Contoh Akibat Pergaulan Bebas dikalangan Pelajar Beserta Penjelasannya

Akibat Pergaulan Bebas – Pergaulan bebas adalah sebuah masalah yang sampai saat ini masih menjadi PR untuk seluruh masyarakat Indonesia. Ketika seseorang berada di masa pubertas atau remaja, banyak sekali perubahan yang terjadi dalam diri seorang remaja baik secara fisik maupun psikologis. Seperti yang sudah diketahui bahwa pergaulan bebas sering dilakukan oleh anak muda yang masih remaja (ABG) karena masih dalam masa pertumbuhan.

Pada masa-masa itulah mereka ini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap sesuatu yang membuatnya penasaran. Tak hanya itu, ketika masa remaja tersebut adalah waktu dimana mereka sedang mencari sebuah jati dirinya. Namun untuk sekarang ini tak hanya dimasa remaja saja orang terjerumus kedalam pergaulan bebas, akan tetapi mereka yang masih duduk di bangku sekolah pun juga tidak sedikit yang terjerumus.

Hal ini juga disebabkan oleh beberapa faktor seperti sebagai pelampiasan masalah keluarga (disharmoni keluarga) hingga kebosanan bahkan sampai kebencian dengan dunia sekolah. Dengan demikian banyak sekali dampak yang ditimbulkan akibat terjerumus dalam pergaulan bebas tersebut.

Nah…pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai dampak atau akibat dari pergaulan bebas di kalangan remaja dan pelajar untuk saat ini. Langsung  saja, berikut beberapa akibat dari dampak pergaulan bebas.

Apa itu Pergaulan Bebas ?

akibat pergaulan bebas

Pengertian pergaulan bebas adalah salah satu bentuk tingkah laku yang menyimpang dan melewati batas dari kewajiban, tuntutan, peraturan, syarat tanpa perasaan malu. Selain itu pergaulan bebas dapat diartikan sebagai tingkah laku menyimpang yang tidak mematuhi etika agama atau etika kesusilaan. Pengertian Pergaulan Bebas diambil karena arti dari pergaulan dan bebas.

Pengertian pergaulan adalah suatu proses hubungan pada individu dengan kelompok. Sedangkan bebas adalah terlepas dari kewajiban, aturan, tuntutan, etika agama serta etika kesusilaan. Pergaulan punya pengaruh pada pembentukan kepribadian seorang individu baik pergaulan positif atau negatif.

Contoh pergaulan positif yaitu berupa kerja sama pada individu atau kelompok yang bermanfaat. Sedangkan pergaulan negatif yaitu yang mengarah pada pergaulan bebas yang perlu dijauhi oleh setiap masyarakat terutama untuk remaja yang masih labil atau masih mencari jati dirinya dan di usia remaja lebih mudah dipengaruhi serta belum bisa tahu baik atau tidaknya perbuatan tersebut

Contoh Akibat Pergaulan Bebas dikalangan Pelajar

Seperti yang sudah disinggung diatas, tanpa kita sadari telah banyak sekali contoh perbuatan yang diakibatkan dari pergaulan bebas sendiri, salah satunya adalah dikalangan pelajar. Nah…berikut contoh dampak dari pergaulan bebas dikalangan pelajar yang sering kita jumpai:

Akibat Pergaulan Bebas : Prestasi Akademik akan Menurun

Masalah ini memang sudah sangat umum untuk kalangan pelajar. Hal tersebut disebabkan karena para pelajar sudah tidak lagi berkonsentrasi dengan ilmu yang disampaikan oleh para guru sewaktu pelajaran berlangsung. Didalam pikirannya hanya akan fokus pada bagaimana cara ia bersenang-senang tanpa memperdulikan lagi pelajaran, ujian bahkan pada nilai.

Saat terjerumus ke dalam pergaulan bebas tersebut orang tersebut akan mulai malas dan merasa tidak butuh lagi dengan ilmu. Padahal pada masa saat itulah waktu yang paling tepat untuk menuntut ilmu. Karena apabila kita mensia-siakan ilmu tersebut, maka untuk kedepannya atau saat tua nanti kita akan merasakan sebuah penyesalan.

Akibat Pergaulan Bebas : Drop Out dari Sekolah

dampak pergaulan bebas dikalangan pelajar
Pergaulan Bebas dapat Menjadikan Pelakunya Keluar dari Sekolah

Menurut sebuah data dari UNICEF pada tahun 2015, tercatat sebanyak 2,5 juta anak di Indonesia yang tidak dapat melanjutkan sekolah mereka. Selain itu banyak sekali faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi, diantaranya yaitu kemiskinan dan juga termasuk dampak dari pergaulan bebas.

Karena pengaruh pergaulan bebaamatu yang ia dilakukan tersebut adalah yang paling benar. Selain itu mereka juga lebih mementingkan ego mereka untuk mengambil sebuah perkara. Dengan begitu mereka lebih sering mendapatkan hukuman akibat melanggar berbagai kedisiplinan, dan akhirnya mereka pun lebih memilih untuk Drop Out dari sekolah.

Akibat Pergaulan Bebas : Masalah pada Kesehatan Tubuh

Selain berpengaruh pada moral, pergaulan bebas juga sangat mempengaruhi pada kesehatan seseorang. Banyak sekali dikalangan pelajar yang terkena beberapa penyakit seperti: kanker hati dan juga gangguan liver. Penyakit tersebut diakibatkan karena sering mengkonsumsi minuman beralkohol dan beberapa obat terlarang. Tak hanya itu, mereka juga ada yang terkena penyakit menular seperti HIV/AIDS dan kanker pada alat reproduksi.

Ada juga beberapa penyakit yang juga menyerang kaum wanita dan sangat mempunyai resiko yang besar seperti kanker serviks dan rahim. Hal tersebut terjadi pada perempuan berada di bawah usia 17 tahun yang pernah melakukan hubungan intim sebelum menikah dengan pasangan yang berganti-ganti. Selain itu ada beberapa resiko lain yang kemungkinan akan terjadi yaitu kemandulan, radang panggul, infeksi pada lapisan rahim, kerusakan leher rahim, mengalami sobek pada rahim dan masih banyak lagi.

Akibat Pergaulan Bebas : Kriminalitas akan Bertambah Banyak

Ternyata dengan penggunaan obat yang terlarang juga dapat memicu adanya tindakan kriminal di kalangan pelajar. Salah satu yang menyebabkan tindakan tersebut terjadi yakni dikarenakan harga obat-obatan tersebut memiliki harga yang mahal, sehingga banyak pelajar yang mencari uang dengan hal yang tidak baik seperti: mencuri uang, mengkorupsi uang SPP, merampok dan sebagainya.

Beberapa hal yang akan ditimbulkan ketika mengkonsumsi obat terlarang tersebut akan berpengaruh sekali pada kesehatan maupun psikologisnya.

Akibat Pergaulan Bebas : Mental Seseorang Terganggu

Psikologis yang tidak stabil akan menyebabkan para pelajar akan merasa bangga dengan pergaulan yang mereka jalani, padahal semua perbuatan tersebut jelas-jelas bertentangan dengan nilai norma agama. Dengan memiliki kepribadian yang menyimpang tersebut, mereka tidak memahami kesalahan tindakan yang ia lakukan. Penyimpangan sosial yang seperti ini menyebabkan berkurangnya rasa simpati maupun empati pada orang lain, tidak respect lagi pada orang yang lebih tua. Egoisme dan hedonisme meninggi untuk mencapai kesenangan mereka sendiri.

Pelaku penyimpangan ini biasanya juga akan mengalami rasa tidak percaya diri. Ia lebih senang berada di tempat jauh dari hiruk pikuk daripada mengaktualisasikan diri dan bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat. Hal ini akan semakin memperburuk dengan kondisi psikologisnya karena interaksi sosial sangat penting dan diperlukan untuk membentuk kepribadian dan karakter terutama di usia remaja.

Akibat Pergaulan Bebas : Meningkatkan Disharmoni dalam Keluarga

akibat pergaulan bebas dikalangan pelajar
Akibat Terjerumus dalam Pergaulan Bebas Salah Satunya Adalah Faktor Keluarga

Salah satu penyebab terjadinya pergaulan bebas yang tak lain adalah adanya permasalahan dalam keluarga. Mungkin karena belum dapat berpikir bijak dan mencari solusi terhadap masalah tersebut, seorang anak lebih memilih melampiaskan kekesalan dan emosinya agar dapat melupakannya.

Dengan bergaul secara bebas bersama teman-temannya, bukannya menghilangkan sebuah masalah, akan tetapi justru akan bertambah lagi sebuah masalah karena sebagian besar orangtua belum tahu bagaimana cara mengatasi kenakalan anaknya yang menginjak usia remaja. Sebagai orang tua akan lebih cenderung memarahi, bahkan sampai menggunakan kekerasan terhadap anaknya. Jika sudah seperti ini, komunikasi antara keluarga dengan anak akan semakin renggang jika tidak ada salah satu pihak yang mengalah untuk mengkomunikasikan masalah keluarga mereka dengan cara yang baik.

Akibat Pergaulan Bebas : Terjadinya Hamil diluar Nikah

contoh akibat pergaulan bebas
Akibat Pergaulan Bebas Berupa Hamil diluar Nikah

Tak hanya terjadi di kalangan laki-laki, bahkan dampak pergaulan bebas juga akan terjadi oleh kaum perempuan. Hamil diluar nikah seolah-olah sudah terlihat sangat umum dan biasa terjadi untuk saat ini. Padahal hal tersebut sudah jelas bertentangan dengan aturan agama.

Maka dari itu penting sekali sebagai orang tua untuk mendidik anak-anaknya untuk mengenalkan dengan ilmu penting agar tidak terjerumus pada pergaulan bebas yang berujung pada hamil diluar nikah.

Akibat Pergaulan Bebas : Akan Dikucilkan oleh Banyak Orang

akibat pergaulan bebas
Salah Satu Akibat Pergaulan Bebas Akan dijauhi oleh Banyak Orang

Menjadi hal yang sangat wajar apabila seseorang sudah terjerumus pada pergaulan bebas akan dikucilkan oleh beberapa orang disekitarnya. Hal tersebut terjadi karena orang-orang disekitarnya tidak ingin ikut-ikutan terjerumus pada pergaulan yang bebas tersebut. Selain itu dengan dikucilkannya orang tersebut juga bertujuan agar ia cepat sadar dan meninggalkan pergaulannya itu.

Akibat Pergaulan Bebas : Jauh dari Pengawasan Orang Tua

Mereka yang terjerumus dalam pergaulan yang bebas sudah dipastikan akan jauh dari jangkauan orang tua. Apalagi untuk saat ini banyak sekali orang tua yang sibuk dengan segala pekerjaannya. Oleh sebab itu anak-anak mereka akan jatuh pada pergaulan bebas.

Untuk itu agar menjadi orang tua yang baik, maka harus menunjukan rasa sayang dan selalu meluangkan waktu untuk berbaur terhadap anaknya. Akan tetapi jangan pula terlalu memanjakannya dengan menuruti segala keinginannya.

Dalam mendidik anak juga tidak boleh dengan kekerasan. Karena dalam kekerasan keluarga akan memuat seorang anak merasa terganggu dan akan mencari pergaulan yang lain.

Akibat Pergaulan Bebas : Berujung pada Kematian

gambar akibat pergaulan bebas
Akibat Pergaulan Bebas juga akan Berujung pada Kematian

Akibat yang paling parah jika terjerumus dalam pergaulan bebas yaitu berujung pada kematian. Hal tersebut disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi obat terlarang seperti narkoba dan zat adiktif yang berbahaya lainnya, sehingga mereka akan mengalami kecanduan.

Dengan mengkonsumsi barang berbahaya tersebut maka akan merusak berbagai organ tubuh lainnya dan bahkan akan berujung pada kematian.

Akibat Pergaulan Bebas : Terjadinya Tawuran

dampak pergaulan bebas
Tawuran antar Pelajar

Untuk sekarang ini perbuatan tawuran sudah menjadi biasa dikalangan pelajar, terutama pada saat kelulusan terjadi. Apabila seorang pelajar terjebak pada pergaulan bebas, maka juga akan berujung pada tawuran juga. Dengan begitu seolah-olah tawuran ini menjadi rutinitas setiap pelajar disetiap tahunnya.

Bagi pelajar yang terjebak dalam perbuatan ini akan menjadikan citra dalam pelajar menjadi rusak. Bahkan tidak hanya dirinya saja yang rusak, tetapi teman-teman serta nama baik sekolahnya dan orang tuanya pun juga akan tercoreng.

Akibat Pergaulan Bebas : Akan Mengalami Rasa Stres

akibat dari pergaulan bebas
Rasa Stres akan Terjani Kepada Mereka yang Terjerumus dalam Pergaulan Bebas

Bagi mereka yang terjerumus pada pergaulan bebas, pasti akan mengalami rasa stress apabila sudah terlalu jauh bahkan sampai ketagihan dengan narkoba atau sejenisnya. Meskipun sudah taubat akan tetapi tetap saja sulit untuk melupakan masa lalunya yang kelam tersebut. Maka dari itu untuk menghilangkan rasa stres tersebut kita harus meminta bantuan atau arahan kepada orang baik disekitar kita. Berikut sedikit cuplikan mengenai pergaulan bebas saat ini.


Nah…bagaimana ? sudah tahukan bahaya dari pergaulan bebas. Semoga dengan dengan mengetahui dampak dari berbagai bahaya dan kita semua dapat terhindar dari pergaulan bebas yang ada disekitar kita. Dan semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Jika dari penjelasan diatas ada yang kurang paham, bisa kalian tanyakan ke tempat kursus kamu belajar.

Leave a Comment

%d bloggers like this: