10+ Contoh Alat Musik Betawi Lengkap dengan Penjelasannya

Alat Musik Betawi – Betawi adalah salah satu suku di Indonesia yang tinggal di daerah ibu kota saat ini atau Jakarta. Selain terkenal dengan padatnya penduduk, daerah tersebut juga memiliki beragam kesenian dan kebudayaan yang berasal dari suku Betawi. Budaya yang terdapat di Jakarta merupakan campuran dari beberapa budaya etnis yang beragam. Sejak kedatangan Belanda, daerah tersebut dulunya bernama sunda kelapa ini merupakan ibu kota dari bangsa Indonesia dan memiliki magnet untuk menarik berbagai pendatang yang berasal dari berbagai tempat hingga sekarang ini.

Sebagai contohnya ada beberapa kesenian dan kebudayaan yang ada disana seperti: rumah adat suku Betawi, pakaian adat sana, kesenian tari yang berasal dari daerah tersebut, alat musik tradisional Betawi, seni bela diri dan masih banyak lagi. Mungkin kebanyakan masyarakat suku Betawi yang tinggal di Jakarta sedikit demi sedikit mulai lupa dengan keberagaman seni dan budaya yang ada di daerahnya tersebut dikerenakan dengan sibuknya masyarakat disana.

alat musik betawi

Nah…agar kita dapat melestarikannya kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang beberapa kebudayaan dan kesenian dari Betawi tersebut. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas lebih jauh lagi mengenai beberapa kesenian dari daerah tersebut, salah satunya adalah alat musik dari Betawi.

Bagi kalian yang belum mengetahui tentang apa saja yang termasuk kesenian yang berasal dari daerah tersebut, tenang…kali ini kita akan membahas satu persatu. Langsung saja, Berikut adalah pembahasan kita mengenai beberapa alah musik yang berasal dari Betawi.

Contoh Alat Musik Berasal dari Betawi

Perlu diketahui juga, ternyata banyak sekali kesenian terutama alat musik tradisional yang berasal dari suku Betawi. Secara umum, jenis kesenian yang ada di Jakarta biasanya sering digunakan untuk memeriahkan suatu pesta adat, atau pada acara pernikahan salah satunya yaitu dengan menggunakan kesenian musik. Nah…apa saja alat musik yang sering digunakan pada beberapa acara adat tersebut.

Berikut beberapa alat musik yang biasanya digunakan pada beberapa kesenian daerah, diantaranya adalah:

Alat Musik Gambang Kromong

macam macam alat musik betawi
Pertunjukan Gambang Kromong

Gambang Kromong yaitu sebuah orkes musik yang namanya merupakan perpaduan dari dua kata yaitu Gambang dan Kromong. Alat musik yang satu ini memadukan antara gamelan dengan beberapa alat musik yang berasal dari Tiong Hoa. Kesenian musik tradisional tersebut merupakan hasil dari akulturasi budaya, yaitu antara budaya Tiong Hoa dengan budaya Pribumi. Nama Gambang Kremong sendiri diambil dari sebuah nama kedua alat musik yang sering dimainkan yakni Gembang dan Kromong.

Pada perkembangannya, kesenian tersebut telah menjadi sebuah alat musik tradisional yang berasal dari Betawi dan sudah sangat terkenal. Seiring dengan perkembangan zaman terdapat banyak sekali grup orkes dari Gambang Kremong yang tercipta. Namun pada era yang sudah sangat modern seperti saat ini, kesenian Gambang Kremong sering dikombinasikan dengan beberapa alat musik yang modern seperti: Gitar, Bass, Organ,Drum, Saksofon dan juga yang lainnya. Meskipun dikombinasikan dengan beberapa alat musik modern, akan tetapi ciri khas dari Gambang Kremong tidak akan hilang.

Kesenian alat musik ini tidak hanya ditampilkan secara orkes saja, namun juga sering digunakan untuk mengiringi beberapa kesenian khas dari Betawi yang lainnya seperti tarian adat Betawi.

Alat Musik Tanjidor

gambar alat musik betawi
Permain Alat Musik Tanjidor

Tanjidor merupakan salah satu grup musik tradisional dari Betawi yang sangat terkenal sampai saat ini. Seni musik yang dimainkan secara kelompok ini ternyata sangat banyak dipengaruhi oleh beberapa musik dari Eropa. Musik Tanjidor berkembang di masyarakat Betawi dan juga banyak berada si daerah Bekasi serta Karawang.

Selain itu tanjidor juga merupakan ensambel musik yang dari namanya lahir ketika terjadi penjajahan Hindia Belanda. Kemudian kata “Tanjidor” berasal dari bahasa Portugis yakni “tangedor” yang memiliki arti alat-alat musik berdawai. Akan tetapi pada pada kenyataannya, kesenian “tangedor” di Portugis memang berbeda dengan kesenian Tanjidor yang ada di masyarakat Betawi, meskipun sistem tangga nadanya sama-sama yaitu diatonik. Tanjidor yang dikembangkan di masyarakat Betawi justru lebih didominasi oleh alat musik tiup.

Alat-alat musik yang dimainkan dalam kesenian Tanjidor tersebut terdiri dari klarinet (tiup), piston (tiup), trombon (tiup), saksofon tenor (tiup), saksofon bas (tiup), drum (membranofon), simbal (perkusi) dan juga tambur. Grup musik pada Tanjidor ini pada umumnya terdiri dari 7-10 orang yang memainkan repertoar lagu diatonik maupun lagu-lagu yang bertangga nada pelog bahkan slendro.

Untuk sekarang ini, musik Tanjidor lebih sering digunakan untuk mengarak pengantin dan juga menyambut tamu agung. Ketika zaman dahulu, para seniman Tanjidor menggantungkan alat-alat musik ini di rumahnya saat musim bercocok tanam. Akan tetapi setelah panen, mereka memainkan Tanjidor lagi untuk mengamen dari rumah ke rumah dan dari restoran ke restoran. Salah satu lagu yang sering dimainkan berjudul Keramat Karam (Kramat Karem) yang diciptakan karena peristiwa meletusnya Gunung Krakatau yang menelan banyak korban.

Baca juga : Keunikan dari Rumah Adat Sumatera Barat dan Penjelasannya

Marawis

contoh alat musik betawi
Alat Musik Marawis

Marawis adalah sebuah alat musik ini memiliki bentuk hampir sama dengan rebana dan cara memainkannya pun dengan ditepuk atau dipukul. Adapun perbedaan antara marawis dengan rebana yang paling terlihat adalah pada bentuk marawis yang gempal, sedangkan pada rebana lebih pipih dan lebar. Selain itu musik marawis juga terkenal dengan ciri khas yang membawakan lagu religi karena syair pada lagunya yang dibawakan lebih mengandung puji-pujian terhadap Tuhan. Berikut cuplikan pertunjukan alat musik marawis.


Sukong

macam macam alat musik dari jakarta
Gambar Alat Musik Sukong

Sukong yaitu sebuah alat musik yang biasanya digunakan sebagai melodi pada sebuah pementasan musik. Alat musik tersebut juga memiliki bentuk seperti rebab, akan tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan rebab. Sokong juga memiliki dawai, tapi jangan salah karena alat musik yang satu ini biasanya dimainkan dengan cara digesek bukan dipetik.

Baca juga tentang : Contoh Alat Musik Tradisional dari Jawa Barat [Lengkap]

Musik Keroncong Tugu

contoh alat musik tradisional dari betawi
Pertunjukan Alat Musik Keroncong Tugu

Keroncong tugu adalah sebuah kesenian musik yang berasal dari Betawi yang juga merupakan campuran antara budaya Indonesia dengan luar (portugis). Pemberian nama ini didapatkan karena dulunya sering dimainkan dan dipentaskan oleh masyarakat Tugu, Jakarta Utara.

Selain itu, alat musik ini juga dimainkan oleh beberapa orang dengan lagu yang dibawakan adalah memiliki irama 4/4 ketukan. Jenis musik inilah awal dari keroncong dari Betawi asli yang biasanya dikenal dengan nama Keroncong Tugu.

Kecrek

alat musik tradisional dari jakarta
Alat Musik Kecrek

Kecrek adalah salah satu alat musik yang biasanya digunakan dalam orkes musik Gambang Kromong di daerah Jakarta. Selain itu kecrek juga merupakan alat musik yang membuatnya masuk ke dalam jenis musik perkusi dengan suaranya “crek-crek-crek” ketika dipukul. Tak hanya itu, alat musik tersebut juga sering digunakan sebagai penanda saat ingin memulai dan mengakhiri sebuah pertunjukan musik.

Alat Musik Kemong

gambar alat musik tradisional jakarta
Gambar Alat Musik Kemong

Kemong adalah sebuah alat musik yang memiliki bentuk seperti gong kecil yang biasanya digunakan pada gamelan Jawa maupun Sunda. Alat musik kemong sendiri juga merupakan bagian dari Gambang Kremong yang juga sama-sama berasal dari Jakarta. Tak hanya itu, ternyata alat musik ini didalam larasannya adalah di luar larasan tangga nada Saih.

Alat Musik Tradisional Ningnong

Ningnong adalah alat musik tradisional gesek yang dulunya digunakan oleh para penduduk Betawi China yang berada di Jakarta. Jika dilihat dari ukurannya, alat musik tersebut terbagi menjadi tiga macam, yaitu: Tehyan, Kongahyan, dan juga ningnong salah satunya.

Jenis alat musik yang satu ini dulunya berkembang cukup pesat dan lumayan sering digunakan di beberapa daerah di Jakarta tempo dulu. Selain itu dengan adanya sembrah, rebana dan gambang kremong dan ningnong juga menarik minat bagi orang yang menyukai dengan musik.

 

Alat Musik Tehyan

contoh alat musik tradisional dari betawi
Gambar Alat Musik Tehyan

Selain alat musik Ningnong, Tehyan juga merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Betawi atau Jakarta yang dimainkan dengan cara digesek pada bagian bawahnya. Kebanyakan orang mengenali alat musik ini dari bentuknya yang hampir mirip dengan rangka manusia pada badan bagian hingga pinggul.

Tangga nada pada alat musik ini adalah Diantonis dan pada saat memainkannya harus dengan mengandalkan perasaan. Selain itu dalam memainkan alat musik ini dapat dibilang cukup sulit dan berbeda dengan instrumen yang lainnya.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa cara memainkan alat musik ini hampir sama dengan biola yaitu dengan cara digesek pada bagian senarnya. Akan tetapi alat musik ini sangat jarang sekali kita jumpai, dan apabila kita menjumpainya pun pasti yang memainkannya adalah mereka yang memiliki usia yang sudah tua. Kelangkaan tersebut disebabkan karena pada saat ini Tehyan sudah mulai tergeser dengan beberapa alat musik yang modern.

Baca Juga nih : Contoh Alat Musik Modern beserta Penjelasannya

Gambus

alat musik dari betawi
Alat Musik Gambus

Gambus adalah salah satu nama alat musik instrumen yang masih eksis sampai saat ini. Instrumen Gambus di Jakarta mempunyai ciri khas yang berbeda dan juga tergantung dari awal yang digunakan seperti: 7 utas, 6 utas dengan 3 nada yang bersuara kembar dan 1 dawai yang berfungsi sebagai bass. Dawai-dawai tersebut juga berbahan dari benang sutera yang dipilih sehingga akan menghasilkan suara yang bagus.

Alat musik gambus juga menggunakan badannya yang terbuat dari kayu sebagai resonantor pada saat memainkannya. Dengan bahan kain sutera tersebut, Gambus akan memiliki suara yang sangat empuk dan enak untuk didengar. Berikut cuplikan pertunjukan alat musik betawi:


Nah…mungkin itu tadi pembahasan kita kali ini mengenai beberapa alat musik yang berasal dari Jakarta atau Betawi yang terkenal. Semoga dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan kita semua. Dan jangn lupa baca juga artikel yang lainnya agar kalian lebih tahu lagi tentang pengetahuan disekitar kita. 😉

Leave a Comment

%d bloggers like this: