Contoh Alat Musik Gamelan Beserta Penjelasannya [Lengkap]

Alat musik gamelan – Gamelan adalah salah satu alat musik yang terkenal di Indonesia. Alat musik yang satu ini sering kita temui pada beberapa kesenian tradisional di Indonesia, terutama di Jawa.  Sebenarnya alat musik gamelan juga terdapat di beberapa daerah disekitar Jawa, yaitu Bali, Madura dan Lombok.

Makna gamelan sebenarnya berasal dari kata “gamel” yang dalam bahasa jawa memiliki arti memukul atau menabuh. Sedangkan pada akhiran kata terdapat imbuhan kata “an” yang berfungsi membentuk kata benda. Dengan begitu makna gamelan dapat kita artikan sebagai kumpulan dari beberapa alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengenal lebih jauh mengenai alat musik gamelan dengan lebih detail lagi.

Sejarah Gamelan Jawa.

sejarah gamelan
Sejarah Gamelan Jawa

Pada awalnya, relief gamelan terdapat pada dinding Candi Borobudur yang dibangun pada abad kesembilan. Relief pada dinding tersebut menggambarkan beberapa alat musik gamelan seperti: kendang, seruling bambu, kecapi, dawai dan lonceng. Kemudian pada masa kerajaan Hindu-Budha, alat musik gamelan mulai diperkenalkan kepada masyarakat jawa dan berkembang di Kerajaan Majapahit.

Secara tradisional, masyarakat jawa meyakini bahwa alat musik gamelan diciptakan oleh dewa. Sang Hyang Era Saka adalah dewa yang diyakini sebagai pencipta gamelan tersebut, selain itu juga dipercaya sebagai dewa yang menguasai seluruh Tanah Jawa dengan istananya yang berada di daerah Gunung Mahendra (sekitar Gunung Lawu), daerah Medang Kamulan. Alat musik gamelan yang pertama kali diciptakan adalah Gong, yang pada saat itu digunakan untuk memanggil para dewa.

Kemudian diciptakan juga beberapa alat musik pengiring untuk menyampaikan pesan yang bersifat khusus. Hingga akhirnya terciptalah alat musik gamelan dengan lengkap yang sama seperti saat ini.

Selain itu Gamelan Jawa juga berkembang pesat ketika zaman Majapahit. Bahkan pada saat itu dapat menyebar ke beberapa daerah disekitar Jawa, seperti Bali dan Sunda.

Akan tetapi gamelan yang terdapat di Jawa Tengah berbeda dengan gamelan dari Bali dan Sunda. Gamelan Jawa biasanya memiliki ciri khas yang berbeda, yaitu dengan nada yang lembut. Sedangkan gamelan Bali lebih cenderung rancak dan gamelan Sunda biasanya terdengar lebih mendayu karena lebih didominasi dengan alat musik seruling.

Perkembangan Gamelan Jawa

perkembangan gamelan
Perkembangan Alat Musik Gamelan di Bali

Gamelan Jawa pada umumnya dipakai untuk mengiringi sebuah kesenian seperti wayang kulit dan pertunjukan tari. Hingga pada sekarang ini gamelan mampu berdiri sendiri sebagai sebuah pertunjukan alat musik yang banyak diminati. Selain itu, agar lebih lengkap lagi, kemudian pada pertunjukan tersebut diiringi oleh sinden.

Pertunjukan alat musik gamelan ini biasanya berlangsung pada acara resmi di keraton, misalnya pada saat sehari sebelum diadakannya sekaten. Selain itu gamelan juga digunakan untuk mengiringi sebuah acara pernikahan yang diadakan oleh keluarga keraton. Pada umumnya kegiatan tersebut terjadi di keraton Yogyakarta.

Jenis-jenis Gamelan 

Seperti yang telah disinggung diatas bahwa alat musik gamelan berasal dari Jawa. Selain itu gamelan paling sering digunakan pada pertunjukan kesenian yang diadakan oleh keluarga keraton. Nah, berikut jenis-jenis gamelan yang sering digunakan pada beberapa pertunjukan.

Di Surakarta ada beberapa jenis gamelan berdasarkan fungsinya, yaitu:

  • Gamelan Gedhe

Gamelan ini terdiri dari ricikan yang lengkap antara laras slendro dengan laras pelog. Gamelan ini biasanya digunakan pada keperluan konser karawitan atau uyon-uyon.

  • Gamelan Wayangan

Dilihat dari namanya, gamelan ini biasanya digunakan untung mengiringi pertunjukan wayang. Di lingkungan Keraton Surakarta, gamelan wayangan terdiri dari kendang, gender barung, gender penerus, slentrem, saron barung dua buah, demung, gambang, seruling, siter,  kecer, ketuk, kempyang, kenong, kempul, dan gong suwukan. Sedangkan untuk gamelan laras pelog juga digunakan untung mengiringi wayang madya dan wayang gedog.

  • Gamelan Pakurmatan

Gamelan ini ada 3 jenis, yaitu:

Gamelan Monggang, di lingkungan keraton Surakarta biasanya digunakan untuk mengiringi Grebeg Mulud pada saat keluarnya gunungan.

Gamelan Carebaen, gamelan ini dimainkan di kalangan rumah keluarga keraton pada saat punya hajat sebagai simbol untuk menghormati para tamu yang datang.

Gamelan Kodhok Ngorek, di daerah keraton Surakarta biasanya dimainkan gamelan ini pada saat raja mengkhitankan putranya. Selain itu gending kodhok ngorek juga digunakan untuk mengiringi acara perkawinan.

  • Gamelan Sekaten

Alat musik ini biasanya hanya dimainkan dalam sekali dalam setahun di keraton Yogyakarta dan Surakarta yaitu untuk memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW. Selain itu gamelan ini dimainkan di halaman Masjid Agung pada tanggal 6 – 12 Mulud  (pada bulan jawa).

  • Gamelan Gadhon

Jenis gamelan yang satu ini hanya terdiri dari: kendang, siter, gender, slentem, gambang dan gong saja. Alat musik ini digunakan untuk keperluan orang yang mempunyai hajad climen (sederhana), seperti khitanan, lima setelah hari kelahiran anak (sepasaran bayi), pindah rumah, ulang tahun dan lainnya.

  • Gamelan Cokekan

Jenis gamelan ini hanya digunakan untuk mengamen saja. Untuk instrumennya hanya terdiri dari kendang, siter dan gong bumbung (gong dari kayu).

  • Gamelan Senggani (Sengganen)

Gamelan ini dibuat dari besi dan kuningan yang berbentuk dari bilah dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga lebih ringan dan praktis. Alat musik ini terdiri dari: bonang barung, bonang penerus, demung, saron, slentem, kendang,kenong dan kempul saja. Fungsi dari gamelan in hanya sebagai latihan karawitan di desa-desa untuk mengiringi tari tayub.

Berikut cuplikan tentang permainan alat musik gamelan:


 

Nama-nama Alat Musik Gamelan

Dalam gamelan jawa sebenarnya terdiri kumpulan dari beberapa alat musik yang dimainkan secara bersamaan dengan menghasilkan suara atau irama yang bagus. Komposisi dari musik gamelan ini diciptakan dengan beberapa aturan yang terdiri dari beberapa utaran, pathet dan dibatasi oleh satu gongan serta melodinya. Ada beberapa alat musik yang terdapat dalam gamelan tersebut, diantaranya sebagai berikut:

Kendang

jenis alat musik gamelan
Gambar Kendang pada Alat Musik Gamelan

Fungsi kendang dalam suatu lagu yang dimainkan memiliki peran yang penting, yaitu sebagai pengatur tempo dan irama disetiap gendhing, baik tempo pokok maupun irama cepat ataupun lambat dengan tangkap, yang mana diatur dengan bunyi kendang termasuk didalamnya untuk mengawali dan mengakhiri gendhing.

Selain itu ada juga fungsi dari kendang ini, diantaranya sebagai berikut:

  • Anggeran Wiletan yaitu sebagai penjaga irama agar bisa terdengar bagus.
  • Anceran Wiletan yakni pemberi irama yang baik pada awal maupun tengah lagu yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Amardawalagu adalah sebagai melodi pada setiap lagu.
  • Angkruh lagu yaitu sebagai kerangka dalam suatu lagu.
  • Adumanis lagu yakni untuk pendukung ritmis pada wadrita-wadrita lain dan biasanya sinden yang memberi variasi.

Alat Musik Gong

alat musik gong
Gambar Alat Musik Gong

Alat ini memiliki fungsi untuk memberi tanda berakhirnya sebuah gatra dan juga untuk memberi tanda dimulainya serta berakhirnya gendhing. Selain itu berikut fungsi gong di berbagai daerah di Indonesia, seperti:

  • Di Jawa alat musik yang satu ini juga pernah dimainkan saat kematian seseorang dari keluarga kerajaan, akan tetapi anggota kerajaan tidak diperboleh memainkannya.
  • Di daerah Bali biasanya alat musik ini dimainkan pada suatu acara yang berkaitan dengan ritual keagamaan.
  • Untuk di daerah Minakngkabau, gong digunakan pada pesta pernikahan atau selamatan.
  • DI Jawa Barat digunakan pada acara sekuler membawa acara keningratan dan juga tidak dimiliki oleh semua orang
  • Sedangkan di daerah Kalimantan, Sulawesi dan NTT, alat musik gong ini dimainkan pada acara pengobatan, kematian, dan pernikahan namun tidak dimiliki oleh banyak orang.

Alat Musik Siter

nama nama alat musik gamelan
Alat Musik Siter

Siter ini memiliki fungsi sebagai instrumen yang memainkan cengkok. Alat musik ini juga dimainkan dengan kecepatan yang sama dengan gambang. Dalam memainkannya juga memiliki pengaruh yang besar dalam gamelan, karena pada saat memainkan alat musik yang satu ini jika salah sedikit saja maka akan mempengaruhi alat musik yang lainnya dan akan mengubah ritme permainan gamelan menjadi tidak teratur.

Rebab

alat musik gamelan
Gambar Alat Musik Rebab

Cara memainkan alat musik ini memang hampir sama dengan biola yaitu dengan cara digesek. Ukuran dari alat ini biasanya lebih kecil dari biola. Pada bagian badan berbentuk bulat dan dibagian yang lainnya memiliki ujung yang panjang. Fungsi dari rebab adalah sebagai salah satu instrumen pemuka, selain itu rebab juga dijuluki sebagai pemimpin lagu dalam ansambel terutama dalam gaya tabuhan yang lirih.

Alat Musik Saron

contoh alat musik gamelan
Contoh Saron Demung

Menurut ukuran dan fungsinya, alat musik yang satu ini dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Demung Saron, alat ini memiliki ukuran yang besar dan berokaf tengah. Pada umumnya dalam satu perangkat gamelan biasanya terdapat satu atau dua demung. Akan tetapi ada juga gamelan di keraton yang mempunyai lebih dari dua demung.
  • Saron Barung, memiliki ukuran yang sedang dan berokaf tinggi. Sama halnya dengan demung saron, pada satu paket gamelan biasanya terdapat satu atau dua saron barung saja. Suatu paket gamelan juga mempunyai saron wayangan yang berbilah sembilan. Sebagaimana namanya yang menunjukan bahwa saron ini dimainkan untuk mengiringi pertunjukan wayang saja.
  • Saron Penerus (Peking), jenis saron ini memiliki ukuran yang paling kecil akan tetapi berokaf paling tinggi. Saron penerus atau peking ini memainkan tabuhan rangkap dua atau rangkap empat lagu balungan. Lagu pada peking juga berusaha menguraikan lagu balungan dalam konteks lagu gendhing.

Bonang

contoh alat musik gamelan
Bonang Penerus

Alat musik bonang ini dibedakan menjadi 2 berdasarkan fungsinya, yaitu:

  • Bonang Barung, alat musik ini berfungsi sebagai pemurba lagu, yang bertugas untuk memulai jalannya sajian gendhing. Bonang Barung biasanya menjadi pembuka pada setiap permainan gamelan.
  • Bonang Penerus. fungsi dari alat musik ini adalah sebagai pengisi harmoni bunyi bonang barung. Bonang penerus ini memiliki suara satu okaf yang lebih tinggi dibandingkan dengan bonang barung. Dalam memainkan alat musik bonang penerus ini lebih cepat jika dibandingkan dengan bonang berung.

Alat Musik Kenong

jenis alat musik gamelan
Gambar Alat Musik Kenong

Ternyata kenong ini memiliki fungsi sebagai penentu batas-batas gatra dan menegaskan irama. Selain itu kenong juga termasuk dalam alat musik berpacu, akan tetapi alat musik ini memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan bonang.

Kethuk Kempyang

macam macam alat musik gamelan
Gambar Alat Musik Kethuk Kempyang

Kethuk Kempyang adalah sebagai alat musik ritmis dalam gamelan. Selain itu juga berfungsi untuk membantu kendang untuk menghasilkan sebuah ritme lagi yang diinginkan.

Alat Musik Kempul

contoh alat musik gamelan
Alat Musik Kempul

Kempul merupakan salah satu perangkat alat musik gamelan yang hampir mirip dengan gong, akan tetapi ukurannya lebih kecil. Alat musik yang satu ini memiliki fungsi sebagai pemukau irama atau menegaskan irama melodi dalam lagu gamelan. Kempul juga merupakan pengisi akor dalam setiap permainan gamelan. Selain itu kempul juga dapat menghasilkan suara yang lebih tinggi daripada gong.

Gambang

nama nama alat musik gamelan
Alat Musik Gambang pada Gamelan

Gambang merupakan alat musik instrumen pada gamelan yang dimainkan paling cepat dalam sebuah lagu. Alat musik ini dibuat dari bilah-bilah kayu dan dibingkai pada gerobogan yang berfungisi sebagai resonator. Selain itu juga dapat memainkan dengan beberapa macam ornamentasi lagu dan ritme, seperti permainan 2 nada yang dipisahkan oleh 2 bilah ataupun  permainan 2 nada dipisahkan oleh 6 bilah dan pola lagu dengan ritme-ritme sinkopasi seperti pada gendhing Janturan atau Suluk.

Nah…itulah tadi beberapa uraian mengenai apa yang disebut dengan gamelan jawa. Semoga dengan artikel ini dapat menambah pengetahuan kalian semuanya. Thanks 😉

Leave a Comment

%d bloggers like this: