu jenis alat musik harmonis. Langsung saja berikut penjelasan tentang alat musik beserta penjelasannya dan contohnya dengan gambar yang lengkap.

Pengertian Alat Musik Harmonis

alat musik harmonis

Secara garis besar, alat musik harmonis adalah suatu alat musik yang biasanya digunakan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Karena alat musik tersebut biasanya memainkan harmoni, dengan begitu dapat juga memainkan untuk tiga nada bahkan bisa lebih secara bersama-sama.

Jenis alat musik harmonis yaitu alat musik yang bernada, akan tetapi tidak dapat dibentuk. Pada umumnya juga berfungsi sebagai melodi pada suatu nada atau lagu. Selain itu alat musik ini tidak dapat memainkan chord secara sendirian dan harus dibantu dengan alat yang lain.

Seperti yang sudah telah disinggung diatas bahwa alat musik harmonis tersebut, selain berperan sebagai melodi dalam lagu ternyata juga dapat dijadikan sebagai pengiring pada suatu musik. Dengan begitu dapat kita simpulkan bahwa alat musik harmonis yakni merupakan alat musik yang sering digunakan sebagai melodis atau pengiring dalam suatu lagu dan juga dapat untuk memainkan tiga atau lebih nada secara bersama-sama.

Contoh Alat Musik Harmonis

Seperti yang sudah diketahui bahwa banyak sekali alat musik disekitar kita yang sering kita gunakan. Kaitannya dengan pembahasan sebelumnya, ada beberapa contoh alat musik harmonis yang ada sekarang ini. Jenis alat masih harmonis ini dibedakan menjadi dua macam yaitu modern dan yang tradisional. Nah…agar lebih jelas lagi berikut beberapa contoh alat musik harmonis lebih detail.

Alat Musik Harmonis Modern

Seiring dengan perkembangan di dunia musik, sebenarnya alat musik harmonis yang modern ini merupakan perubahan dari tradisional, akan tetapi juga masih menggunakan konsep yang sama hanya saja yang membedakannya adalah pada bentuknya. Nah…berikut contoh alat musik harmonis modern.

Gitar
contoh alat musik harmonis
Alat Musik Gitar

Gitar ternyata juga tergolong sebagai alat musik harmonis yang modern. Selain itu juga dikategorikan sebagai alat musik yang berdawai dan melodis juga. Seperti yang sudah diketahui bahwa cara memainkan gitar yaitu dengan cara dipetik dan biasanya menggunakan jari tangan atau plektrum.

Alat musik gitar terdiri dari beberapa bagian yaitu, tubuh gitar, leher gitar dan yang lainnya. Pada umumnya gitar terdapat sebuah senar yang berjumlah enam buah. Selain itu ada juga gitar tradisional yang terbuat dari berbagai macam kayu dengan senar yang terbuat dari nilon ataupun baja.

Secara umum alat musik gitar dibedakan menjadi dua jenis menurut kegunaannya, yaitu elektrik (gitar listrik) dan akustik. Masing-masing jenis gitar tersebut memiliki perbedaan yang menonjol jika dilihat dari bentuknya. Untuk gitar akustik biasanya terdapat sebuah lubang pada bagian badannya yang disebut dengan hollow body. Sedangkan untuk gitar elektrik biasanya tidak terdapat lubang di bagian tubuh gitar.

Alat Musik Piano
contoh alat musik harmonis modern
Permainan Alat Musik Piano

Alat musik piano ternyata diciptakan dari keinginan untuk menggabungkan keindahan nada clavichord dengan menggunakan herpsichord. Cara memainkan piano yaitu dengan menekan tuts atau papan nada dengan menggunakan jari-jari kita. Sedangkan orang yang memainkan piano ini biasanya dikenal dengan sebutan Pianis.

Selain itu piano ini juga dikategorikan sebagai alat musik yang cukup tua. Tak heran jika jenis alat musik yang satu ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Tak hanya itu instrumen pada piano ini juga sangat terkenal di seluruh dunia. Fungsi dari piano ini adalah sebagai melodis pada suatu lagu.

Alat musik piano ini sebenarnya hampir sama dengan keyboard, akan tetapi salah satu yang membedakannya yaitu jumlah tutsnya lebih banyak dibandingkan dengan keyboard, yakni ada 88 papan nada. Untuk memainkan piano ini kita harus menghafal terlebih dahulu letak nada yang nantinya akan keluar jika tuts tersebut ditekan.

Biola
nama nama alat musik harmonis modern
Gambar Alat Musik Biola

Biola adalah alat musik harmoni modern yang cara memainkannya yaitu dengan digesek. Pada biola ini hanya terdapat empat senar saja dengan kunci G-D-A-E yang telah distel atau diatur untuk menghasilkan bunyi yang berbeda-beda. Nada yang paling rendah pada alat musik ini yaitu pada kunci G.

Terdapat banyak sekali jenis biola yang ada saat ini, diantaranya: biola alto, cello dan double bass atau kontra bass. Dalam memainkan biola ini kita dituntut untuk menjiwai pada setiap nada, agar suara yang dihasilkan pun juga bagus dan enak untuk didengar. Selain itu biola juga paling sering dimainkan pada pertunjukan orkestera. Adapun orang yang memainkan alat musik tersebut dikenal dengan nama Violinis.

Penting juga untuk dibaca : Macam-macam Alat Musik Modern yang Sering Dijumpai

Berikut adalah contoh permainan alat musik biola:


Alat Musik Harmonis Tradisional

Perlu diketahui juga, ternyata banyak sekali alat musik harmonis tradisional yang ada di Indonesia sekarang ini. Sebagai contohnya berikut alat musik harmonis tradisional yang ada di Indonesia.

Sasando
contoh alat musik harmonis tradisional
Jenis Alat Musik Sasano

Sasando merupakan sebuah alat musik instrumen yang cara memainkannya yaitu dengan dipetik. Alat musik Sasando ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Menurut masyarakat sana, nama Sasando berasal dari bahasa Rote yaitu Sasandu yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi..

Alat musik yang satu ini ternyata sudah lama sekali digunakan di kalangan masyarakat yaitu sejak memasuki abad ke 7.Β  Sasando dibuat dengan bah utama dari bambu yang membentuk seperti tabung panjang. Kemudian pada bagian tengah, melingkar dari bawah ke atas dipasang sebuah penyangga dengan fungsi sebagai tempat tumpuan dawai atau senar yang direntangkan mengelilingi tabung bambu.

Untuk jenisnya, jenis alat musik Sasando dulu dapat dibedakan berdasarkan dari senar yang dimilikinya. Misalnya seperti Sasando Engkel yang memiliki 28 dawat kemudian ada juga Sasando Dobel yang mempunyai 56 sampai 84 dawai. Pada saat ini terdapat banyak sekali jenis dari alat musik Sasando tersebut. Bahkan ada juga Sasando Elektrik yang terbuat dari bahan yang sangat bagus.

Tujuan dari pembuatan alat musik Sasando yang seperti itu pastinya untuk melestarikan dan juga agar dapat berkembang lebih jauh lagi.

Alat Musik Sampek
alat musik harmonis tradisional
Permainan Alat Musik Sampek oleh Suku Dayak

Sampek adalah alat musik harmonis tradisional yang berasal dari Suku Dayak. Jenis alat musik ini terbuat dari berbagai macam kayu, tetapi bahan yang sering digunakan untuk membuatnya yaitu: kayu arrow, kayu ulin dan kayu kapur. Pada pembuatannya, Sampek juga akan diukir sesuai dengan keinginan pembuatnya dan disetiap ukirannya pasti memiliki arti masing-masing.

Alat musik ini hanya dapat dimainkan oleh satu orang saja. Akan tetapi akan lebih bagus lagi apabila dimainkan oleh banyak orang. Ada beberapa jenis lagu yang biasanya dimainkan dengan sampek ini, seperti lagu Apo Lagaan, Isaak Pako’ Uma Jalaan, Uma’ Timai, Tubun situn, Tinggang Lawat dan Tinggang Mate.Β  Semua lagu tersebut menggunakan bahasa Kayaan dan Kenyah.

Kecapi
nama nama alat musik harmonis tradisional
Contoh Alat Musik Kecapi

Kecapi merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari sunda. Biasanya kecapi ini dimainkan sebagai alat musik utama dalam tembang sunda atau memaos sunda. Cara memainkan alat musik yang satu ini yaitu dengan cara dipetik menggunakan jari-jari tangan.

Kata kecapi dalam bahasa sunda juga merujuk pada tanaman sentul, yang mana kayunya ternyata juga bisa digunakan untuk membuat alat musik ini. Adapun nada dalam kecapi ini ada 5 (pentatonis) tangga nada, yaitu bernama: Da, Mi, Na, Ti dan La. Pada suatu pertunjukan, kecapi biasanya selalu berpasangan dengan alat musik seruling yang terbuat dari bambu.Β Selain itu terdapat dua jenis kecapi yang terkenal, yaitu Kecapi Parahu dan Kecapi Siter.

Baca juga : Contoh Alat Musik Tradisional dari Jawa Barat dan Keterangannya

Alat Musik Rebab
jenis alat musik harmonis tradisional
Permainan Alat Musik Rebab

Rebab bisa dikatakan sebagai alat musik harmonis tradisional yang paling tua. Sebenarnya alat musik ini bukan berasal dari Indonesia, tetapi seiring dengan perkembangan alat musik ini kemudian datang di Indonesia melalui para pedagang yang datang dari wilayah Timur Tengah, Afrika bagian utara, Eropa dan Timur Jauh (Asia Tenggara dan Timur).

Di daerah Jawa Barat, alat musik rebab memiliki dua atau tiga utas senar yang terbuat dari logam. Sedangkan untuk rebabnya sendiri terbuat dari bahan tembaga. Selain itu rebab juga sering digunakan untung mengiringi pertunjukan wayang bersama dengan alat musik gamelan. Meskipun alat musik rebab memiliki kedudukan yang sangat penting dalam sebuah tembang atau lagu, akan tetapi pada kenyataannya justru tidak banyak orang yang tertarik untuk memainkan bahkan mempelajarinya, terutama dikalangan kaum muda saat ini.

Siter dan Celempung
alat musik harmonis
Alat Musik Siter dan Celempung

Pada umumnya siter dan celempung adalah alat musik yang hampir sama. Siter memiliki ukuran panjang kurang dari 30 cm dan masing-masing terdapat 11 dan 13 pasang senar yang direntangkan pada kedua sisinya diantara kotak resonator. Salah satu senar tersebut distel dengan nada pelog dan senar yang lainnya dengan nada slendro.

Sedangkan celempung memiliki ukuran lebih panjang dari pada siter dan juga distel satu okaf dibawah siter. Siter dan celempung biasanya dimainkan sebagai salah satu alat musik yang dimainkan bersama (panerusan) dan juga sebagai instrumen yang memainkan cengkok (pola melodi berdasarkan balungan).

Baca juga : Contoh Alat Musik Gamelan Beserta Penjelasannya

Nah…itulah tadi beberapa contoh alat musik harmonis yang ada di Indonesia saat ini. Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua dan jangan lupa share agar teman-teman kamu juga mengetahuinya. πŸ˜‰

Leave a Comment

%d bloggers like this: